Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Bakso Granat Malang Indah
DOI:
https://doi.org/10.37476/nmar.v3i1.2865Kata Kunci:
kualitas produk, harga, lokasi, keputusan pembelian, product quality, price, location, purchase decisionAbstrak
Penelitian ini dilakukan dalam rangka untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga, dan lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen pada Bakso Granat malang Indah jalan Metro Tanjung Bunga Kota Makassar secara parsial dan simultan.
Dalam melakukan penelitian ini metode analisa data yang digunakan oleh peneliti berupa metode analisis regresi linear berganda.menggunakan koesioner dalam mendapat tanggapan konsumen. kualitas produk,harga dan lokasi serta keputusan pembelian yang akan ditanggapi oleh konsumen dengan sampel sebanyak 80 responden.
Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan kualitas produk, harga, dan lokasi berpengaruh signifikan, namun secara parsial yang berpengaruh signifikan hanya variabel harga dan variabel lokasi. Sedangakan variabel kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Pada penelitian ini harga merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian pada Bakso Granat Malang Indah
This research was conducted in order to determine the effect of product quality, price, and location on consumer purchasing decisions at Bakso Grenade Malang Indah, Jalan Metro Tanjung Bunga, Makassar City partially and simultaneously.
In conducting this research, the data analysis method used by the researcher is in the form of multiple linear regression analysis method. Using a questionnaire to get consumer responses. product quality, price and location as well as purchasing decisions that will be responded to by consumers with a sample of 80 respondents.
The results of this study indicate that simultaneously product quality, price, and location have a significant effect, but partially the only significant effect is the price variable and the location variable. While the product quality variable has no significant effect on purchasing decisions. In this study, price is the most dominant variable influencing purchasing decisions on the Malang Indah Grenade Meatballs
Referensi
Alma, b. (2014). manajemen pemasaran dan pemasaran jasa (edisi revisi ed.). bandung: alfabeta.
Armeliani. (2018). "Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Dange Di desa Benteng Kecamatan Mandalle Kabupaten Pangkep" . Skripsi. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri makassar.
Dharmmest, b. s., & handoko, t. h. (2010). manajemen pemasaran (analisa perilaku konsumen). yogyakarta: BPEE.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (Salemba Empat ed.). Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, F., & Diana, A. (2016). Pemasaran Esensi Dan Aplikasi (1 ed.). Yogyakarta: Andi Offset.
Ghautama, F. (2012). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (studi pada pembeli produk bandeng Juana Elrina Semarang). Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis,Universitas Diponegoro.
Ferdinand, a. (2006). metode penelitian manajemen: pedoman penelitian untuk skripsi, tesis, dan di sertai ilmu manajemen. semarang: universitas diponegoro.
Ghozali, i. (2016). aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS (edisi 8 ed.). semarang: badan penerbit universitas diponegoro.
Kotler, p., & armstrong, g. (2010). principles of marketing. (13. th, Ed.) new jersey: prentice-hall, inc.
Kotler, p., & keller, k. l. (2012). manajemen pemasaran diterjemahkan oleh bob sabran (edisi ketiga belas., Vol. dua). jakarta: erlangga.
Martono, N. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi Dan Analisis Data Skunder (Revisi ed.). jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Muhidin, s. a., & abdurrahman, m. (2017). analisa korelasi,regresi, dan jalur dalam penelitian dilengkapi dengan aplikasi program SPSS. bandung: CV pustaka setia.
Sangadji, e. m., & sopiah. (2013). perilaku konsumen. yogyakarta: andi offset.
Siregar, s. (2016). statistika deskriptif untuk penelitian dilengkapi perhitungan manual dan aplikasi SPSS versi 17. jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2013). metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. bandung: alfabeta.
Sunyoto, d. (2015). perilaku konsumen dan pemasaran. yogyakarta: CAPS.
Korowa, E., Sumayku, S., & Asaloei, S. (2018). pengaruh kelengkapan produk dan harga terhadap pembelian ulang konsumen (studi kasus freshmart bahu Manado). Jurnal Administrasi Bisnis. FISIP, Universitas Sam Ratulangi.
www.bps.go.id., diakses 2 Januari 2021