STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PADA BISNIS HIJABBYSLS DENGAN PENDEKATAN ANALISIS SOAR
DOI:
https://doi.org/10.37476/massaro.v7i1.5017Keywords:
Bisnis, Fashion Hijab, SOAR, Usaha, HijabbyslsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan usaha Hijabbysls dengan menggunakan pendekatan analisis SOAR (Strengths, Opportunities, Aspirations, and Results). Melalui wawancara dengan pemilik bisnis, informasi yang diperoleh digunakan untuk mengeksplorasi faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan dan daya saing Hijabbysls di pasar fashion hijab. Hasil analisis menunjukkan bahwa Hijabbysls memiliki beberapa kekuatan utama, seperti kemampuan menawarkan produk berkualitas dengan harga terjangkau, serta peluang besar di pasar online dan dengan menjalin hubungan dengan jaringan reseller. Selain itu, aspirasi perusahaan untuk menjadi merek hijab terkemuka di Indonesia dan meningkatkan jumlah pelanggan juga sangat jelas. Hasil yang telah dicapai mencakup loyalitas pelanggan yang tinggi dan peningkatan penjualan yang signifikan.Metodologi penelitian ini menggunakan kualitatif dalam pendekatan Fenomologi yang digunakan dalam artikel ini. Pengkajian ini menghasilkan bila cara mengembangkan bisnis yang dilakukan bisnis Hijabbysls sudah cukup baik serta analisa SOAR (Strengths, Opportunities, Aspirations, and Results) ini bersifat positif untuk kelanjutan bisnis Hijabbysls di masa yang akan datang. Pemanfaatan strategi pengembangan berdasarkan analisis SOAR dapat memperkuat posisi Hijabbysls, dengan memperluas jaringan distribusi melalui saluran online dan offline serta meningkatkan pemasaran digital. Dalam hal ini, strategi pengembangan yang berfokus pada kualitas produk, loyalitas pelanggan, dan diversifikasi saluran distribusi menunjukkan keselarasan dengan strategi distribusi. Temuan ini memberikan wawasan mengenai pentingnya adaptasi terhadap tren pasar, penggunaan promosi efektif, dan pemanfaatan media sosial untuk memperkuat posisi Hijabbysls di pasar hijab yang kompetitif.
References
Andini, L., Haryanto, A., & Nurfadilah, L. (2023). Pengaruh saluran distribusi terhadap jangkauan pasar dan aksesibilitas produk di pasar e-commerce. Jurnal Pemasaran dan Bisnis, 12(3), 210-225.
Chiu, C. (2019). Analisis Strategi Soar Pt. Xyz Dalam Meningkatkan Penjualan Bahan Baku Kimia Untuk Industri Tekstil, Kayu, Pakaian Dan Deterjen. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 2(2), 120–127. https://doi.org/10.24912/jmbk.v2i2.4837
Fitri Anggreani, T. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Swot: Strategi Pengembangan Sdm, Strategi Bisnis, Dan Strategi Msdm (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Sumberdaya Manusia). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(5), 619–629. https://doi.org/10.31933/jemsi.v2i5.588
Mahali, A. (n.d.). Strategi layanan mobile banking unit usaha Syariah PT. PermataBank. TBK: Studi pada Unit usaha Syariah PT. Permata Bank. TBK.
MAS’ARI, A., Hamdy, M. I., & Safira, M. D. (2020). Analisa Strategi Marketing Mix Menggunakan Konsep 4p (Price, Product, Place, Promotion) pada PT. Haluan Riau. Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian Dan Karya Ilmiah Dalam Bidang Teknik Industri, 5(2), 79. https://doi.org/10.24014/jti.v5i2.8997
Mohamad Fahri dan Ahmad Zainuri. (2019). Moderasi Beragama di Indonesia. Intizar, 25(2), 95–100. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/5640
Putra, R. F., & Hadi, S. (2021). Kualitas produk dan daya saing di pasar yang kompetitif: Studi pada bisnis kecil menengah. Jurnal Pemasaran Indonesia, 15(1), 72-85.
Rizki, N., Daryanto, M., & Sari, F. (2021). Peran media sosial dalam meningkatkan engagement dan audiens pada bisnis UMKM. Jurnal Pemasaran Digital, 3(1), 59-70.
Sari, I. R., & Rini, M. (2022). Analisis loyalitas pelanggan melalui harga grosir dan kualitas produk pada bisnis fashion. Jurnal Manajemen Pemasaran, 10(4), 110-123
Kurniawan, M., & Suryanto, T. (2020). Efektivitas promosi diskon dalam meningkatkan daya tarik produk pada konsumen. Jurnal Ekonomi dan Perilaku Konsumen, 8(2), 134-145.
Rahmadani, R. D., & Subroto, W. T. (2022). Analisis Strategi Pengembangan UMKM Kabupaten Sidoarjo di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 10(2), 167–181. https://doi.org/10.26740/jpap.v10n2.p167-181
Ritch, E. L., & Siddiqui, N. (2023). Fashioning the Circular Economy with Disruptive Marketing Tactics Mimicking Fast Fashion’s Exploitation of Social Capital: A Case Study Exploring the Innovative Fashion Rental Business Model “Wardrobe.” Sustainability (Switzerland), 15(19). https://doi.org/10.3390/su151914532
Rochdiani, R. F. H. & D. (2021). Soar Strategic for Marketing Strategy Design of Cihuy Chips Home Industry. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 3.
Syahdiyah Sugiartia, W. (2023). Analisis Soar (Strength, Opportunity, Aspiration & Result) Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan Melalui Digital Market. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(2), 25–34. https://doi.org/10.55606/jimak.v2i2.1431
Wahyuningsih, S., & Satriani, D. (2019). Pendekatan Ekonomi Kreatif Terhadap Pertumbuhan Ekonomi. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(2), 195–205. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v8i2.172
Zamista, A. A., & Hanafi, H. (2020). Analisis SOAR pada Strategi Pemasaran di Industri Jasa Finance. Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian Dan Karya Ilmiah Dalam Bidang Teknik Industri, 6(1), 27. https://doi.org/10.24014/jti.v6i1.9335
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Aplikasi Manajemen & Kewirausahaan MASSARO

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.