ANALISIS PENGARUH KONTEN MEDIA SOSIAL DAN INOVASI LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI LIFESTYLE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA APLIKASI SHOPEE DI KOTA MAKASSAR

https://doi.org/10.37476/nmar.v3i4.3456

Authors

  • Sumaryadi Sabil Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Muhammad Hidayat Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Asri Asri Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

Keywords:

Konten Media Sosial, Inovasi Layanan, Lifestyle, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh langsung maupun tidak langsung antara konten media sosial dan inovasi layanan terhadap keputusan pembelian melalui lifestyle sebagai variabel intervening pada aplikasi Shopee di Kota Makassar. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yakni pengguna aplikasi Shopee di Kota Makassar sebanyak 170 orang, penentuan ukuran sampel berdasarkan rumus Hair dimana besaran sampel adalah 5-10 kali dari jumlah indikator. Penelitian ini menggunakan 17 indikator dikali 10 sehingga jumlah sampel menjadi 170. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan pendekatan purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Partial Least Square menggunakan aplikasi Smart PLS.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Konten media sosial berpengaruh terhadap keputusan pembelian (2) Inovasi layanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian (3) Lifestyle berpengaruh terhadap keputusan pembelian (4) Konten media sosial tidak berpengaruh terhadap lifestyle (5) Inovasi layanan berpengaruh terhadap lifestyle (6) Konten media sosial melalui lifestyle tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian (7) Inovasi layanan melalui lifestyle berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada aplikasi Shopee di Kota Makassar

References

Aaker, David A. (2013). Manajemen Pemasaran Strategis. Edisi 8. Jakarta: Salemba Empat.
Abdul Wahid Muslim. (2018). Pengaruh Media Sosial, E-Service Quality dan Harga terhadap Keputusan Pembelian yang di Mediasi oleh Gaya Hidup. Vol 6 No 2 (2018) 145 – 162.
As’ ad, H. A.-R., & Alhadid, A. Y. (2014). The impact of social media marketing on brand equity: An empirical study on mobile service providers in Jordan. Review of Integrative Business and Economics Research, 3(1), 315.
Bambang Setia Wibowo dan Diaz Haryokusumo. (2020). Peluang Revolusi Industri 4.0 Bidang Pemasaran: Pemanfaatan Aplikasi E-Commerce, Sosial Media Instagram dan Digital Marketing terhadap Keputusan Instant Online Buying Konsumen Generasi Millenial. Vol 3 No 2 (2020).
Delafrooz, Narges et.al. (2013). The impact of service innovation on consumer satisfaction. Vol. 3 No.2.
Dhewanto, Wawan dkk. (2014). Manajemen Inovasi Peluang Sukses Menghadapi Perubahan. Yogyakarta: Andi.
Dotzel, Thomas, Venkatesh S, Leonard L. Berry. (2013). Service Innovativeness and Firm Value, Journal of Marketing Research, (online). Vol. 50 No. 2 (2013) 259 – 276.
Evans, D. (2010). Digital Marketing & Social Media. Wiley.
Frengky Gunawan, Adhi Setyo Santoso, Andi Ina Yustina dan Filda Rahmiati (2022) dengan judul “Examining the Effect of Radical Innovation and Incremental Innovation on Leading E-Commerce Startups by Using Expectation Confirmation Model”. 197 (2022) 393 – 402.
Hertog, Pim den dan Ron Bilderbeek. (1999). Conceptualising Service Innovation and Service Innovation Patterns, Research Programme on Innovation in Services (SIID) for the Ministry of Economic Affairs, Dialogic, Utrecht.
Imam Ghozali & Hengky Latan (2015). Partial Least Squares-Konsep, Teknik dan Aplikasi menggunakan Program SmartPLS 3.0. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Indra Maulana dan Rr Putri Suryaningwulan. (2020). Peran Daya Tarik Konten, Kemudahan Penggunaan dan Kualitas Interaksi Layanan dalam Meningkatkan Pembelian Daring di E-Commerce Blibli.Com di Purwakarta. Vol 7 No 1 (2020) 78 – 84.
Rakhmat Makmur (2018). Bisnis Online. Bandung: Informatika Bandung.
Ramayani Yusuf, Heny Hendrayati dan Lili Adi Wibowo. (2020). Pengaruh Konten Pemasaran Shopee terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan. Vol 1 No 2 (2020).
Rhenald Kasali (2017). Disruption. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Santoso, A. P. (2017). Pengaruh konten post instagram terhadap online engagement: Studi kasus pada lima merek pakaian wanita. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Published

2022-12-31

How to Cite

Sabil, S., Hidayat, M., & Asri, A. (2022). ANALISIS PENGARUH KONTEN MEDIA SOSIAL DAN INOVASI LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI LIFESTYLE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA APLIKASI SHOPEE DI KOTA MAKASSAR. Nobel Management Review, 3(4), 658–673. https://doi.org/10.37476/nmar.v3i4.3456

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>