PENGARUH PROMOSI DAN MANAJEMEN MUTU ISLAMI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MEMILIH PRODUK BANK SYARIAH DI KOTA MAKASSAR
Keywords:
Promosi, Manajemen Mutu Islami, Keputusan, Bank SyariahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Promosi dan Manajemen Mutu Islami terhadap Keputusan Nasabah Memilih Produk Bank Syariah di Kota Makassar. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi berganda. Data dikumpulkan melalui kuesioner online (google form) dengan skala likert yang disebarkan kepada nasabah bank syariah di Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial promosi produk bank syariah tidak berpengaruh terhadap Keputusan nasabah memilih produk bank syariah. Demikian juga variabel manajemen mutu islami tidak berpengaruh terhadap keputusan nasabah memilih poduk bank di Kota Makassar. Secara simultan variabel promosi dan manajemen mutu Islami belum memperi pengaruh dan kontribusi terhadap Keputusan nasabah memilih produk bank syariah di Kota Makassar. Rekomendasi penelitian ini menekankan strategi khusus untuk promosi dan literasi keuangan syariah secara intensif dan peningkatan manajemen mutu islami, sehingga mampu memantik dan memengaruhi keputusan nasabah memilih produk-produk bank syariah.
References
Abubakar, H. A. (2015) Entrepreneurship development and financial literacy in Africa. World Journal of Entrepreneurship, Management and Sustainable Development. Vol. 11 (4), 281–294.
Arqam. (2011). Riba dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Hadis. STAIN Kerinci: Jurnal al-Qisthu. Vol. 06 No. 02 Januari- Juli, ISSN No. 1858-1099.
Hasanuddin, R., SS, A. S., Nofrianto (2016). Pengaruh Produk, Pelayanan dan Promosi terhadap Keputusan Nasabah untuk Menabung di Bank Syariah. Jurnal Perbankan Syariah, Vol. 1 No. 1 Mei (2016), ISSN: 2527 - 6344
Hasibuan, L. (2022). Konsep Promosi Sesuai dengan Syariat Islam. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis Islam, Vo. 3 (6):1244–52.
Lantara, I. W. N., Kartini, N. K. R. (2015). Financial Literacy Among University Students: Empirical Evidence From Indonesia. Journal of Indonesian Economy and Business, Nomor 30 (3), 247–256.
Madnasir. (2011). Distribusi Dalam Sistem Ekonomi Islam. Bandar Lampung: IAIN, Vol 2:57–71.
Mujib, A. (2016). Manajemen Strategi Promosi Produk Pembiayaan Perbankan Syariah. Jurnal Perbankan Syariah, Vol. 1 No. 1 Mei, ISSN: 2527 – 6344, h. 75
Mustakim. (2019). Dasar Hukum dan Filosofi Distribusi dalam Ekonomi Islam. Al-Mizan: Jurnal Ekonomi Syariah. 2(1): 68–87.
Pasaribu. (2018). Bauran Promosi. Angewandte Chemie International Edition, Vol. 6 (11), 951–952. 9.
Rinawati, I., Chotib, R., Sari, U. M. (2022). Strategi Promosi Perspektif Ekonomi Islam Guna Meningkatkan Jumlah Pengunjung di Wisata Edukasi ‘Kampung Nanas’ Desa Palaan Kabupaten Malang. Al-Tsaman : Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam, Vol. 4 (1):89–99.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran, edisi-4. Jakarta: Andi.
Yulianto, A. (2018). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah terhadap Keputusan Penggunaan Produk atau Jasa Lembaga Keuangan Syariah. Skripsi. Universitas Islam Indonesia.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2025 Nobel Management Review

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.