PENGARUH PERANAN ORANG TUA, LINGKUNGAN MASYARAKAT DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK PADA TK SE-KECAMATAN BONTOSIKUYU
Keywords:
Peran Orang Tua, Lingkungan Masyarakat, Lingkungan Sekolah, dan Motivasi Belajar Anak.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh peran orang tua, lingkungan masyarakat dan lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar anak pada Tk se-Kecamatan Bontosikuyu.
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan survey secara kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Bontosikuyu. Waktu penelitian ini dilakukan bulan April 2021. Populasi dalam penelitian ini adalah guru yang terdaftar dalam masing-masing Tk di Kecamatan Bontosikuyu sebanyak 50 orang. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh yaitu semua populasi digunakan sebagai sampel dengan catatan populasi pada penelitian yang dilakukan adalah kecil.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua memiliki pengaruh secara parsial terhadap motivasi belajar anak begitupun dengan lingkungan masyarakat memiliki pengaruh secara parsial terhadap motivasi belajar anak dan lingkungan sekolah memiliki pengaruh secara parsial motivasi belajar anak pada Tk se-Kecamatan Bontosikuyu. Kemudian peran orang tua, lingkungan masyarakat dan lingkungan sekolah memiliki pengaruh yang simultan terhadap motivasi belajar anak pada Tk se-Kecamatan Bontosikuyu. Adapun variabel yang paling dominan dari keseluruhan variabel yang digunakan adalah variabel lingkungan sekolah hal ini terlihat dari ketertarikan anak pada lingkungan sekolah yang mampu meningkatkan motivasi anak dalam belajar.
References
Anas, Sudjono. (2011). Manajemen Teori, Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Arfah, M., Badaruddin, B., & Alwany, H. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran, Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Gugus SD Inpres Ujung Katinting Kecamatan Pa’jukukang Kabupaten Bantaeng. Nobel Management Review, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.37476/nmar.v2i2.1861
Dalyono. (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta Danarjati.
Dirwan, D., & Latief, F. (2023). Understanding the Psychology Behind Consumer Behavior. Advances in Business & Industrial Marketing Research, 1(3), 130-145.
Hamalik, Oemar. (2007). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Husnan. (2014). Sosiologi Pendidikan dan Sistem Pendidikan di Indonesia sebagai Dasar Belajar. Jakarta: Rajawali Press.
Purwanto, Ngalim. (2014). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remadja Rosda Karya.
Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Setiawan, A., Imran, U. D., & Hidayat, A. I. (2023). PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI BALAI BESAR WILAYAH SUNGAI POMPENGAN JENEBERANG DI MAKASSAR. Jurnal Manuver: Akuntansi dan Manajemen, 1(3), 336-342.
Slamento. (2015). Belajar danFaktor-faktorYang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Pasal 3 tentang “Pendidikan Nasional Berfungsi untuk Mengembangkan Kemampuan dan Membentuk Watak serta Peradaban Bangsa yang Bermartabat dalam Rangka Mencerdaskan Kehidupan Bangsa”. Jakarta: DPR-RI.
Yusuf, Syamsu. LN. (2010). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Zakiah, Drajat. (2012). Ilmu Pendidikan islam. Jakarta: Bumi Aksara Cetakan X.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2025 Nobel Management Review
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.