Pengaruh Tunjangan Sertifikasi, Profesionalisme dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru di Gugus SD Inpres Ujung Katinting Kec. Pa'jukukang Kab. Bantaeng
DOI:
https://doi.org/10.37476/nmar.v2i4.2695Keywords:
tunjangan sertifikasi, profesionalisme, disiplin kerja, dan kinerja guru, certification allowance, professionalism, work discipline, and teacher performanceAbstract
Penelitian ini dilaksanakan pada Gugus SD Inpres Ujung Katinting Kecamatan Pa’jukukang Kabupaten Bantaeng. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Tunjangan Sertifikasi, Kemampuan Profesionalisme dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru di Gugus SD Inpres Ujung Katinting Kecamatan Pa’jukukang Kabupaten Bantaeng. Data penelitian diperoleh melalui survey pada semua guru yang berada di Gugus SD Inpres Ujung Katinting Kecamatan Pa’jukukang Kabupaten Bantaeng, yaitu berjumlah 66 orang. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang dibagikan kepada seluruh responden penelitian. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan perangkat lunak SPSS 26.
Hasil penelitian ini diketahui bahwa (1) Profesionalisme dan disiplin kerja berpengaruh terhadap kinerja guru di Gugus SD Inpres Ujung Katinting Kecamatan Pa’jukukang Kabupaten Bantaeng. Sedangkan tunjangan sertifikasi tidak berpengaruh terhadap kinerja guru di Gugus SD Inpres Ujung Katinting Kecamatan Pa’jukukang Kabupaten Bantaeng. (2) Tunjangan sertifikasi, profesionalisme dan disiplin kerja berpengaruh terhadap kinerja guru di Gugus SD Inpres Ujung Katinting Kecamatan Pa’jukukang Kabupaten Bantaeng. (3) Variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap kinerja guru (Y) yaitu disiplin kerja. Penulis mengharapkan untuk dapat meningkatkan kemampuan agar mendapatkan tunjangan profesi; diharapkan kualitas pendidikan di Indonesia mengalami peningkatan Sehingga perlu lebih di tingkatkan profesionalisme guru; Guru yang disiplin akan membawa dampak positif bagi perkembangan peserta didik, maka diperlukan kedisiplinan yang tinggi.
This research was conducted at the Ujung Katinting Elementary School Cluster, Pa'jukukang District, Bantaeng Regency. The purpose of this study was to analyze the effect of Certification Allowance, Professionalism Ability and Work Discipline on Teacher Performance in the Ujung Katinting Elementary School Cluster, Pa'jukukang District, Bantaeng Regency. The research data was obtained through a survey of all teachers in the Ujung Katinting Elementary School Cluster, Pa'jukukang District, Bantaeng Regency, which amounted to 66 people. Data were collected using a questionnaire with a Likert scale which was distributed to all research respondents. Data analysis used multiple linear regression with SPSS 26 software.
The results of this study indicate that (1) Professionalism and work discipline affect the performance of teachers in the Ujung Katinting Elementary School Cluster, Pa'jukukang District, Bantaeng Regency. While the certification allowance has no effect on the performance of teachers in the Ujung Katinting Elementary School Cluster, Pa'jukukang District, Bantaeng Regency. (2) Certification allowances, professionalism and work discipline affect the performance of teachers in the Ujung Katinting Elementary School Cluster, Pa'jukukang District, Bantaeng Regency. (3) The most dominant variable affecting teacher performance (Y) is work discipline. The author hopes to be able to improve the ability to get professional allowances; It is hoped that the quality of education in Indonesia will increase. Therefore, it is necessary to increase the professionalism of teachers. (3) Discipline is one of the success factors in achieving learning objectives. Disciplined teachers will have a positive impact on the development of students, so high discipline is needed.
References
Augusty, Ferdinand. 2019. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Skripsi, Tesis dan Disertasi iIlmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.
Catio Mukhlis. 2020. Analisis pengaruh Kompetensi, Disiplin Kerja dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru di SMK Sasmita Jaya 1 Pamulang Kota Tangerang Selatan..https://journal.uniku.ac.id
Dimyati dan Mudjiono. 2019. Belajar Dan Pembalajaran hlm. 200. Jakarta: Rineka Cipta.
Eko Djatmiko (2006). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Sarana Prasarana terhadap Kinerja Guru SMP Negeri Kota Semarang. ejournal.stiepena.ac.id
Firsda1Elien. 2020. Pengaruh Tunjangan Profesi dan Disiplin Kerja Guru terhadap Kinerja Guru. https://siducat.org
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hasibuan, Malayu. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
HARYAKA. (Tanpa Tahun). PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP KINERJA GURU DIMODERASI BUDAYA ORGANISASIONAL.
Handoko, T Hani. 2019. Manajemen Personalia dan Sumber daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.
Hendarto (2009). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Situasional terhadap Kinerja Guru SMK Negeri 1 Wanareja, Kab. Cilacap. repository.ut.ac.id
Ilmawan Mirza Dwinanda. (2016). PERAN KOMPENSASI DAN KARAKTERISTIK LEADERSHIP PADA KINERJA GURU YANG DIMEDIASI OLEH KEPUASAN KERJA. Jurnal Ekonomi Modernisasi http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JEKO
Koswara dan Rasto, (2016). Kompetensi dan kinerja guru berdasarkan sertifikasi profesi. JURNAL PENDIDIKAN MANAJEMEN PERKANTORAN Vol. 1 No. 1, Agustus 2016, Hal. 61-71. http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/00000
Marbawi Adamy. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Aceh: Unimal Press.
Munawaroh, 2009. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Transaksional terhadap Kinerja Guru di SMPK Wijanan Jombang. e-journal.unipma.ac.id › article
Mulyasa. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. 2016. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara
Muslich, Mansur. 2007. Sertifikasi Guru Menuju Profesionalisme Pendidik. Jakarta: Bumi Akasara.
Rustad, Supriadi, dkk. 2012. Buku 2 Petunjuk Teknis Pelaksanaan Sertifikasi Guru Di Rayon LPTK. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Robbins SP, at al. 2019. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.
Undang-undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. 2006. Bandung: Citra Umbara.
Rivai, Veithzal. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan, dari Teori ke Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Saban Echdar. 2017. Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis. Bogor: Ghalia Indonesia
Sri Rahayu Wahyuningsih (2011). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Lingkungan Dinas Pendidikan Kec. Sukagumiwang, Kab. Indramayu. eprints.umm.ac.id
Sri Sundari, et al. 2019. Manajemen Kinerja. Bogor: Universitas Pertahanan
Sutrisno, Edi. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sulaeman Momon, (Tana tahun). Manfaat kelompok gugus sekolah sebagai wadah pemberdayaan guru SD: Studi kasus dua kelompok gugus sekolah di Kelurahan Pasarminggu Jakarta Selatan. Perpustakaan Universitas Indonesia. http://lib.ui.ac.id/opac/themes/green/detail.jsp?id=107324&lokasi=lokal
Syah, Muhibbin. 2007. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. RosdaKarya.
Tegar Aprianto D.A. (2014). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SMPN 1 Grati, Kab. Pasuruan. eprints.umm.ac.id
Trianto dan Titik T.T.. 2006. Sertifikasi Guru dan Upaya Peningkatan Kualifikasi, Kompetensi dan Kesejahteraan. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Usman, M. Uzer. 2006. Menjadi Guru profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Cet Ke-20
Wibowo, Eddy. 2004. Standarisasi, Sertifikasi, dan Lisensi Profesi Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Surabaya: Seminar nasional pendidikan.
Zulaekha, Nur. 2011. Panduan Sukses Lulus Sertifikasi Guru. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.