ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK PADA PERUSAHAAN DEDAKU FOOD AND DRINK KAB. BULUKUMBA
DOI:
https://doi.org/10.37476/nmar.v3i4.3464Kata Kunci:
Analisis SWOT, Strategi pemasaran, Dedadu Food And DrinkAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (a) mengetahui strategi pemasaran yang cocok oleh Dedaku Food And Drink (b) mengetahui faktor-factor strategi internal dan eksternal yang tepat pada Dedaku Food And Drink (c) menyimpulkan/merumuskan strategi pemasaran yang tepat dan dapat diterapkan oleh perusahaan Dedaku Food And Drink.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data-data yang terkumpul dianalisa dengan metode analisis SWOT.
Hasil dari analisis SWOT menunjukkan bahwa Dedaku Food and Drink berada pada kuadran I, dimana posisi tersebut merupakan situasi yang sangat menguntungkan. Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (growth-orieted strategy) dengan memaksimalkan kekuatan (strength) dan peluang (opportunity) menghasilkan strategi SO, yaitu memaksimalkan banyaknya varian produk, meningkatkan promosi melalui media sosial, dan mempertahankan kualitas produk dengan keberadaan bahan baku yang melimpah.
Referensi
Alma, Buchari. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV Alfabeta.
Amaratunga, Dilanthi dan Baldry, David. 2002. Performance Measurement In Facilities Managemenet And Its Relationships With Management Theory And Motivation. University Salford: Salford United Kingdom.
Assauri, Sofjan. 2011. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers
Basu Swasta, Dharmesta dan Irawan, (2008) Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta.
Boone, L.F dan Kurtz, D.L (2005). Pengantar Bisnis, Jilid 2. Erlangga: Jakarta.
Danang, Sunyoto. (2013). Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT Refika Aditama Anggota Ikapi.
Davis, Keith (2011). Perilaku Dalam Organisasi, Jakarta: Erlangga.
Fahmi, Irham. (2014). Analisa Kinerja Keuangan. Bandung: Alfabeta
Firman, A. U., & Rismawati, R. U. STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK UNGGULAN LURIK DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT (STUDI KASUS PADA INDUSTRI LURIK ATBM DI KABUPATEN KLATEN).
Freddy Rangkuti. (2015) Analisis SWOT. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
K.L. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi kedua belas. jilid 1. PT Index. kelompok Gramedia. Jakarta
Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.
Latief, F., & Akram, Y. N. (2021). Positioning Strategy of PT. Guten. Inc: SWOT Analysis Approach. Jurnal Manajemen Bisnis, 8(1), 47-56.
Mulyana, Dedy. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Pearce II, John A. dan Robinson Richard B.Jr. (2008). Manajemen Strategis 10. Salemba Empat: Jakarta
Rangkuti, Freddy. 2013. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Sanjaya RS. (2017). Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Omset Penjualan untuk Usaha Aqiqah pada Laz Nurul Hayat Medan. Universitas Islam Negeri Sumatra Utara.
Stanton, William. J., “Prinsip Pemasaran”, Edisi Ketujuh, Jilid I, Penerjemah: Yohanes Lamanto, MBA, MSM., Penerbit Erlangga, 2005.
Stoner, James A.F, dkk. 2005. Manajemen. Jakarta: PT Prenhalindo
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.
Syamsuri. (2010). Analisis Penerapan Strategis pada Rumah Makan Ayam Bakar Solo Cabang Malang. Jurnal Skripsi universitas islam Negeri Maulan Malik Ibrahim Malang
Tjiptono, Fandy. 2006. Pemasaran Jasa. Malang: Bayu Media.