PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA USAHA KULINER NYUKNYANG DI POLEWALI MANDAR

Authors

  • Ainun Nurfadiyah Syamsul Kelian Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Un Dini Imran Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Andi Ircham Hidayat Institut Tekonlogi dan Bisnis Nobel Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37476/nmar.v4i1.3837

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk (1) Mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada usaha kuliner Nyuknyang di Polewali Mandar (2) Mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan pada usaha kuliner Nyuknyang di Polewali Mandar (3) Mengetahui dan menganalisis variabel mana yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan pelanggan pada usaha kuliner Nyuknyang di Polewali Mandar.

Sampel penelitian sebanyak 92 responden yang merupakan pelanggan pada Nyuknyang di Polewali Mandar, penelitian menggunakan metode analisis linier berganda dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Nyuknyang di Polewali Mandar (2) Kualitas produk berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Nyuknyang di Polewali Mandar (3) Variabel kualitas produk yang paling berpengaruh dominan terhadap kepuasan pelanggan pada Nyuknyang di Polewali Mandar

References

Fitriany, K. L. O. A. (2022). NMaR NMaR. 3(2017), 39–51.
Jackson R.S. Weenas. (2013). Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta. Jackson R.S. Weenas - Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta, 1(4), 607–618. https://doi.org/2303-1174
Jember, U. M. (n.d.). This research was conducted on Barokah Bondowoso Solo Meatball customers . This study aims to determine the effect of service quality and price on customer satisfaction . In this study data was collected by means of observations , interviews and questionn. 0331.
Lestari, J. S., Farida, U., & Chamidah, S. (2020). Pengaruh Kepemimpinan, Kedisiplinan, Dan Lingkungan Kerjaterhadap Prestasi Kerja Guru. ASSET: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 38–55. https://doi.org/10.24269/asset.v2i2.2388
Maria, M., & Anshori, M. Y. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen King Cake. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan| Journal of Theory and Applied Management, 6(1), 50–51. https://doi.org/10. 20473/jmtt.v6i1.2654
Montung, P., Sepang, J., & Adare, D. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Restoran Kawan Baru. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15(5), 678–689.
Pemalang, T. K. (2022). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan pada Warung Bakso Pak Miad. 2(2).
Purnamasari, I.G.A Yulia, 2015. (2015). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Produk M2 Fashion Online Di Singaraja Tahun 2015. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi (JJP), 5(1), 1–12. https://ejournal.undiksha.ac.id/index. php/JJPE/article/view/6353
Ratmodiharjo, D., Hidayat, M., & ... (2021). Analisis Kualitas Pelayanan, Budaya Kerja Dan Inovasi Terhadap Kinerja Sat Intelkam Polres Pelabuhan Makassar. … Magister Manajemen …, 2(September 2020), 677–685. https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/ JMMNI/article/view/1292
Razak, I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Aqua. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 7(2), 7–8.
Sarino, A. (2010). Upaya Menciptakan Kepuasan Pelanggan Dengan Pengelolaan 60 Service Quality (Servqual). Jurnal Manajerial, 9(2), 19–24. https://doi.org/10.1750 9/manajerial.v9i2.1798
Taupik Ismail. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kantor Indihome Gegerkalong Di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(1), 1124–1135.
Zano, B. R., & Santoso, T. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha. Agora, 7(1), 61 48–60
Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2010). Services Marketing Strategy. Wiley International Encyclopedia of Marketing, 1, 208–218. https://doi.org/10.1002 /9781444316568.wiem01055

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Kelian, A. N. S., Imran, U. D., & Hidayat, A. I. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA USAHA KULINER NYUKNYANG DI POLEWALI MANDAR. Nobel Management Review, 4(1), 47–57. https://doi.org/10.37476/nmar.v4i1.3837