PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI, SARANA PEMBELAJARAN, KEBIJAKAN INTERNAL PENDIDIKAN TERHADAP MUTU PEMBELAJARAN SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI MAJENE
Keywords:
Teknologi informasi, Sarana pembelajaran, Kebijakan, Mutu PembelajaranAbstract
Peningkatan mutu suatu perguruan tinggi dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti kebijakan, sarana prasarana, dan yang saat ini penting untuk menopang aktivitas Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yaitu fasilitas internet. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan faktor Teknologi Informasi, Sarana Pembelajaran, dan Kebijakan Internal Pendidikan terhadap Mutu Pembelajaran baik secara parsial maupun simultan serta menentukan faktor dominan yang berpengaruh. Penelitian dilaksanakan di STAIN Majene Sulawesi Barat. Populasi pada penelitian ini yaitu dosen dan mahasiswa STAIN Majene. Penentuan responden penelitian berdasarkan purposive sampling dengan tingkat kesalahan 5% sehingga diperoleh jumlah responden sebanyak 101 responden Uji hipotesis menggunakan model regresi linear berganda dengan terlebih dahulu memastikan data yang diperoleh telah memenuhi kriteria kualitas data dan asumsi klasik. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Teknologi Informasi, Sarana Pembelajaran, dan Kebijakan Pendidikan berpengaruh signifikan (p<0,05) baik secara parsial maupun simultan. Adapun variabel yang menjadi faktor dominan yaitu Kebijakan Internal Pendidikan sebesar 25,3%
References
Aan, Komariah dan Engkoswara. 2012. Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Abdul Hadis dan Nurbaya 2014. Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Abdul Wahab, Solichin. 2012. ANALISIS KEBIJAKAN: Dari Formulasi ke penyusunan Model-Model Implementasi Kebijakan Publik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Adisel dan Ahmad G. 2020. Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Sistem Manajemen Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid 19. ALIGMENT . 3 (1): 1-10
Agustino, Leo. 2016. Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung. Alfabeta.
Alfiani, Arifah. 2016. Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Administrasi Akademik di Subbag Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Amri Marzali 2012. Antropologi dan Kebijakan Publik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Arafah, K. 2019. Pengaruh Sarana Prasarana Akademik, Kualitas Mengajar Dosen, Atmosfer Akademik dan Motivasi Soswa terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Parameter. 29(2): 167-185.
Arikunto, Suharsimi., Yuliana, Lia. 2012. Manajemen Pendidikan. Cetakan 2. Yogyakarta : Aditya Media.
Mustari, Muhammad. 2014. Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Purwandani, Dela, C. Sutarsih, Sururi. 2016. Pengaruh Mutu Layanan Sarana Prasarana terhadap Kepuasan Mahasiswa di Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal ADPEND, __ : 80-90.
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu : Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta : Rajawali Pres.
Sudrajat, Ajat. 2011. Mengapa Pendidikan Karakter?. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1): 47-58.
Sugilar, H 2013. Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif dan Disposisi Matematik Siswa Madrasah Tsanawiyah Melalui Pembelajaran Generatif. Infinity Journal, 2(2) : 156-168
Suharto, Edi. 2014. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat (Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial & Pekerjaan Sosial). Jakarta : PT.Refika Aditama
Syuryadi, S., Asbara, N. W., & Nurani, N. (2021). MULTIMEDIA-BASED COMPUTER NETWORK MEDIA APPLICATIONS. Jurnal Teknologi dan Open Source, 4(2), 240-247.
Trahati. M.R. 2015. Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar Negeri Tritih Wetan 05 Jeruklegi Cilacap. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Turban, E. Rainer, Potter. 2011. Introduction to Information Systems : Enabling and Transforming Business. 2nd Edition. USA : John Wiley & Sons, Inc.
Warsita, Bambang. 2011. Pendidikan Jarak Jauh. Bandung. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Wirawan. M.A dan Achmad S. 2020. Pengaruh Teknologi nformasi dan Komunikasi dalam Sistem Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Seminar Nasional Jurusan Administrasi Pendidikan FIP Univ Negeri Malang.
Zahroh, Aminatul. 2014. Total Quality Management; Teori & Praktek Manajemen Dalam Mendongkrak Mutu Pendidikan. Yogyakarta; AR-RUZZ MEDIA.