STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PADA BISNIS HIJABBYSLS DENGAN PENDEKATAN ANALISIS SOAR
DOI:
https://doi.org/10.37476/massaro.v7i1.5017Kata Kunci:
Bisnis, Fashion Hijab, SOAR, Usaha, HijabbyslsAbstrak
Hijabbysls merupakan industri rumahan yang memproduksi hijab dengan skala besar dengan penjualan online yang cukup banyak hingga 10.000 pcs, Namun pada saat ini hijabbysls mengalamai berbagai tantangan. Pengembangan usaha dalam industri hijab saat ini menjadi tantangan yang kompleks seperti persaingan yang ketat, perubahan tren mode yang cepat, serta meningkatnya kesadaran konsumen akan keberlanjutan dan etika dalam produksi. Selain itu, dengan munculnya banyak merek hijab baru dan inovasi desain, pelaku usaha harus terus berinovasi agar dapat mempertahankan daya saing sehingga memerlukan metode yang relevan guna meraih keunggulan kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan strategi pengembangan bisnis yang tepat serta mengetahui strategi yang sudah dilakukan bisnis Hijabbysls. Hijabbysls juga sering mengalami kenaikan dan penurunan penjualan disetiap tahunnya, Untuk bertahan di pasar online, hijabbysls harus melakukan analisis lebih dalam untuk mengetahui strategi persaingan di industri fashion hijab. Metodologi penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomologi yang digunakan dalam artikel ini. Pengkajian ini menghasilkan bila cara mengembangkan bisnis yang dilakukan bisnis Hijabbysls sudah cukup baik serta analisa SOAR (Strengths, Opportunities, Aspirations, and Results) ini bersifat positif untuk kelanjutan bisnis Hijabbysls di masa yang akan datang.
Referensi
Andini, L., Haryanto, A., & Nurfadilah, L. (2023). Pengaruh saluran distribusi terhadap jangkauan pasar dan aksesibilitas produk di pasar e-commerce. Jurnal Pemasaran dan Bisnis, 12(3), 210-225.
Chiu, C. (2019). Analisis Strategi Soar Pt. Xyz Dalam Meningkatkan Penjualan Bahan Baku Kimia Untuk Industri Tekstil, Kayu, Pakaian Dan Deterjen. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 2(2), 120–127. https://doi.org/10.24912/jmbk.v2i2.4837
Fitri Anggreani, T. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Swot: Strategi Pengembangan Sdm, Strategi Bisnis, Dan Strategi Msdm (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Sumberdaya Manusia). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(5), 619–629. https://doi.org/10.31933/jemsi.v2i5.588
Mahali, A. (n.d.). Strategi layanan mobile banking unit usaha Syariah PT. PermataBank. TBK: Studi pada Unit usaha Syariah PT. Permata Bank. TBK.
MAS’ARI, A., Hamdy, M. I., & Safira, M. D. (2020). Analisa Strategi Marketing Mix Menggunakan Konsep 4p (Price, Product, Place, Promotion) pada PT. Haluan Riau. Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian Dan Karya Ilmiah Dalam Bidang Teknik Industri, 5(2), 79. https://doi.org/10.24014/jti.v5i2.8997
Mohamad Fahri dan Ahmad Zainuri. (2019). Moderasi Beragama di Indonesia. Intizar, 25(2), 95–100. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/5640
Putra, R. F., & Hadi, S. (2021). Kualitas produk dan daya saing di pasar yang kompetitif: Studi pada bisnis kecil menengah. Jurnal Pemasaran Indonesia, 15(1), 72-85.
Rizki, N., Daryanto, M., & Sari, F. (2021). Peran media sosial dalam meningkatkan engagement dan audiens pada bisnis UMKM. Jurnal Pemasaran Digital, 3(1), 59-70.
Sari, I. R., & Rini, M. (2022). Analisis loyalitas pelanggan melalui harga grosir dan kualitas produk pada bisnis fashion. Jurnal Manajemen Pemasaran, 10(4), 110-123
Kurniawan, M., & Suryanto, T. (2020). Efektivitas promosi diskon dalam meningkatkan daya tarik produk pada konsumen. Jurnal Ekonomi dan Perilaku Konsumen, 8(2), 134-145.
Rahmadani, R. D., & Subroto, W. T. (2022). Analisis Strategi Pengembangan UMKM Kabupaten Sidoarjo di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 10(2), 167–181. https://doi.org/10.26740/jpap.v10n2.p167-181
Ritch, E. L., & Siddiqui, N. (2023). Fashioning the Circular Economy with Disruptive Marketing Tactics Mimicking Fast Fashion’s Exploitation of Social Capital: A Case Study Exploring the Innovative Fashion Rental Business Model “Wardrobe.” Sustainability (Switzerland), 15(19). https://doi.org/10.3390/su151914532
Rochdiani, R. F. H. & D. (2021). Soar Strategic for Marketing Strategy Design of Cihuy Chips Home Industry. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 3.
Syahdiyah Sugiartia, W. (2023). Analisis Soar (Strength, Opportunity, Aspiration & Result) Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan Melalui Digital Market. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(2), 25–34. https://doi.org/10.55606/jimak.v2i2.1431
Wahyuningsih, S., & Satriani, D. (2019). Pendekatan Ekonomi Kreatif Terhadap Pertumbuhan Ekonomi. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(2), 195–205. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v8i2.172
Zamista, A. A., & Hanafi, H. (2020). Analisis SOAR pada Strategi Pemasaran di Industri Jasa Finance. Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian Dan Karya Ilmiah Dalam Bidang Teknik Industri, 6(1), 27. https://doi.org/10.24014/jti.v6i1.9335
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Aplikasi Manajemen & Kewirausahaan MASSARO

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.