PENGARUH KOMPETENSI, MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PANGKAJENE DAN KEPULAUAN

Authors

  • Endang Burhan dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten pangkajene dan kepulauan
  • Ahmad Firman Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Fitriany Fitriany Program Pascasarjana Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37476/massaro.v5i2.3847

Keywords:

Kata kunci : profesionalisme pegawai, iklim organisasi, kepemimpinan.

Abstract

Optimalisasi Kinerja Pegawai Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan e-KTP Pengaruh Kompetensi, Motivasi dan  Disiplin Kerja Pegawai Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan e-KTP Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi terhadap kualitas pelayanan e-KTP, untuk menganalisis pengaruh Motivasi terhadap kualitas pelayanan e-KTP, untuk menganalisis pengaruh Disiplin terhadap kualitas pelayanan e-KTP, untuk menganalisis variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap kualitas pelayanan e-KTP pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan.

Penelitian ini menggunakan dengan metode sampling jenuh, responden sebanyak 51 orang pegawai pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan dengan teknik analisa data kuantitatif dengan menggunakan program SPSS Ver. 25. Hasil penelitian pada variabel kompetensi tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan dengan nilai t hitung lebih kecil dari t tabel (0,195 < 2,012). Variabel motivasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan. Variabel disiplin kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Variabel kompetensi, motivasi dan disiplin kerja secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan, dengan nilai Fhitung > Ftabel atau 89,544 > 2,798. Variabel Disiplin kerja adalah variabel yang paling dominan berpengaruh positif terhadap kualitas pelayanan dengan nilai sebesar 0,550.

References

Agus Dwiyanto, 2011. Manajemen Pelayanan Publik: Peduli, Inklasif, dan Kolaboratif,Yogyakarta: Gadjah Mada University Press,
Dessler, G. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. dalam Pelatihan dan Pengembangan. Jakarta: Pearson
Fahmi, I. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia Teori dan Aplikasi. ALFABETA.
Gulo, W. 2004. Metodelogi Penelitian. Jakarta: Grasindo
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Hasibuan, Malayu S.P, 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Askara.
Hamali, Arif Yusuf. 2016. Pemahaman Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: CAPS
Latief, A., Pribadi, K., Zati, M.R. 2018. Analisis Faktor-Faktor yang
Mempengaruhi Kinerja Karyawan. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial. Vol 10, No 2. ISSN 11137-24114. Telah terakreditasi SINTA 3, SK 30/3/KPT/2018
Muhaimin, 2004. Wacana Pengembangan Pendidikan Islam, Yogyakarta :
Pustaka. Pelajar
Mulyasa, 2013, Pengembangan dan Implentasi Pemikiran Kurikulum. Rosdakarya
bandung
Mathis dan Jackson, 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.
Moenir, 2006. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Jakarta:Bumi Aksara
Nur Rohmah, 2018. Strategi Dalam Mengoptimalkan Kinerja Pelayanan Masyarakat di KUA Kalirejo Lampung Tengah, Lampung: Fakultas Dakwah dan Ilmu
Pardede, Ratlan. Manurung, Renhard. 2014. “Analisis Jalur”. Jakarta: Rineka Cipta
Prihadi, F. 2004. Assesment Centre: Identifikasi, Pengukuran dan Pengembangan Kompetensi. Jakarta: Gramedia Pustaka, 2004
Ratminto dan Winarsih Atik Septi, 2012. Manajemen Pelayanan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Spencer, M. Lyle dan Spencer, M. Signe., 1993. Competence at Work., Canada: John Wiley & Sons, Inc
Sutrisno, E. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia (Cetakan ke-8). Jakarta: Kencana.
Wibowo, 2016. Manajemen Kinerja. Jakara: PT Raja Grafindo Persada
Yanhar Jamaludin, 2016. Model Peningkatan Kualitas, Jurnal Tapis, Vol 12 No 1.
Zeithaml and Berry, F. 2015. Prinsip-prinsip Total Quality Service. Yogyakarta.

Downloads

Published

2023-08-28

How to Cite

Burhan, E., Firman, A., & Fitriany, F. (2023). PENGARUH KOMPETENSI, MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PANGKAJENE DAN KEPULAUAN. Jurnal Aplikasi Manajemen & Kewirausahaan MASSARO, 5(2), 84–95. https://doi.org/10.37476/massaro.v5i2.3847

Most read articles by the same author(s)