ANALISIS KONSEP PENGEMBANGAN KELOMPOK SADAR WISATA UNTUK MENDUKUNG SAPTA PESONA PADA PENGELOLAAN PANTAI PUNAGAAN, DESA PATILERENG, KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR

https://doi.org/10.37476/nmar.v2i4.3404

Authors

  • Muhammad Hidayat Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Ahmad Firman Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Yulianingsih Yulianingsih Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

Keywords:

Konsep Pengembangan, Kelompok Sadar Wisata, Sapta Pesona, Pengelolaan, Development Concept, Tourism Awareness Group, Sapta Pesona, Management

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep pengembangan kelompok sadar wisata demi mendukung Sapta Pesona dan apa saja yang perlu dibenahi dalam pengelolaan daya tarik wisata di Pantai Punnagaan, Kabupaten Kepulauan Selayar.Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, Pengambilan data dilakukan dengan mewawancarai informan berjumlah 21 orang. Hasil wawancara di deskripsikan atau biasa di sebut verbatim, setelah itu digunakan coding atau pengelompokkan jawaban yang hasilnya di deskripsikan berdasarkan hasil coding, Selanjutnya data dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok sadar wisata belum dikembangkan dengan baik oleh pemerintah setempat terkhususnya Dinas Pariwisata Kabupaten Kepulauan Selayar yang dinilai dari hasil pengcodingan penerapan 7 unsur sapta pesona dan wawancara kelompok sadar wisata yang dimana dari hasil tersebut menyatakan bahwa penerapan 7 unsur sapta pesona tersebut masih belum di terapkan dengan baik. Bahkan kelompok sadar wisatanya masih banyak yang belum paham terhadap tugas dan tanggung jawabnya.

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep pengembangan kelompok sadar wisata demi mendukung Sapta Pesona dan apa saja yang perlu dibenahi dalam pengelolaan daya tarik wisata di Pantai Punnagaan, Kabupaten Kepulauan Selayar.Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, Pengambilan data dilakukan dengan mewawancarai informan berjumlah 21 orang. Hasil wawancara di deskripsikan atau biasa di sebut verbatim, setelah itu digunakan coding atau pengelompokkan jawaban yang hasilnya di deskripsikan berdasarkan hasil coding, Selanjutnya data dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok sadar wisata belum dikembangkan dengan baik oleh pemerintah setempat terkhususnya Dinas Pariwisata Kabupaten Kepulauan Selayar yang dinilai dari hasil pengcodingan penerapan 7 unsur sapta pesona dan wawancara kelompok sadar wisata yang dimana dari hasil tersebut menyatakan bahwa penerapan 7 unsur sapta pesona tersebut masih belum di terapkan dengan baik. Bahkan kelompok sadar wisatanya masih banyak yang belum paham terhadap tugas dan tanggung jawabnya.

References

Adrian Sutedi, 2009. Metode Penelitian Hukum, Sinar Grafika, Jakarta.

Affandi, E. Y. and Sulistyawati, E. (2015) „Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Pelanggan Hotel Taman Agung‟, E-Jurnal Manajemen Uud, 4(4), pp. 1119–1133.

Agyapong, Gloria, K.Q. (2011). The Effect Of Service Quality on Customer Satisfaction in the Utility Industry a Case of Vodafone in Ghana. International Journal of Business and Management, Vol.6, p.207.

Akbar, Kurnia. 2013. “Analisis Pengaruh Harga, Brand Image, dan Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone atau Smartphone Samsung Jenis Android (Studi pada Mahasiswa Universitas Diponegoro)”. Skripsi. Semarang : Universitas Diponegoro.

Al-Ababneh, Mukhles. 2013. Service Quality and its Impact on Tourist Satisfaction.Interdisciplinary Journal Of Contemporary Research In Business. April 2013 Vol 4, No 12NURDIN, Nurdin. STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA BERBASISMASYARAKAT DI PULAU SAMALONA, MAKASSAR. Jurnal Master Pariwisata(JUMPA), [S.l.], aug. 2016. ISSN 2502-8022.

Aprilia, Eka Rosyidah. 2017. Pengaruh Daya Tarik Wisata Dan Fasilitas Layanan Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Pantai Balekambang Kabupaten Malang. Vol. 51 No. 2. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)

Asker,S, Boronyak, L, Carrard, N. dan Paddon, M. 2010. “ Effective Community Based Tourism”.Sumber:https:://www.apec.org//media/APEC/Publications/2010/6/EffectiveCommunity-Based-Tourism-A-Best-Practice-Manual-June-2010/210_twg_CommunityBased Tourism WEB. pdf. Diakses pada 20/11/2020

Bhat, M. A. 2012. Tourism Service Quality: A Dimension-specific Assessment of Servqual. Global Business Review. Vol.13. No.2. pp 327-337.

Budiono, Fahrisal Lukman. 2013. Persepsi dan Harapan Pengguna terhadap Kualitas Layanan Data pada Smartphone di Jakarta. Jakarta. Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Dhanalakshmi, U. Rajini, R. dan Kanimozhi, S. 2010. Developing service Quality Using Gap Model - A Critical Study. IOSR Journal of Business and Management. pp 46 - 51.

Firman, A., & Karmansyah, K. (2020). Kontribusi Wisata Hutan Mangrove Tongke-Tongke Terhadap Pendapatan Asli Daerah Sektor Pariwisata Kabupaten Sinjai. Akmen Jurnal Ilmiah, 17(1), 163-171.

Hadari, Nawawi. , 2003. Metode Penelitian Bidang Sosial, Gajah Mada University Press, Yogyakarta

Hasan, Ali. 2015. Tourism Marketing. Jakarta: PT. Buku Seru.Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. 2016 . “ Rencana Strategis Sekretariat Kementerian Pariwisata 2015 - 2019”. Sumber: http://www.kemenpar.go.id/asp/detil.asp?c=14&id=3240. Diakses pada 05/08/2018.

Hermawan, H., 2017. “Pengaruh Daya Tarik Wisata, Keselamatan, Dan Sarana Wisata Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Wisatawan” ( Tesis ). Yogyakarta: Universitas Sarjanan Wiyata Tamansiswa.

Latiff, K. dan Imm. N.S. 2015. The Impactt Of Tourism Srvice Quality on Satisfaction. IJEM. Vol.9. pp 67-94. Liputan6. 2016. “Ini dia 10 Destinasi Wisata yang Disebut Bali Baru”. Sumber: “https://www.liputan6.com/lifestyle/read/2445931/ini-dia-10-destinasi-wisata-yangdisebut-bali-baru. Diakses 18/11/2020.

Latief, F. PELATIHAN UKM DALAM UPAYA MENGEMBANGKAN IDE-IDE KREATIF DAN INOVATIF.

Manullang, saroha. (2015). “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DI BANDARA INTERNASIONAL I GUSTI NGURAH RAI TERHADAP KEPUASAN, CITRA, DAN LOYALITAS WISATAWAN BERKUNJUNG KE BALI” (Disertasi). Denpasar: Universitas Udayana

Prasiasa, Putu Oka. (2012). Destinasi pariwisata, berbasis masyarakat, Jakarta : Salemba Empat

Rahim, Firmansyah. 2012. Pedoman Kelompok Sadar Wisata. Jakarta: Kementrian Pariwisatadan Ekonomi Kreatif

Sapuan, Sapuan dan Budiyono , Budiyono dan Kahar, Hakim. 2012. PERAN KELOMPOK SADAR WISATA (POKDARWIS) DALAM PEMBANGUNAN PARIWISATA PANTAI PANJANG BENGKULU (Studi kasus Pokdarwis Laut Biru Kelurahan Pasar Bengkulu Kec. Sungai Serut Kota Bengkulu). Bengkul. Undergraduated thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB.

Suastuti, Ni Luh. 2012. Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Wisatawan Terhadap Produk Freestanding Restaurant di Kawasan Pariwisata Nusa Dua Kabupaten Badung. Bali : Jurnal Ilmiah Pariwisata vol. 2

Susepti, Amalia. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Tamu Hotel (Studi tentang Presepsi Tamu Hotel Mahkota Plengkung Kabupaten Banyuwangi. Program Studi Pariwisata. Fakultas Ilmu Adminsistrasi. Universitas Brawijaya Malang

Philip Kotler dan Kevin L. Keller. 2006. Manajemen Pemasaran edisi ke 12 Jilid ke 1.

New Jersey, IndeksMinh, Nguyen Hue, Nguyen Thu HA, Phan Chi Anh, & Yoshiki Matsui. 2015. Asian Social Science, Vol. 11, No. 10; 2015 ISSN 1911-2017, E-ISSN 1911-2025 Published by Canadian Center of Science and education

Pujiningrum, Ika. 2017. BENTUK PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA DI KAMPUNG WISATA TABLANUSU KABUPATEN JAYAPURA PROVINSI PAPUA. Jurnal Ilmiah kajian sastra dan Bahasa Vol.1 No.2. MELANESIA

Putri Mawar Padmawati. 2016. Pengaruh Harga, Pelayanan, Lokasi dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Volume 2. No 6.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Managemet. Edisi 15 Global Edition. Pearson.

Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Miles, Mattew B dan Amichael Huberman. 2007. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohisi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Minh, N. H. Ha, N. T. dan Matsui, Y. 2015. Service Quality And Customer Satisfaction: A Case Study Of Hotel Industry In Vietnam. Canadian Center of Science and Education. Vol.11, No.10. pp 73-85.

Nugroho, Budiarto dan Subagja, I. K. 2018. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Nasabah Pt. Bank Perkreditan Rakyat Gracia Mandiri Bekasi Timur , Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana. Volume 6. No.11. pp 28-47.

Park, Eerang. Phandanouvong, T. dan Kim, S. 2017. Evaluating Participation in community -based tourism; a local perspective in Laos. Current Issues in Tourism Journal. pp 1-5.

Ponna, Peng dan Prasiasa, D.P.O. 2011. Community Participation for Sustainable Tourism in Heritage Site: A Case of Angkor, Siem Reap Province, Cambodia . Mudra.. Vol.226, No.3. pp 306-313.

Rahayu, S. R., Latief, F., & Asbara, N. W. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Konsumen Layanan Indihome Di Makassar.

Rahim, Firmansyah. 2012. Pedoman Kelompok Sadar Wisata. Jakarta: Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sumber: http://kemenpar.go.id/userfiles/1_ %20Pedoman%20Pokdarwis. pdf. Diakses pada 20/10/2020. Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, 2017. “Tahun 2017 Kita Genjot Sektor Pariwisata”. Sumber: http://setkab.go.id/tahun-2017-kita-genjot-sektor-pariwisata/. Diakses pada 04/11/2020.

Ridwan, R., Maryadi, M., Saleh, M., & Latief, F. (2019). Implementasi Program Pengembangan Kewirausahaan STIE Nobel Indonesia Tahun 2018. Caradde, 1(2), 124-130.

Senyana -Stone, L. dan More -Stone, T. 2011. Community - Based Tourism Enterprises: Challenges And Prospects For Community Participation; Khama Rhino Sanctuary Trust, Botswana . Journal of Sustainable Tourism. Vol.19, No.1. pp 97-14.

Sugiyono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan (Pendidikan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D.. Bandung: Alfabeta.

Syamsuddin, A. R dan Damaianti, V. S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Purnomo. 2011. Pengaruh Faktor Individual Wisatawan dan Kinerja Bauran Pemasaran Terhadap Nilai Jasa Pariwisata Alam. Jurnal JMHT XVII (1): 10-16. (https://www.researchgate.net/publication/307644380). Diakses 11/11/2020.

Soekadijo. R. G. 2000. Anatomi Pariwisata, Memahami Pariwisata Sebagai Sistematic Linkage, Gramedia Pustaka Utama; Jakarta

Wardhani, aprilia ayu. 2016. Peran Pokdarwis dalam Pengembangan Desa Wisata Dewi Sri. Salatiga. Univeristas Kristen setya wacana

Published

2021-12-31

How to Cite

Hidayat, M., Firman, A., & Yulianingsih, Y. (2021). ANALISIS KONSEP PENGEMBANGAN KELOMPOK SADAR WISATA UNTUK MENDUKUNG SAPTA PESONA PADA PENGELOLAAN PANTAI PUNAGAAN, DESA PATILERENG, KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR. Nobel Management Review, 2(4), 712–721. https://doi.org/10.37476/nmar.v2i4.3404