PERANAN DIGITAL MARKETING DALAM MEMBANTU PENGEMBANGAN TAKACHI MURA BAKERY DI GRESIK

Authors

  • Silvia Salsabilah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Vembri Aulia Rahmi Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Aries Kurniawan Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.37476/massaro.v7i1.5016

Keywords:

Digital Marketing, Interaksi Pelanggan, Media Sosial, Pengembangan UMKM, Strategi Pemasaran

Abstract

Dalam perkembangan teknologi digital, dampaknya terhadap strategi pemasaran UMKM, seperti Takachi Mura Bakery di Gresik, sangat signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana digital marketing mendukung pertumbuhan UMKM tersebut. Data dikumpulkan menggunakan metode kualitatif deskriptif dan teknik purposive sampling melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi. Hasil riset menunjukkan bahwasannya penerapan digital marketing, khususnya melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, dan WhatsApp, berhasil memperluas jangkauan pasar, meningkatkan interaksi dengan pelanggan, dan mendukung kenaikan penjualan. Kesimpulannya, digital marketing berperan krusial dalam meningkatkan daya saing dan keberlanjutan UMKM di era digital.

References

Ayu Larasati, Y., Pradiptya, A., & Mawardani, M. (2022). Penerapan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Ayana Store Patifile:///C:/Users/josse/Downloads/1.+1-24+Dewa+Gede+Sudika+Mangku,.pdf. Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 20(4), 397–402.

Az-Zahra, N. S. (2021). Implementasi digital marketing menjadi strategi dalam menumbuhkan pemasaran UMKM. NCOINS: National Conference Of Islamic Natural …, 77–88. http://103.35.140.33/index.php/NCOINS/article/view/47%0Ahttp://103.35.140.33/index.php/NCOINS/article/download/47/30

Jasri, Arfan, N., Hasanuddin, & Hasan, H. A. (2022). Penerapan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. ILTIZAM Journal of Shariah Economics Research, 6(2), 212–224.

Magdalena, I., Khofifah, A., & & Auliyah, F. (2023). Cendikia pendidikan. Cendekia Pendidikan, 2(5), 10–20. https://ejournal.warunayama.org/index.php/sindorocendikiapendidikan/article/view/769

May, A., Saputri, I., & Fasa, M. I. (2024). STRATEGI DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM DIGITAL MARKETING STRATEGY TO IMPROVE UMKM COMPETITIVENESS. November, 7388–7398.

NAIMAH, R. J., WARDHANA, M. W., HARYANTO, R., & PEBRIANTO, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 39. https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844

Nasution, Salman, Silalahi, & Ramadani, P. (2022). Peran Digital Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan Umkm Kuliner Berbasis Syariah Di Kota Medan. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 7(2), 510–519. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Mas/article/view/13785

Pratiwi, Mega, A., Rohman, & Abdur. (2023). Penerapan Strategi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Omset Dengan Pendekatan Analisis Swot Perspektif Marketing Syariah Pada Toko Fihadaessie Surabaya. Jesya, 6(1), 881–898. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.1018

Rabbil, M., Arwani, A., Permata Sari, I., & Sandora, N. (2023). Strategi Pemasaran Digital Untuk UMKM Bismatik Di Era E-Commerce. Jurnal Manajemen Pemasaran Internasional, 1(3), 124–134.

Sari. (2024). Analisis Strategi Promosi Menggunakan Media Sosial Tiktok Dalam Memasarkan Produk Pada UMKM. Jurnal Manuhara : Pusat Penelitian Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 259–270. https://doi.org/10.61132/manuhara.v2i2.784

Sukmasetya, P., Haryanto, T., Sadewi, F. A., Maulida, R. B. G., Aliudin, H. S., & Sugiarto, B. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing menjadi Media Pemasaran Global untuk Meningkatkan Penjualan Produksi pada Home Industry. Community Empowerment, 5(2), 28–35. https://doi.org/10.31603/ce.v5i2.3514

Wanita, D. A. N. A. (2021). Strategi Digital Marketing untuk UMKM. Majalah Marketing, 18 No.13(2), 30–35.

Downloads

Published

2025-02-19

How to Cite

Silvia Salsabilah, Vembri Aulia Rahmi, & Kurniawan, A. (2025). PERANAN DIGITAL MARKETING DALAM MEMBANTU PENGEMBANGAN TAKACHI MURA BAKERY DI GRESIK. Jurnal Aplikasi Manajemen & Kewirausahaan MASSARO, 7(1), 11–21. https://doi.org/10.37476/massaro.v7i1.5016