PENGARUH PENGGUNAAN SARANA BANTU PEMANDUAN DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN DI PELABUHAN DUMAI

Authors

  • Supriyadi K Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia Makassar
  • Badaruddin Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia Makassar
  • Muhammad Hidayat Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia Makassar

DOI:

https://doi.org/10.37476/nmar.v4i3.4401

Keywords:

Sarana Bantu Pemanduan, Citra Perusahaan, Loyalitas Pelanggan, Kepuasan Pelanggan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penggunaan sarana bantu pemanduan dan citra perusahaan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan di pelabuhan dumai. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitaif dengan pendekatan survey. Penelitian ini dilaksanakan pada Pelabuhan Dumai dengan waktu penelitian selama 2 bulan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh pelanggan yang aktif menggunakan jasa pelayanan kapal di Pelabuhan Dumai sebanyak 55 perusahaan. Teknik penentuan sampel menggunakan sampel jenuh, maka jumlah sampel penelitian ini yaitu sebanyak 55 responden.  Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, sedangkan sumber data menggunakan data primer. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Jalur (Path Analysis).  

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Penggunaan Sarana Bantu Pemanduan tidak memiliki pengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan di Pelabuhan Dumai. 2) Citra Perusahaan tidak memiliki pengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan di Pelabuhan Dumai. 3) Penggunaan Sarana Bantu Pemanduan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan di Pelabuhan Dumai. 4) Citra Perusahaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan di Pelabuhan Dumai. 5) Kepuasan Pelanggan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan di Pelabuhan Dumai. 6) Penggunaan Sarana Bantu Pemanduan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan dengan peran sebagai pemediasi parsial di Pelabuhan Dumai. 7) Citra Perusahaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan dengan peran sebagai pemediasi parsial di Pelabuhan Dumai.

References

Ahmad, I. B. (2017). Aktivitas Pembongkaran Batubara Tugboat Hercules 7 Tongkang Lmn 336 Oleh PBM PT. Pelabuhan Indonesia Iii (Persero) Di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Karya Tulis. Semarang: Universitas Maritim Amni.

Amrin, A. (2021). Penerimaan Pelayanan Kapal Tunda Di PT. Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Cabang Makassar. In Prosiding Seminar Nasional Sinergitas Multidisiplin Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Vol. 4, pp. 19-28).

Anggoro, M.L. (2018). Teori dan Profesi Kehumasan serta Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Asoka, Wijaya. (2019). Analisis Pengaruh Faktor Pemanduan, Sarana Bantu Navigasi Pelayaran Dan Tanggung Jawab Syahbandar Terhadap Keselamatan Pelayaran (studi pada pelabuhan Tanjung Emas Semarang). SKRIPSI. Semarang: Universitas Maritim Amni

Atmaja, J. (2018). Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Pada Bank BJB. Jurnal Ecodemica, 2(1), 49-63.

Bunyamin. (2021). Manajemen pemasaran. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.

Canton, B. (2014). Dasar-dasar Public Relations. Bandung: Remaja Roesdakarya.

Darlin, D. (2020). Analisis Pengaruh Faktor Pemanduan, Sarana Bantu Navigasi Pelayaran, Stasiun Radio Pantai Dan Tanggung Jawab Syahbandar Terhadap Keselamatan Pelayaran (Studi pada Pelabuhan khusus CPO Kabil Batam). Skripsi. Semarang: Universitas Maritim Amni

Fattah, B. F. B., Iswanto, I., Astriawati, N., & Widyanto, H. (2022). Prosedur Clearance In Dan Clearance Out Kapal Milik PT. Salam Pacific Indonesia Lines. Majalah Ilmiah Bahari Jogja, 20(1), 87-96.

Gaffar, V. (2017). Costumer Relationship Management and Marketing Public Relation. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 25 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Griffin, E. (2015). Customer Loyalty. Jakarta: Erlangga.

Gultom, D. K., Arif, M., & Fahmi, M. (2020). Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 171-180.

Hardiansyah. (2018). Kualitas Pelayanan Publik. Edisi Revisi. Yogyakarta: Gava Media.

Haryono, S. B. (2013). Sistem Operasional Pelayanan Pemanduan Terhadap Keselamatan Kapal di PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Tanjung Perak Surabaya. Jurnal Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga, 2(2), 131-135.

Hidayat, D. R., & Firdaus, M. R. (2014). Analisis pengaruh kualitas layanan, harga, kepercayaan, citra perusahaan, dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan:(studi pada pelanggan telkom speedy di Palangka Raya). JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 2(3), 237-250.

Muhson, A. (2022). Analisis Statistik Dengan SmartPLS: Path Analysis, Confirmatory Factor Analysis, & Structural Equation Modeling. Yogyakarta: Program Pascasarjana UNY.

Nur Islami, R., Rahman Mus, A., & Manajemen, M. (2020). TATA KELOLA Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Harga Saham Pada. 7(3), 38–46. https://www.pasca-umi.ac.id/index.php/tata/article/view/78/78

Oliver, R. L. (2014). Satisfaction:A Behavioral Perspective on the Consumer. Second Edition. New York: Routledge.

Pardede, R., & Haryadi, T. Y. (2017). Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Yang Dimediasi Kepuasan Konsumen. Journal of Business & Applied Management, 10(1).

Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM.25 Tahun 2011. Sarana Bantu Navigasi-Pelayaran

Rohana, T. (2020). Pengaruh Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 8(1), 28-32.

Saffan, D., Syairudin, B., & Achmadi, F. (2018). Analisis Kepuasan Pelayanan dan Loyalitas Pelanggan dengan Menggunakan Metode Servqual, IPA, dan QFD di Terminal Teluk Lamong. Business and Finance Journal, 3(1).

Safira, T., Saleh, M. Y., & Remmang, H. (2020). Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Cabang Ambon. Indonesian Journal of Business and Management, 3(1), 66-70.

Safitri, E., Rahayu, M., & Indrawati, N. K. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Service Center (Studi Pada Pelanggan Samsung Service Center Di Kota Malang). Ekonomi Bisnis, 21(1), 90-104.

Saktiani, G. A. (2015). Pengaruh kualitas layanan dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Word of Mouth. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (JISIP), 4(2).

Seftiani, S. (2017). Pengaruh Citra Perusahaan dan Atribut Produk terhadap Keputusan Menabung Nasabah dalam Prespektif Ekonomi Islam. UIN Raden Intan Lampung.

Yudhi, A. (2020). Analisis Pengaruh Faktor Pengawasan Muatan, Faktor Alam Dan Kesalahan Teknis Terhadap Kecelakaan Kapal (Studi Kasus Pada Pelabuhan Lembar Lombok). Skripsi. Semarang: Universitas Maritim Amni.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

K, S., Badaruddin, & Hidayat, M. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN SARANA BANTU PEMANDUAN DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN DI PELABUHAN DUMAI. Nobel Management Review, 4(3), 373–387. https://doi.org/10.37476/nmar.v4i3.4401

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>