Pengaruh Citra Merek, Iklan, Dan Inovasi Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Go-Food Di Kota Makassar

  • Vincent Aditya Putra Suciadi STIE Nobel Indonesia
  • Ahmad Firman STIE Nobel Indonesia Makassar
  • Muhammad Hidayat STIE Nobel Indonesia Makassar
Keywords: Citra Merek, Iklan, Inovasi Layanan, Keputusan Pembelian, Brand Image, Advertising, Service Innovation, Purchase Decision

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh secara parsial dan simultan antara variabel citra merek, iklan, dan inovasi layanan terhadap keputusan pembelian pada aplikasi GoFood di Kota Makassar, variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada aplikasi GoFood di Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif secara deskriptif yang dilaksanakan pada bulan Januari-Februari 2021. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna aplikasi GoFood di Makassar yaitu sebanyak 112 orang dengan teknik non probability sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda, pengujian hipotesis dengan uji t dan uji F, serta koefisien determinasi (R2 ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel citra merek dan inovasi layanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada aplikasi GoFood di Makassar. Namun, untuk variabel iklan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada aplikasi GoFood di Makassar. Pada pengujian hipotesis secara simultan (uji F) menunjukkan hasil bahwa variabel citra merek, iklan, dan inovasi layanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada aplikasi GoFood di Makassar, penelitian ini juga menunjukkan bahwa variabel inovasi layanan merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi proses keputusan pembelian pada pengguna aplikasi GoFood di Kota Makassar

 

This study aims to analyze the effect partially and simultaneously between the variables of brand image, advertising, and service innovation on purchasing decisions on the GoFood application in Makassar City, the most dominant variable influencing purchasing decisions on the GoFood application in Makassar. The research method used is a descriptive quantitative approach which was conducted in January-February 2021. The population in this study were 112 users of the GoFood application in Makassar with a non-probability sampling technique. The data analysis technique used is multiple linear regression analysis, hypothesis testing with the t test and F test, and the coefficient of determination. The results showed that partially the brand image and service innovation variables had a significant effect on purchasing decisions on the GoFood application in Makassar. However, the advertising variable partially does not have a significant effect on purchasing decisions on the GoFood application. The simultaneous hypothesis testing shows that the variables of brand image, advertising, and service innovation have a positive and significant effect on purchasing decisions on the GoFood application, this study also shows that the service innovation variable is the most dominant variable affecting the process of purchase decisions on GoFood application users in Makassar City

References

Aaker, David A. 2013. Manajemen Pemasaran Strategis. Edisi 8. Jakarta: Salemba Empat.

Asbara, N. W. (n.d.). PERANCANGAN APLIKASI SENSUS PENDUDUK PADA BADAN PUSAT STATISTIK KOTA MAKASSAR BERBASIS ANDROID. Jurnal Fokus Elektroda: Energi Listrik, Telekomunikasi, Komputer, Elektronika Dan Kendali), 6(1), 48–53.

Dotzel, Thomas, Venkatesh S, Leonard L. Berry. 2013. Service Innovativeness and Firm Value, Journal of Marketing Research, (online), Vol.L, (https://journals.sagepub.com/doi/pdf/10.1509/jmr.10.0426, diakses 11 Desember 2020).

Echdar, S. 2017. Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis. Bogor: Ghalia Indonesia.

Efendi, Ahmad, Tamrin L, Musdalifah. 2016. Pengaruh Brand Image dan Inovasi Layanan Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan GO-JEK di Kota Makassar, Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi, (online), Vol.3, No.2, (http://103.55.216.56/index.php/minds/article/viewFile/2583/2422, diakses 2 Desember 2020).

Firman, A., Putra, A. H. P. K., Mustapa, Z., Ilyas, G. B., & Karim, K. 2020. Re-conceptualization of Business Model for Marketing Nowadays: Theory and Implications, The Journal of Asian Finance, Economics, and Business, (online), (https://www.koreascience.or.kr/article/JAKO202020952022489.page, diakses 23 Maret 2021).

GoFood. 2020. Ungguli 46 Aplikasi Dunia, Layanan GoFood di Gojek Raih Peringkat Nomor Satu sebagai Aplikasi Paling Ramah Pengguna dan Bermanfaat Semasa Pandemi, (online),(https://www.gojek.com/blog/gofood/gofood-aplikasi-bermanfaat-semasa-pandemi/, diakses 10 Desember 2020).

Hasanah, N. 2016. Analisis Efektivitas Iklan Online GO-JEK di Kalangan Pengguna Media Sosial di Kota Makassar, (online), (https://core.ac.uk/download/pdf/132711493.pdf, diakses 2 Desember 2020).

Hertog, Pim den dan Ron Bilderbeek. 1999. Conceptualising Service Innovation and Service Innovation Patterns, Research Programme on Innovation in Services (SIID) for the Ministry of Economic Affairs, Dialogic, Utrecht, (online), (http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.102.9390&rep=rep1&type=pdf , diakses 11 Desember 2020).

Insani, N. A., dan Madiawati, P. N. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi terhadap Loyalitas Pelanggan GoFood di Kota Bandung, Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), (online), Vol.4, No.3, (http://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/300, diakses 2 Desember 2020).

Kotler, Philip dan Kevin L. Keller. 2018. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Penerbit INDEKS.

Kotler, Philip, Gary A, Lloyd C.H, Hongwei He. 2020. Principles of Marketing. Edisi 8. Harlow: Pearson Education Limited.

Kotler, Philip, 2003. Marketing Insights from A to Z: 80 Concepts Every Manager Needs to Know. Hoboken: John Wiley & Sons, Inc.

Kurniawan, Agung dan Zarah Puspitaningtyas. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pandiva Buku.

Prastyanto, B. 2018. Pengaruh Iklan, Hubungan Masyarakat, Promosi Penjualan, dan Pemasaran Langsung Terhadap Keputusan Pembelian (Survey pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta Pelanggan Go-Food–Gojek), (online), (http://eprints.upnyk.ac.id/16308/, diakses 2 Desember 2020).

Ramdhan, Hendry E. 2016. Startup Business Model: 50 Model Bisnis dari 100++ Startup Lokal & Mancanegara. Jakarta: Penebar Plus.

Sadat, Andi M. 2009. Brand Belief: Strategi Membangun Merek Berbasis Keyakinan. Jakarta: Salemba Empat.

Santosa, Sigit. 2009. Creative Advertising. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sari, Christina Ariadne S. 2017. Teknik Mengelola Produk dan Merek: Konsep dan Aplikasi pada Fast Moving Consumer Goods. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Shimp, Terence A. 2014. Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi. Edisi 8. Jakarta: Salemba Empat.

Sujarweni, V. Wiratna. 2015. SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2017. Pemasaran Strategik. Edisi 3. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Yundari, N. P. S., dan Wardana, I. M. 2019. Pengaruh Brand Image, Consumer Satisfaction, Electronic Word of Mouth Terhadap Niat Menggunakan Kembali, E-Jurnal Manajemen, (online), Vol.8, No.7, (https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i07.p23, diakses 2 Desember 2020).

Published
2021-03-31
How to Cite
Suciadi, V., Firman, A., & Hidayat, M. (2021). Pengaruh Citra Merek, Iklan, Dan Inovasi Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Go-Food Di Kota Makassar. Nobel Management Review, 2(1), 75-85. https://doi.org/10.37476/nmar.v2i1.1756

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>