PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ECOMMERCE BUSINESS TO BUSINESS BERBASIS WEB (STUDI KASUS BRAND HIJAB ALILA)

Penulis

  • Nurul Istiqamah ITB Nobel Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37476/smartlock.v2i1.4143

Kata Kunci:

e-commerce, business to business, berbasis web

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang memadainya sistem pendistribusian barang yang ada
pada produsen Hijab Alila pusat kepada para distributor terkait. Selain itu, proses yang hampir semuanya masih semi
manual, mengakibatkan berkurangnya efektifitas dan efisiensi produsen dalam melakukan kontrol distribusi barangnya.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu observasi
dan wawancara. Metode Unified Modelling Language (UML) dan Entity Relationship Diagram (ERP) diterapkan
dengan berbagai instrumen seperti bahasa pemrograman PHP dan MySQL serta metode pengujian Black Box untuk
aplikasi. Penelitian ini menemukan bahwa sistem informasi transaksi elektronik business-to-business dapat dirancang
dan digunakan oleh produsen Hijab Alila dan distributor di berbagai wilayah. Penelitian ini menemukan bahwa sistem
ini dapat membantu produsen dan distributor memesan dan mendistribusikan produk

Referensi

I. P. A. Eka Pratama, E-Commerce, E-Business, Dan Mobile Commerce Berbasiskan Open

Source Teori Dan Praktek. 2015.

D. Saing and U. Alwendi, “Penerapan E-Commerce Dalam Meningkatkan,” J. Manaj. Bisnis, vol.

, no. 3, pp. 1–9, 2020, [Online]. Available: http://journal.undiknas.ac.id/index.php/magistermanajemen/

T. Sutabri, “Konsep sistem informasi,” 2012. [Online]. Available:

https://api.semanticscholar.org/CorpusID:64307256

N. Hidayatun, S. Susafaati, and H. Murtina, “Pembangunan Web E-Commerce B2B Untuk

Meningkatkan Pemasaran Produk Menggunakan Linear Sequential Model,” Paradig. - J. Komput.

dan Inform., vol. 22, no. 2, pp. 205–214, 2020, doi: 10.31294/p.v22i2.7981

Diterbitkan

2023-06-30

Cara Mengutip

Istiqamah, N. (2023). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ECOMMERCE BUSINESS TO BUSINESS BERBASIS WEB (STUDI KASUS BRAND HIJAB ALILA). SMARTLOCK : Jurnal Sains Dan Teknologi, 2(1), 24–31. https://doi.org/10.37476/smartlock.v2i1.4143