PERANAN DIGITAL MARKETING DALAM MEMBANTU PENGEMBANGAN TAKACHI MURA BAKERY DI GRESIK
DOI:
https://doi.org/10.37476/massaro.v7i1.5016Kata Kunci:
UMKM, Digital Marketing, Pengembangan BisnisAbstrak
Perkembangan teknologi digital telah memberikan dampak yang sangat penting terhadap strategi pemasaran di berbagai sektor, termasuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana digital marketing berperan dalam mendukung pertumbuhan UMKM Takachi Mura Bakery yang terletak di Gresik. Dengan memanfaatkan berbagai platform digital, seperti media sosial, hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi digital marketing yang tepat dapat mempercepat pertumbuhan UMKM, memperluas jangkauan pasar, dan meningkatkan daya saing. Implementasi digital marketing di Takachi Mura Bakery telah terbukti efektif dalam memperkenalkan merek serta mengatasi tantangan yang dihadapi di pasar yang semakin kompetitif. Oleh karena itu, penerapan digital marketing yang optimal menjadi kunci untuk mencapai keberhasilan dalam pengembangan UMKM, terutama di sektor makanan dan minuman. Penelitian ini menyoroti pentingnya digital marketing dalam mendukung keberlanjutan dan kemajuan UMKM di era digital.
Referensi
Ayu Larasati, Y., Pradiptya, A., & Mawardani, M. (2022). Penerapan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Ayana Store Patifile:///C:/Users/josse/Downloads/1.+1-24+Dewa+Gede+Sudika+Mangku,.pdf. Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 20(4), 397–402.
Az-Zahra, N. S. (2021). Implementasi digital marketing menjadi strategi dalam menumbuhkan pemasaran UMKM. NCOINS: National Conference Of Islamic Natural …, 77–88. http://103.35.140.33/index.php/NCOINS/article/view/47%0Ahttp://103.35.140.33/index.php/NCOINS/article/download/47/30
Jasri, Arfan, N., Hasanuddin, & Hasan, H. A. (2022). Penerapan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. ILTIZAM Journal of Shariah Economics Research, 6(2), 212–224.
Magdalena, I., Khofifah, A., & & Auliyah, F. (2023). Cendikia pendidikan. Cendekia Pendidikan, 2(5), 10–20. https://ejournal.warunayama.org/index.php/sindorocendikiapendidikan/article/view/769
May, A., Saputri, I., & Fasa, M. I. (2024). STRATEGI DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM DIGITAL MARKETING STRATEGY TO IMPROVE UMKM COMPETITIVENESS. November, 7388–7398.
NAIMAH, R. J., WARDHANA, M. W., HARYANTO, R., & PEBRIANTO, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 39. https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844
Nasution, Salman, Silalahi, & Ramadani, P. (2022). Peran Digital Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan Umkm Kuliner Berbasis Syariah Di Kota Medan. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 7(2), 510–519. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Mas/article/view/13785
Pratiwi, Mega, A., Rohman, & Abdur. (2023). Penerapan Strategi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Omset Dengan Pendekatan Analisis Swot Perspektif Marketing Syariah Pada Toko Fihadaessie Surabaya. Jesya, 6(1), 881–898. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.1018
Rabbil, M., Arwani, A., Permata Sari, I., & Sandora, N. (2023). Strategi Pemasaran Digital Untuk UMKM Bismatik Di Era E-Commerce. Jurnal Manajemen Pemasaran Internasional, 1(3), 124–134.
Sari. (2024). Analisis Strategi Promosi Menggunakan Media Sosial Tiktok Dalam Memasarkan Produk Pada UMKM. Jurnal Manuhara : Pusat Penelitian Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 259–270. https://doi.org/10.61132/manuhara.v2i2.784
Sukmasetya, P., Haryanto, T., Sadewi, F. A., Maulida, R. B. G., Aliudin, H. S., & Sugiarto, B. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing menjadi Media Pemasaran Global untuk Meningkatkan Penjualan Produksi pada Home Industry. Community Empowerment, 5(2), 28–35. https://doi.org/10.31603/ce.v5i2.3514
Wanita, D. A. N. A. (2021). Strategi Digital Marketing untuk UMKM. Majalah Marketing, 18 No.13(2), 30–35.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Aplikasi Manajemen & Kewirausahaan MASSARO

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.