PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN, KOMPETENSI GURU DAN KINERJA KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU PADA TAMAN KANAK-KANAK SE-KECAMATAN BONTOHARU KABUPATEN KEPULAUN SELAYAR

https://doi.org/10.37476/nmar.v3i3.3278

Authors

  • Andi Nurlia andi nurlia
  • Ahmad Firman Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Syarifuddin Syarifuddin Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

Keywords:

Media Pembelajaran, Kompetensi Guru, Kinerja Kepala Sekolah dan Kinerja Guru., Learning Media, Teacher Competence, Principal Performance and Teacher Performance.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) pengaruh secara parsial media pembelajaran terhadap kinerja guru TK se-Kecamatan Bontoharu Kabupaten Kepulauan Selayar (2) pengaruh secara parsial kompetensi guru terhadap kinerja guru TK se-Kecamatan Bontoharu Kabupaten Kepulauan Selayar (3) pengaruh secara parsial kinerja kepala sekolah terhadap kinerja guru TK se-Kecamatan Bontoharu Kabupaten Kepulauan Selayar (4) pengaruh secara simultan media pembelajaran, kompetensi guru dan kionerja kepala sekolah terhadap kinerja guru TK se-Kecamatan Bontoharu Kabupaten Kepulauan Selayar

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif eksplanatori. Penelitian ini dilaksanakan pada Taman Kanak-Kanak Se-Kecamatan Bontoharu Kabupaten Kepulauan Selayar. Waktu penelitian dilakukan mulai bulan Mei-Juni 2021. Dengan jumlah populasi 52 orang guru. Analisis data menggunakan regresi linier berganda.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial media pembelajaran terhadap kinerja guru TK se-Kecamatan Bontoharu Kabupaten Kepulauan Selayar (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial kompetensi guru terhadap kinerja guru TK se-Kecamatan Bontoharu Kabupaten Kepulauan Selayar (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial kinerja kepala sekolah terhadap kinerja guru TK se-Kecamatan Bontoharu Kabupaten Kepulauan Selayar (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan media pembelajaran, kompetensi guru dan kinerja kepala sekolah terhadap kinerja guru TK se-Kecamatan Bontoharu Kabupaten Kepulauan Selayar.

 

This study aims to analyze (1) the partial effect of learning media on the performance of kindergarten teachers in Bontoharu District, Selayar Islands Regency (2) the partial influence of teacher competence on the performance of kindergarten teachers in Bontoharu District, Selayar Islands Regency (3) the partial effect of performance principals on the performance of kindergarten teachers in Bontoharu District, Selayar Islands Regency (4) the simultaneous influence of learning media, teacher competence and principal's performance on the performance of kindergarten teachers in Bontoharu District, Selayar Islands Regency

The research approach used is an explanatory quantitative approach. This research was conducted in Kindergartens throughout the Bontoharu District, Selayar Islands Regency. The time of the study was carried out from May to June 2021. With a population of 52 employees. Data analysis used multiple linear regression.

The results of this study indicate that (1) there is a positive and partially significant effect of learning media on the performance of kindergarten teachers in Bontoharu District, Selayar Islands Regency (2) there is a partial positive and significant influence on teacher competence on the performance of kindergarten teachers in Bontoharu District, District Selayar Islands (3) there is a positive and significant influence partially on the performance of school principals on the performance of kindergarten teachers throughout the Bontoharu District, Selayar Islands Regency (4) there is a simultaneous positive and significant influence on learning media, teacher competence and principal performance on the performance of kindergarten teachers throughout - Bontoharu District, Selayar Islands Regency

References

Aina Mulyana. 2019. Iindikator Dan Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Guru.Aktual, Inspiratif, Normatif, dan Aspiratif (AINA)
Asbara, N. W. (2020). Pemanfaatan Augmented Reality (AR) Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Huruf Hijaiyyah Berbasis Android. Journal of Computer Science and Visual Communication Design, 5(1), 1-9.
Bambang Rudito, et al. 2016. Aparatur Sipil Negara Pendukung Reformasi Birokrasi.Jakarta :Prenadamedia Group
Benjamin Bukit, et al. 2017. Pengembangan Sumber Daya manusia. Yogyakarta: Zahir Publishing.
Deni Ariska. 2018. Pengaruh Motivasi, Disiplin Kerja dan Keselamatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Arumbai Kasembadan Banyumas. Purwokerto:Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Desi Saputra Rafiie (2018).“Pengaruh Kompetensi, Gaya Kepemimpinan, Budaya Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Dan Dampaknya Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupten Aceh Barat”.
Edy Cahyana. 2018. Pengaruh Budaya Organisasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMK Muhammadiyah 5 Purwokerto Kabupaten Wonogiri.Ponorogo :Institut Agama Islam Negeri (IAIN).
Ekawati, N., Sarjan, M., & Hidayat, A. I. (2021, May). DIGITAL E-LEARNING PADA TPA MADINATUL ILMI MASJID KERAJAAN BALANIPA MANDAR. In Journal Peqguruang: Conference Series (Vol. 3, No. 1, pp. 130-133).
Ghozali (2016).Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS.Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Hardani, et al. 2020.Metode Penelitian kualitatif dan kuantitatif. Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu Group.
Hari Sulaksono. 2015. Budaya Organisasi dan Kinerja.Yogyakarta: Group Penerbitan CV Budi Utama.
Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Di SD Negeri 2 Fajar Indah Kabupaten Bangka Selatan.LENTERNAL: Learning and Teaching Journal ISSN: 2721-9054 (Online) Vol. 1, No. 2, 2020, Hal. 23-30
Marno Nugroho et al. 2020. Pengaruh Pelatihan, Motivasi, Kompetensi Terhadap Kinerja Sumber Daya Manusia.Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia.

Published

2022-09-30

How to Cite

Nurlia, A., Firman, A., & Syarifuddin, S. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN, KOMPETENSI GURU DAN KINERJA KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU PADA TAMAN KANAK-KANAK SE-KECAMATAN BONTOHARU KABUPATEN KEPULAUN SELAYAR. Nobel Management Review, 3(3), 382–389. https://doi.org/10.37476/nmar.v3i3.3278