PERANCANGAN SISTEM INFORMASI E-COMMERCE BUSINESS TO BUSINESS BERBASIS WEB (STUDI KASUS BRAND HIJAB ALILA)

Authors

  • Nurul Istiqamah ITB Nobel Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37476/smartlock.v2i1.4143

Keywords:

e-commerce, business to business, berbasis web

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum memadainya sistem pendistribusian barang yang ada di
pusat produsen Alila Hijab ke distributor terkait. Selain itu, prosesnya hampir seluruhnya semi manual, sehingga mengakibatkan
kurang efektif dan efisiennya produsen dalam mengontrol distribusi barangnya. Penelitian ini menggunakan
jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Metode Unified Modeling
Language (UML) dan Entity Relationship Diagram (ERP) diterapkan dengan berbagai instrumen seperti
bahasa pemrograman PHP dan MySQL serta metode pengujian Black Box untuk aplikasi. Penelitian ini menemukan bahwa a
sistem informasi transaksi elektronik business-to-business dapat dirancang dan digunakan oleh produsen
dan distributor Alila Hijab di berbagai daerah. Penelitian ini menemukan bahwa sistem ini dapat membantu produsen dan distributor memesan
dan mendistribusikan produk

References

I. P. A. Eka Pratama, E-Commerce, E-Business, Dan Mobile Commerce Berbasiskan Open

Source Teori Dan Praktek. 2015.

D. Saing and U. Alwendi, “Penerapan E-Commerce Dalam Meningkatkan,” J. Manaj. Bisnis, vol.

, no. 3, pp. 1–9, 2020, [Online]. Available: http://journal.undiknas.ac.id/index.php/magistermanajemen/

T. Sutabri, “Konsep sistem informasi,” 2012. [Online]. Available:

https://api.semanticscholar.org/CorpusID:64307256

N. Hidayatun, S. Susafaati, and H. Murtina, “Pembangunan Web E-Commerce B2B Untuk

Meningkatkan Pemasaran Produk Menggunakan Linear Sequential Model,” Paradig. - J. Komput.

dan Inform., vol. 22, no. 2, pp. 205–214, 2020, doi: 10.31294/p.v22i2.7981

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Istiqamah, N. (2023). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI E-COMMERCE BUSINESS TO BUSINESS BERBASIS WEB (STUDI KASUS BRAND HIJAB ALILA). SMARTLOCK : Jurnal Sains Dan Teknologi, 2(1), 24–31. https://doi.org/10.37476/smartlock.v2i1.4143