PENGARUH SOCIAL MEDIA DAN WORD OF MOUTH TERHADAP PEMILIHAN NOBEL PADA MAHASISWA INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS NOBEL INDONESIA MAKASSAR

Penulis

  • Kartika Putri Pratama R Prodi Manajemen, Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Nurhaeda Prodi Manajemen, Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Andi Ircham Hidayat Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37476/massaro.v6i1.4681

Kata Kunci:

Persepsi Harga, Varian Menu dan Keputusan Pembelian

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Pengaruh Social Media Marketing dan Word of Mouth secara parsial terhadap keputusan pemilihan kampus Nobel. (2) Pengaruh Social Media Marketing dan Word of Mouth secara simultan terhadap keputusan pemilihan keputusan pemilihan Kampus Nobel. (3) Variabel yang paling berpengaruh terhadap keputusan pemilihan Kampus Nobel pada Mahasiswa ITB Nobel Indonesia Makassar.

Sampel penelitian sebanyak 92 responden yang merupakan mahasiswa ITB Indonesia Makassar yang berkuliah di kampus ITB Nobel Indonesia Makassar, penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Secara parsial variabel Social Media Marketing dan Word of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pemilihan kampus Nobel. (2) Secara simultan variabel Social Media Marketing dan Word of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pemilihan Kampus Nobel pada Mahasiswa ITB Nobel Indonesia Makassar. (3) Variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pemilihan kampus Nobel adalah variabel Word of Mouth.

Referensi

Cahyanti, M. M. (2022). Menguatkan Keputusan Pilihan Melalui Strategi Viral Marketing Dan Word of Mouth (Wom). Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 16(1), 95–108. https://doi.org/10.32815/jibeka.v16i1.470

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, & K. L, K. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi kedua belas. jilid 1. (12th ed.). PT Index kelompok Gramedia.

Nur, Y. (2018). Pengaruh Celebrity Endorser Pada Media Sosial Instagram Terhadap Minat Pembelian Produk Lazeta Skin Care di Makassar. Jurnal Bisnis & Kewirausahaan, 7(1), 109–116. https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/jbk/article/view/172

Cahyanti, M. M. (2022). Menguatkan Keputusan Pilihan Melalui Strategi Viral Marketing Dan Word of Mouth (Wom). Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 16(1), 95–108. https://doi.org/10.32815/jibeka.v16i1.470

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, & K. L, K. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi kedua belas. jilid 1. (12th ed.). PT Index kelompok Gramedia.

Nur, Y. (2018). Pengaruh Celebrity Endorser Pada Media Sosial Instagram Terhadap Minat Pembelian Produk Lazeta Skin Care di Makassar. Jurnal Bisnis & Kewirausahaan, 7(1), 109–116. https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/jbk/article/view/172

Diterbitkan

2024-02-29

Cara Mengutip

Pratama R, K. P., Nurhaeda, & Hidayat, A. I. (2024). PENGARUH SOCIAL MEDIA DAN WORD OF MOUTH TERHADAP PEMILIHAN NOBEL PADA MAHASISWA INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS NOBEL INDONESIA MAKASSAR. Jurnal Aplikasi Manajemen & Kewirausahaan MASSARO, 6(1), 32–42. https://doi.org/10.37476/massaro.v6i1.4681