Pengaruh pendidikan, pelatihan dan disiplin Sumber daya manusia terhadap kinerja Pegawai pada AMI-AIPI Makassar

  • Ismai Ismail STIE Nobel Indonesia
  • Muhammad Idris STIE Nobel Indonesia Makassar
  • Asri Asri STIE Nobel Indonesia Makassar
Keywords: Pendidikan, Pelatihan, Displin, Kinerja Pegawai, Education, Training, Discipline, Employee Performance

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui dan menganalisis pengaruh Pendidikan, pelatihan dan disiplin secara parsial terhadap kinerja pegawai di AMI-AIPI Makassar, (2) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pendidikan, pelatihan dan disiplin sumber daya manusia secara simultan terhadap kinerja pegawai pada AMI-AIPI Makassar, (3) Untuk mengetahui dan menganalisis variabel mana yang paling dominan berpengaruh terhadap kinerja pegawai pada AMI-AIPI Makassar.

Desain penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Skala pengukuran data penelitian ini menggunakan skala likert. Pengujian instrumen penelitian menggunakan tingkat validitas dan realibilitas. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisa data kuantitatif yang diperoleh dari hasil kuesioner dengan menggunakan analisis regresi linier berganda (multiple regression analysis). Analisis linier berganda dilakukan untuk melihat pengaruh variabel independen (X) yang ditunjukkan oleh Pendidikan, Pelatihan dan Disiplin terhadap variabel dependen (Y) yang ditunjukkan oleh Kinerja.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Secara simultan menunjukkan bahwa variabel pendidikan, pelatihan dan disiplin berpengaruh terhadap kinerja pegawai yang berarti bahwa peningkatan pendidikan, pelatihan dan disiplin akan mempengaruhi  peningkatan kinerja pegawai AMI-AIPI Makassar sebesar 97,2%.

 

This study aims to (1) Know and analyze the effect of education, training and discipline partially on employee performance at AMI-AIPI Makassar (2) determine and analyze the effect of education, training and human resource discipline simultaneously on employee performance at AMI- AIPI Makassar (3) determine and analyze which variables have the most dominant influence on employee performance at AMI-AIPI Makassar.

The study design used is quantitative research. The scale of measuring the data in this study uses the Likert scale. The data analysis technique used is quantitative data analysis techniques obtained from the results of the questionnaire using multiple linear regression analysis (multiple regression analysis). Multiple linear analysis was carried out to see the effect of the independent variable (X) shown by Education, Training, and Discipline on the dependent variable (Y) as indicated by performance.

The results show that simultaneously it shows that the variables of education, training and discipline have an effect on employee performance, which means that an increase in education, training and discipline will affect the performance of AMI-AIPI Makassar employees by 97.2%

References

Azmi, Yan, 2015. Pengertian Informasi. http://yanazami.blogspot.com/2015/ll/ pengertian-informasi.html. 3/11/2015

Bangun, Wilson. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Hamalik, Oemar. 2006. Pengembangan Sumber Daya Manusia, Manajemen Training Ketenagakerjaan, Pendekatan Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan, Malayu S.P. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

, 2012. Manajemen Dasar: Pengertian dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2012. Evaluasi Pengembangan Tupoksi SDM. Bandung: PT Refika Aditama.

Moeheriono. 2010. Pengukuran Pengembangan Tupoksi Berbasis Kemampuan ~ Competency Based Human Resources Management. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia

Mulyadi dan Johny, Setyawan, 2012. Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen, Edisi Kedua, Cetakan Pertama, Penerbit Aditya Media, Yogyakarta.

Nurfitriana, dkk. 2005. Teknologi informasi, sistem pengukuran Pengembangan Tupoksi, dan sistem penghargaan sebagai pemoderasi hubungan antara total quality management dengan Pengembangan Tupoksi manajerial. Akuntabilitas, Vol. 5, 2005.

Poerwopoespito, F.X. Oerip. S dan T.A. Tatag Oetomo. 2006. Mengatasi Krisis Manusia di Perusahaan. Jakarta: Grasindo.

Royen, Rum 2012. Profesionalisme Aparalur Pemda Tobasa.Jurnal. Medan: USU Seesar, Yolivia, Astrianiez, 2010. Perbandingan Implementasi insourching, Consourching dan Outsourcing Dalam Pengembangan Sistem Informasi. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Sudarmanto. 2009. Pengembangan Tupoksi dan Pengembangan Pengetahuan SDM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suuyolo, Dauang. 2012. Teori, Kuesiuner, Dun Aiiulisis Dulu Sumber Daya Manusia (Praktik Penelitian). Jakarta: CAPS (Cerjter for Academic Publishing Service).

Sutarman, 2009. Pengaruh TQM terhadap Pengembangan Tupoksi Managerial dengan sistem Pengukuran Pengembangan Tupoksi dan Sistem Penghargaan sebagai variabel moderating (studi empiris pada Hotel di Indonesia) Simposium Nasional Akuntansi VI Surabaya, 16-17 Oktober 2009).

Sutrisno, Edy. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tjokrowinoto, Muljarto. 2006. Pembangunan, Dilema dan Tantangan. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Wibowo. 2012. Manajemen Pengembangan Tupoksi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Published
2021-03-31
How to Cite
Ismail, I., Idris, M., & Asri, A. (2021). Pengaruh pendidikan, pelatihan dan disiplin Sumber daya manusia terhadap kinerja Pegawai pada AMI-AIPI Makassar. Nobel Management Review, 2(1), 86-94. https://doi.org/10.37476/nmar.v2i1.1757

Most read articles by the same author(s)