Pengaruh Pelayanan Terdepan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT Astra Internasional Tbk - Motor Di Makassar

Authors

  • Nurhani Nurhani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YPUP Makassar
  • Fitri Indah Sari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YPUP Makassar

DOI:

https://doi.org/10.37476/nmar.v3i2.2931

Keywords:

RATER Responsiveness, Assurance, Tangible, Empathy dan Reliability. Melayani dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen

Abstract

Pertumbuhan industri otomotif sepeda motor pada saat ini diyakini masih akan tetap menjadi industri yang cepat pertumbuhannya dengan industri lain. Tingginya tingkat penggunaan sepeda motor secara umum dapat dipandang sebagai kesempatan untuk memperluas market share. Namun perlu diingat bahwa karena tingginya tingkat persaingan, maka seorang pelanggan akan memiliki lebih dari satu preferensi penyedia jasa otomotif, dimana jasa otomotif yang dimaksud adalah Service Centret (bengkel) sehingga sulit untuk menentukan tingkat kepuasan pelanggan. Sektor layanan jasa pada bidang service sepeda motor semakin bersaing dewasa ini, dengan semakin banyaknya pesaing yang bergerak di bidang yang sama. Sektor jasa merupakan sektor yang paling besar mengalami perubahan sebagai akibat dari cepatnya perubahan yang dialami oleh faktor lain, seperti perubahan kebijakan dalam kaitan globalisasi serta perubahan teknologi baru yang secara langsung menaikkan iklim kompetisi dalam bidang industri sepeda motor.

References

Buchari, Alma, 2019, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan kedelapan, Bandung: Alfabeta
Basu Swastha, 2018, Pengantar Bisnis Modern, Pengantar Ekonomi Perusahaan. Modern, Jakarta : Liberty.
Engel, James F, et.al., 2015, Consumen Behavior, Alih Bahasa: Budiyanto, Jilid 1.
Kotler, Philip dan gary Armstrong, 2015, Dasar-dasar Pemasaran, Jilid 1, Edisi Kesembilan, Jakarta, PT. Indeks Gramedia
Margaretha, 2018. Kualitas Pelayanan: Teori dan Aplikasi. Penerbit Mandar Maju, Jakarta.
Shadiqqin, 2018. Implementasi Dimensi Kualitas Pelayanan Konsumen. Penerbit Sinar Grafika,Jakarta Martul,.
Norman, Davis, 2016. Service Management System. Prentice Hall Ohio University Press, USA.
Nur Nasution, Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management), (Bogor :Ghalia Indonesia, 2015),
Parasuraman, A. Valerie, 2018. (Diterjemahkan oleh Sutanto) Delivering Quality Service. The Free Press, New York.
Philip Kotler, Manajemen Pemasaran : Analisis, Implementasi, dan Kontrol, edisi ke-9 Jilid 1 (Jakarta : PT. Prenhalindo, 16),
Rambat Lupiyoadi, 2019, Manajemen Pemasaran Jasa (Teori dan Praktik), Salemba Empat, Jakarta.
Sugiarto, Endar. 2018. Psikologi Pelayanan Dalam Industri Jasa. Jakarta. Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tjiptono,2088, Strategi Bisnis Pemasaran. Andi. Yogyakarta.
Zeithaml, Valarie A and Mary Jo Bitner. 2017. Service Marketing. Singapore: Mc Graw-Hill Companies Inc.: 3-287.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Nurhani, N., & Sari, F. I. (2022). Pengaruh Pelayanan Terdepan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT Astra Internasional Tbk - Motor Di Makassar. Nobel Management Review, 3(2), 189–203. https://doi.org/10.37476/nmar.v3i2.2931