Pengaruh pendidikan dan pelatihan, kompensasi dan kepuasan kerja guru terhadap kinerja guru gugus 1 kecamatan pasimasunggu Kabupaten kepulauan selayar
DOI:
https://doi.org/10.37476/nmar.v2i2.1859Keywords:
Pendidikan dan Pelatihan, Kompensasi, Kepuasan Kerja Guru, Kinerja Guru, Influence training education, Compensation and Work Satisfaction to Teacher PerformanceAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: pengaruh pendidikan dan pelatihan, kompensasi dan kepuasan kerja guru terhadap kinerja guru gugus 1 kecamatan pasimasunggu kabupaten kepulauan Selayar. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode sampling jenuh (sensus) yakni dengan menentukan semua populasi sebagai sampel total sebanyak 50 orang guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Terdapat pengaruh positif dan signifikan pendidikan dan pelatihan secara sendiri-sendiri (parsial) terhadap kinerja guru gugus 1 Kecamatan Pasimasunggu Kabupaten Kepulauan Selayar, dengan titung= 3.654, 6.741 dan 3.227 >tabel = 2,012. Tolak H0, Terima H1. sehingga pendidikan dan pelatihan berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru gugus 1 Kecamatan Pasimasunggu Kabupaten Kepulauan Selayar. Terdapat pengaruh positif dan signifikan kepuasan kerja guru secara bersama-sama (simultan) terhadap kinerja guru gugus 1 Kecamatan Pasimasunggu Kabupaten Kepulauan Selayar, dimana Fitung = 107.047 > Fabel = 2.81. TolakH0, Terima H1, Variabel kompensasi yang paling dominan terhadap kinerja guru gugus 1 Kecamatan Pasimasunggu Kabupaten Kepulauan Selayar dilihat dari nilai determinasi yang paling besar yaitu 1,049.
This study aims to determine and analyze: Influence training education, Compensation and Work Satisfaction to Teacher Performance group 1 district Pasimasunggu Selayar Island. The sample selection in this study was carried out using the saturated sampling method (census), namely by determining all populations as a total sample of 50 employees. The results showed that: There was a positive and significant effect of competency individually (partially) on the performance of the Selayar Island Secretariat staff, with a count of 3.654, 6.741 and 3.227> table = 2.012. Reject H0, Accept H1. so that competence has a significant effect on the performance of Selayar Island. There is a positive and significant effect of motivation together (simultaneously) on the performance of Selayar Island, where Fitung = 107.047> Fable = 2.81. TolakH0, Accept H1, The most dominant compensation variable on the performance of Regency Selayar Island is seen from the greatest determination value, 1.049
References
Admodiwirio, (2013) Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Ardadizyajay.
Anik Insyiah, (2011) Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan Pada BMT Usaha Gabungan Terpadu (UGT) Sidogiri Pusat Dan Cabang Malang
Anis Yasinta, (2018)dengan judul Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Mts Negeri 1 Bandar Lampung
Anoraga Panji, 2014. Psikologi Kerja. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Asf, Jasmani & Syaiful Mustofa. 2013. Supervisi Pendidikan: Terobosan Baru dalam Peningkatan Kinerja Pe ngawas Sekolah dan Guru. Jokjakarta: ArRuzz Media.
Burhanudin, Imron, Ali, Maisyaroh, 2012, Manajemen Pendidikan Wacana proses dan Aplikasinya di Sekolah, Malang: Univ Negeri Malang
Danim, Sudarwan, 2012, Inovasi Pendidikan Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan, Cet Pertama, Bandung:CV Pustaka setia
Davis, Keith & Newstrom, John W, 2016, Perilaku dalam Ortganisasi, penerjemah Agus Darma, Edisi Kedua, Jilid I, Jakarta: Penerbit Erlangga
Dessler, Gary, 2013, Manajemen Sumber Daya Manusia, Human Ressauce Management 7 c, Edisi Indonesia, Jilid 2, Jakarta: Prenhalindo
Edot Marta Sumarta. 2012. Pengaruh Rekrutmen dan Pelatihan Terhadap Prestasi Kerja Pada PT. Benua Etam Jaya Mandiri.
Faraditha, Ariza luky. 2013. Pengaruh Program Training (Pelatihan) terhadap Kualitas Karyawan Pada Bagian Administrasi PT Sucofindo Cabang Samarinda.
Gibson, James L, John M, Ivancevich dan James H. Donelly, Jr 2011,
Organizations: Behavior, Structur, Processes. (Homewood, III:Richard Irwin.
Ghozali, (2018). Aplikasi analisis Multivariate dengan Program IBM
Handoko, Hani. T, 2012, Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Jakarta : F.E. UGM
Hasibuan, Malayu S.P, 2017, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara
Howell, william. C dan Robert L. Diploge, 2016, Essentials of Industrial and Organizational Psychology,3 rd. et, Chicago Millionis: DorssyPress
Ilham Ramadhan, 2017 Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Judul: Pengaruh Media Hoolaholes Terhadap Konsentrasi Siswa Tunagrahita di SLB Pancaran Iman Bandung
Mangkunegara, Anwar Prabu, 2015, Manajemen Sumber Daya Manusia perusahaan, Bandung: Remaja Rosdakarya
Mathis dan Jackson, 2015, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi kelima, Yogyakarta.
Muhammad Yani (2013), dengan judul Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Teknis Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Pada Dinas Sosial Dan Tenaga Kerja Kota Tanjungpinang
Nadler, L. 2012, Designing Training Programs: The Critical Event Model, Calofornia: Addison-Wesley Publishing Company, Inc
Notoatmojo Soekidjo, 2013, Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: Rineka Cipta
Nurcahyani, Ni Made dan Adnyani, I.G.A Dewi. 2016. Pengaruh Kompensasi dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Interventing.
Nurtain. (2012). Pengembangan & Inovasi Kurikulum. Jakarta: Depdikbud.
Robbins, Stephen P. 2016, Perilaku Organisasi, Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia
Robbins, P. Stephen & Judge, Timothy A. 2017, Organizational Behaviour,
Sanusi , 2011, Studi Pembangunan Model Pendidikan Profesional Tenaga Pendidikan, Jakarta : Depdikbud
Simamora, Henry, 2017, Manajemen Sumberdaya Manusia, Jogjakarta: STIE YKPN
Steers, Ricard, 2015, Efektifitas Organisasi, Terjemahan Madgalena Jamil Jakarta: Erlangga
Sudjana, Nana & Ibrahim. (2012). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: CV. Alfabeta.
Syptak, J Michael, Marsland, David W, Ulmer, Deborah, 2015, Job Satiscafition: Putting Theory into Practice.
Toeti Soekamto dan Udin S. Winataputra (2015). Teori Belajar dan Model – Model pembelajaran. Jakarta: Ditjen Dikti, Depdiknas.
Wexley & Yukl, 2012, Perilaku Organisasi dan Psikologi Personalia, Rineka, Jakarta.