Upaya Korporasi Mengevaluasi Tanggung Jawab Sosial Dalam Konteks Pelaporan Berkelanjutan
Keywords:
Akuntabilitas Perusahaan, Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Pelaporan Berkelanjutan., Corporate Accountability, Corporate Social Responsibility, Sustainable Reporting.Abstract
Pada setiap pembicaraan tentang bagaimana melaporkan tanggung jawab sosial tentu harus mempertimbangkan tanggung jawab organisasi. Apakah perusahaan bertanggung jawab kepada pemilik langsung mereka sendiri (pemegang saham) atau apakah mereka memiliki kewajiban kepada masyarakat luas di mana mereka beroperasi. Tentu saja, banyak organisasi menyatakan secara terbuka bahwa mereka meminta pertanggungjawaban mereka kepada pihak selain pemegang saham. Sebuah perusahaan harus secara sukarela mengungkapkan kepada publik tentang kinerja sosial dan lingkungannya, yang berarti bahwa manajer mengakui bahwa mereka bertanggung jawab kepada kelompok-kelompok yang relevan di negara ini, tidak hanya dalam hal kinerja keuangan mereka tetapi juga kinerja sosial dan lingkungan mereka. Aspek lingkungan ini harus dijelaskan dalam banyak kemajuan dalam pelaporan tanggung jawab sosial publik mereka, berharap bahwa semua pemegang saham sepenuhnya menyadari posisi keuangan dan kinerja operasi mereka, kegiatan, risiko, prospek bisnis dan keberlanjutan perusahaan. Perusahaan harus mengungkapkan akuntansi mereka untuk lingkungan sosial ekonomi yang lebih luas seperti tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), yang berisi peta sosial, menunjukkan keselarasan tujuan antara perusahaan dan masyarakat.
At any talk about how to report social responsibility must certainly consider the responsibilities of the organization. Whether the company is accountable to their own direct owners (shareholders) or whether they have obligations to the wider community in which they operate. Of course, many organizations state publicly that they hold them accountable to parties other than shareholders. A company must voluntarily disclose to the public about its social and environmental performance, which means that managers recognize that they are accountable to relevant groups in the country, not only in terms of their financial performance but also their social and environmental performance. This aspect of the environment should be explained in many advances in their public social responsibility reporting, hoping that all shareholders are fully aware of their financial position and operating performance, activities, risks, business prospects and sustainability of the company. Companies must disclose their accounting for the broader socioeconomic environment such as corporate social responsibility (CSR), which contains a social map, showing the alignment of goals between the company and society.