PENGARUH BAURAN PEMASARAN PARIWISATA DAN KUALITAS PELAYANAN MELALUI KEPUASAN WISATAWAN TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KEMBALI (STUDI EMPIRIS PADA OBYEK WISATA BANTIMURUNG KABUPATEN MAROS)
Keywords:
Bauran pemasaran pariwisata, kualitas pelayanan, kepuasan wisatawan dan minat berkunjung kembali.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran pariwisata, kualitas layanan pariwisata terhadap kepuasan, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran pariwisata dan kualitas pelayananterhadap minat berkunjung kembali. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepuasan terhadap minat berkunjung kembali, Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran pariwisata dan kualitas pelayanan terhadap minat berkunjung kembali melalui kepuasan wisatawan pada obyek wisata Bantimurung Kabupaten Maros. Sampel penelitian ini adalah wisatawan baik mancanegara maupun domestic atau nusantara yang sering berkunjung ke obyek wisata Bantimurung Kabupaten Maros. Hasil penelitian bahwa bauran pemasaran pariwisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan. Kualitas pelayanan memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan. bauran pemasaran pariwisata memberikan pengaruh yang bermakna dalam meningkatkan minat wisatawan untuk melakukan kunjungan kembali. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung kembali. Kepuasan wisatawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung kembali. Kepuasan wisatawan dapat memediasi secara parsial pengaruh bauran pemasaran pariwisata terhadap minat berkunjung kembali. Kepuasan wisatawan dapat memediasi secara parsial pengaruh kualitas pelayanan terhadap minat berkunjung kembali pada obyek wisata Bantimurung Kabupaten Maros
References
Assael, H. 2008. Consumer Behavior and Marketing Action. Fourth Edition. Boston: PWS-Kent Publishing Company
Barata, Adya. 2014. Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta, ElexMedia Komputindo.
Dedek Kurniawan Gultom dan Irma Christiana. 2017. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Citra Destinasi dan Kepuasan Wisatawan Serta Implikasinya Terhadap Loyalitas Wisatawan. Jurnal Kumpulan Penelitian Dosen Universitas Muhammadiyah Sumatra utara.
Kewas, Margarith Graciela, dan Joyce Lapian. 2002. Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran dan Manajemen Hubungan Pelanggan Terhadap Kepuasan Wisatawan China Pada Best Western Lagoon Hotel Manado. Jurnal Universitas Sam Ratulang.
Kotler, Philip, dan Keller Lane Kevin. 2018. Manajemen Pemasaran, edisi keenambelas, jilid I dan II, terjemahan Hendra Teguh, Jakarta, Penerbit : Prenhalindo
Kotler, Philip & Amstrong, Gary. 2018. Prinsip Prinsip Pemasaran.. Edisi Bahasa Indonesia. Jilid 1 dan 2. Jakarta: Erlangga
Mahadewi, Gayatri Astiya. 2018. Pengaruh Bauran Pemasaran Pariwisata dan Kualitas Pelayanan Pariwisata Melalui Kepuasan Wisatawan Terhadap Minat Berkunjung Kembali (Studi Pada Destinasi Grand Watu Dodol (GWD) Kabupaten Banyuwangi). Jurnal Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember
Mahardhika, Evi Anita. 2018. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Berkunjung Kembali Wisatawan Domestik ke Pantai Parangtritis (Studi pada mahasiswa Strata 1 Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta) Jurnal Ekobis Dewantara Vol. 1 No. 8 Agustus 2018
Miskan, Syahbuddin. 2019. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Minat Berkunjung Kembali Dengan Kepuasan dan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Wisatawan Pantai Lariti Kabupaten Bima). Tesis Magister Manajemen Universitas Muhammadiyah Malang
Nuraeni, dkk (2014) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Kunjung Ulang Wisatawan Museum anggawarsita Semarang. Jurnal Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro Semarang
Payangan, Otto R. 2014. Pemasaran Jasa Pariwisata. Bandung: IPB Press.
Ratna Roostika (2012) Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Produk Cindera Mata terhadap Kepuasan Wisatawan Domestik di Yogyakarta. Jurnal Manajemen dan Akuntansi Volume 1, Nomor 3, Desember 2012. ISSN :2252:6072.
Saladin, Djaslim. 2014. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengendalian, Edisi ketiga. Bandung. Linda Karya.
Sudaryono.2016. Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. Yogyakarta : ANDI
Suparyanto & Rosad. 2015. Manajemen Pemasaran. Bogor, In Media
Schiffman, Leon.G. dan Leslie Lazar Kanuk. 2007. Perilaku Konsumen. Edisi Ketujuh. Diterjemahkan oleh Zoelkifli Kasip. Jakarta, Indeks.
Sunyoto, Danang. 2014. Manajemen Pemasaran (Pendekatan Konsep, Kasus, dan Piskologi Bisnis). Cetakan Pertama, Yogyakarta, CAPS
Schiffman, L.G., & Kanuk, L.L. 2010. Consumer Behaviour (10th ed). New Jersey, Pearson Prentice Hall
Sujarweni, V. Wiratna. 2016. Pengantar Akuntansi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sugiono, 2016.s Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D,Bandung: Alfabeta.
Stella Alvianna (2017) Analisis Pengaruh Harga, Produk, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Wisatawan di Taman Wisata Air Wendit Kabupaten Malang. Jurnal Pesona ISSN (print): 1410-7252 ISSN (electronic): 2541 –5859 Vol. 2No. 01 Juni 2017.
Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa, edisi kedua, cetakan ketujuh, Yogyakarta Penerbit : Andi Offset
Tjiptono Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi keempat. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono Fandy dan Gregorius Chandra, 2016, Service Quality dan Satisfaction, edisi keempat, Yogyakarta. Penerbit : Andi
Undang–Undang Nomor 10 Tahun 2009. “Undang-Undang Republik Indonesia No 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan”, diakses pada tanggal 20 Februari 2016 dari http://www.peraturan.go.id/ uu/nomor 10 tahun-2009.html
Wahyundari NV, Sudiarta IN, Mahadewi NE 2015. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Wisatawan Mancanegara di Pantai Pandawa Kabupaten Bandung Bali. Jurnal IPTA, 3(1), 50-65.
Widjojo, Handyanto, Suherman Widjaja, Robby Poniman, Rudy Handoko, Alexander Ibnu Wibowo, Yudho Hartono, Farah Mustika Sari, dan Ferdy Oktavian. 2018. Sari-Sari Pemasaran & Aplikasinya di Dunia Bisnis. Cetakan Kedua. Jakarta, Prasetiya Mulya Publishing
Yofina Mulyati (2018) Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Minat Berkunjung Kembali pada Destinasi Wisata Pantai Carocok Painan Kabupaten Pesisir Selatan (Studi Kasus pada Wisatawan Domestik) Home Archives/Vol.6 No.2 (2018) : Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis > Desember 2018 Articles.