ANALISIS PENGARUH PRICE, PROMOTION, PEOPLE DALAM STRATEGI PEMASARAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN KREDIT KONSUMTIF PADA PT. BPR HASA MITRA MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.37476/massaro.v4i1.2715Kata Kunci:
Price, Promotion, People, Marketing Performance of Consumer CreditAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: pengaruh harga (price), promosi (promotion) dan orang (people) terhadap kinerja pemasaran kredit konsumtif PT BPR Hasa Mitra Makassar berdasarkan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif asosiatif. Penelitian ini dilakukan pada PT BPR Hasa Mitra Kantor Cabang Utama Makassar dengan alokasi waktu salama dua bulan dari bulan Maret sampai dengan April 2022. Populasi dari penelitian ini adalah semua pegawai PT BPR Hasa Mitra Kantor Cabang Utama sebanyak 51 (lima puluh satu) orang dan seluruh populasi digunakan sebagai obyek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan secara langsung antara price terhadap kinerja pemasaran kredit konsumtif pada PT BPR Hasa Mitra Makassar. 2) Tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan secara langsung antara promotion terhadap kinerja pemasaran kredit konsumtif pada PT BPR Hasa Mitra Makassar. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan secara langsung antara people terhadap kinerja pemasaran kredit konsumtif pada PT BPR Hasa Mitra Makassar. 4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan secara langsung antara price, promotion dan people terhadap kinerja pemasaran kredit konsumtif pada PT BPR Hasa Mitra Makassar.
Referensi
Bank Indonesia. (1992). Undang-Undang No. 10 Tahun 1998 tentang Perubahan atas UndangUndang Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan. Jakarta: Bank Indonesia.
Berita, (2020). Strategi bank mengatur likuiditas di masa pandemic corona. https://keuangan.kontan.co.id/news. Diakses tanggal 25 Maret 2022.
Craven, D,W. (1996). Pemasaran Strategis, edisi keempat, jilid 1 dan 2, terjemahan oleh Salim L Jakarta: Erlangga.
Fahrika Ika A & Roy Juliansyah. (2020). Dampak pandemi covid 19 terhadap perkembangan makro ekonomi di indonesia dan respon kebijakan yang ditempuh. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/INOVASI. Jurnal INOVASI 16 (2), 2020: 206-213.
Kuncoro. (2002). Manajemen Perbankan, Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Lamberti. Lucio, Noci Giuliano Noci. (2010). Marketing strategy and marketing performance measurement system: Exploring the relationship. European Management Journal (2010) 28, 139– 152. Elsevier.
Lao, Yonggris. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran, Citra dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Pada Bank Perkreditan Rakyat di Sulawesi Selatan. Desertasi. Makassar: Universitas Hasanuddin.
Luckett. (1994). Banking, finance and monetary policy in Singapore: International Review of Economics & Finance, Elsevier, vol. 4(4), pages 429-431.
Nguyen, T.N., Phan, T.T., Anh, V.P. (2015). The impact of marketing mix elements on food buying behavior. International Journal of Business and Management Vol. 10(10): 206-215.
Nugroho, Ryan & Japarianto, Edwin. (2013). Pengaruh People, Physical Evidence, Product, Place dan Price terhadap Tingkat Kunjungan di Café Coffee Sozies Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra. Vol. 1, No. 2, (2013) 1-9
Rust, R. T., Ambler, T., Carpenter, G. S., Kumar, V. and Srivastava, R. K. (2004). Measuring marketing productivity: Current knowledge and future directions, Journal of Marketing, Vol. 68, No. 4 : 76-89.
Rust, R. T., Lemon, K. M. and Zeithalm, V.A. (2004). Return on marketing: Using customer equity to focus marketing strategy, Journal of Marketing, Vol. 68, No. 1: 109-127.
Sampurno. (2010). Manajemen Stratejik: Menciptakan Keunggulan Bersaing Yang Berkelanjutan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Siaran Pers, 17 April (2020), Pemerintah Waspada Dampak Pandemi Covid-19 https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/berita. Diakses tanggal 25 Maret 2022.
Swastha, Basu. (2007). Azas-Azas Marketing. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran, Edisi Ketiga. Andi, Yogyakarta.