Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Di Rumah Makan Soto Betawi

Authors

  • Muhammad Rezky Sanubari Rannu Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Andi Ummul Khaer Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Andi Ircham Hidayat Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37476/nmar.v4i1.3841

Keywords:

Harga, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan secara pasrsial terhadap keputusan pembelian di Rumah Makan Soto Betawi (2) Pengaruh harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan secara simultan terhadap keputusan pembelian di Rumah Makan Soto Betawi (3) Untuk mengetahui variabel yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen di Rumah Makan Soto Betawi.

Sampel penelitian sebanyak 98 responden yang merupakan konsumen Rumah Makan Soto Betawi, penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Harga tidak berpengaruh signifikan secara parsial sedangkan Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan mempunyai pengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian di Rumah Makan Soto Betawi  (2) Secara simultan Harga, Kualitas Produk, dan Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Rumah Makan Soto Betawi (3) Variabel Kualitas Pelayanan yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Rumah Makan Soto Betawi.

References

Anang, F. (2019). Pemasaran (Dasar dan Konsep). Surabaya: CV. Penerbit Qiara Media.
Kumbara, V. B. (2021). Determinasi Nilai Pelanggan Dan Keputusan Pembelian: Analisis Kualitas Produk, Desain Produk Dan Endorse. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(5), 604–630.
Mamonto, Tumbuan, & Rogi. (2021). Analisis Faktor-Faktor Bauran Pemasaran (4P) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Podomoro Poigar Di Era Normal Baru. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(2), 110–121.
Napitupulu, S., Tapiomas, N., & Tobink, R. (2021). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Atalya Rileni Sudeco.
Rizqi, R. M., & Masniadi, R. (2022). Analisis Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Tradisional Di Sumbawa. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(3), 10330–10336.
Suawa, A. J., Tumbel, A. L., & Mandagie, Y. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Di New Ayam Bandung Resto Kawasan Megamas Manado. Jurnal EMBA, 7(4), 5195–5204.
Widodo, T. (2022). Keputusan Pembelian Melalui Kualitas Makanan, Kualitas Pelayanan, Dan Lokasi Pada Nk Café Malang. Jurnal Manajemen Dan Profesional, 3(1), 90–101.

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Rannu, M. R. S., Khaer, A. U., & Hidayat, A. I. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Di Rumah Makan Soto Betawi. Nobel Management Review, 4(1), 58–67. https://doi.org/10.37476/nmar.v4i1.3841