Pengaruh Labelisasi Halal Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Kosmetik Wardah Pada Toko Satu Sama Hertasning Makassar

Authors

  • Nurul Hanifah Maulidyah Prodi Manajemen, ITB Nobel Indonesia
  • Fitriani Latief Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Nurhaeda Zaeni Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37476/nmar.v4i1.3850

Keywords:

Labelisasi halal, kualitas produk dan minat beli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (a) untuk mengetahui  pengaruh  labelisasi  halal dan kualitas  produk secara  parsial terhadap minat beli kosmetik wardah pada toko Satu Sama Hertasning Makassar (b) untuk mengetahui pengaruh labelisasi halal dan kualitas produk secara simultan terhadap minat beli kosmetik wardah pada toko Satu Sama Hertasning Makassar (c) untuk mengetahui pengaruh variable yang paling dominan antara labelisasi halal dan kualitas produk terhadap minat beli keputusan kosmetik wardah pada toko Satu Sama Hertasning Makassar.

Sampel penelitian sebanyak 109 responden yang merupakan konsumen kosmetik wardah pada Toko Satu Sama Hertasning Makassar, penelitian menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert.

Hasil penelitian diperoleh pengujian parsial (uji t) menunjukkan bahwa (a) Labelisasi halal (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli kosmetik wardah di Toko Satu Sama Hertasning Makassar, dimana diperoleh nilai thitung 0,548 < t tabel 1.65895 dengan nilai signifikan sebesar 0,585 > 0,05. Sedangkan variabel Kualitas produk (X2) berpengaruh signifikan terhadap minat beli kosmetik wardah di Toko Satu Sama Hertasning Makassar dimana diperoleh nilai thitung 7,587 > t tabel 1.65895 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. (b) Labelisasi halal dan kualitas produk berpengaruh secara simultan terhadap minat beli kosmetik wardah di Toko Satu Sama Hertasning Makassar dimana diperoleh nilai fhitung 34,793 > ftabel 3,93 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. (c) Kualitas produk merupakan variabel yang memiliki pengaruh dominan karena memiliki nilai 0,434 diantara variabel lainnya.

References

Aziz, A. D. (2006). Ensiklopedi Hukum Islam. Jakarta: PT. Ichtiar Baru Van Hoeve.

Departemen Agama RI. (2013). Pedoman Fatwa Produk Halal. Jakarta: Departemen Agama RI.

Deviyanti, D., Latief, F., & Zaeni, N. (2023). Pengaruh Label Halal, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Brand Kosmetik Wardah Di Citra Kosmetik Sungguminasa. Jurnal Malomo : Manajemen Dan Akuntansi, 1(1), 103-113. Retrieved from https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/malomo/article/view/3510

Dirwan, D., & Firman, A. (2023). The Impact of Brand Image and Product Quality on Purchasing Decisions. Jurnal Manajemen Bisnis, 10(1), 266-277.

Firmansyah, A. (2020). Pengaruh Produk, Harga Dan Lokasi Kepuasan Konsumen Serta Niat Pembelian Ulang Pada Produk Gadai Emas Ib Barokah Di Bank Jatim Cabang Syariah Surabaya. Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 5(2), 182. https://doi.org/10.30737/ ekonika.v5i2.1086

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali, I., 2016, Aplikasi Analsis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23, Cetakan Ketujuh, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Ismunandar, Muhajirin, & Haryanti, I. (2021). Pengaruh Labelisasi Halal Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Umkm Di Kota Bima. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(1), 161–166.

Izzuddin, A. (2018). Pengaruh Label Halal, Kesadaran Halal Dan Bahan Makanan Terhadap Minat Beli Makanan Kuliner. Jurnal Penelitian Ipteks.

Kotler, P & Keller, K.L. (2016). Manajemen Pemasaran Edisi ke-13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. & Armstrong, G. (2017). Dasar-dasar Pemasaran Edisi Ke-9. Jakarta: PT.Indeks.

Kurniawan, A.R. (2014). Total Marketing. Yogyakarta: Kobis.

Marwanto, A. (2015). Marketing Sukses. Yogyakarta: Kobis.

Meldarianda & Lisan. (2010). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Resort Café Atmosphere Bandung.

Miranda, A., Latief, F., & Zaeni, N. (2023). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Makeover Pada Mahasiswa Itb Nobel Indonesia. Jurnal Malomo : Manajemen Dan Akuntansi, 1(1), 29-41.

Mu, A. (2019). Pengaruh Visual Merchandising dan Store Atmosphere terhadap Minat Beli di Pand’s Semarang. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Nur, N. A. Y. U. P. (2021). Pengaruh Label Halal Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Brand Kosmetik Wardah Di Citra Cosmetic Sungguminasa.

Ono, S. (2020). Uji Validitas dan Reliabilitas Alat Ukur SG Posture Evaluation. Jurnal Keterapian Fisik, 5(1), 55–61. https://doi.org/10.37341/jkf.v5i1.167

Paramita, A., Ali, H., & Dwikoco, F. (2022). Pengaruh Labelisasi Halal, Kualitas Produk, Dan Minat Beli Terhadap Keputusan Pembelian (Literatute Review Manajemen). Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 660–669. https://www.dinastirev.org/JMPIS/article/view/1128%0Ahttps://www.dinastirev.org/JMPIS/article/download/1128/692

Pulumbara, G., Latief, F., & Ilham, B. (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MINUMAN JR TEA. Jurnal Manuver : Akuntansi Dan Manajemen, 1(1), 76-92. Retrieved from https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/manuver/article/view/3671

Rachmawati, A. (2020). Pengaruh Consumer Knowledge, Brand Image, Religiusitas, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Pada Bank Syariah. Jurnal Ekonomi Syariah, 5(1), 1–20. https://doi.org/10.37058/ jes.v5i1.1502

Ramadani, M. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Handphone. IQTISHADequity Jurnal Manajemen, 1(2), 36–46. https://doi.org/10.51804/iej.v1i2.540

Riduwan. (2004). Metode observasi dan penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Rizky, M.F. & Yasin, H. (2014). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Minat Beli Perumahan Obama PT. Nailah Adi Kurnia Sei Mencirim Medan. Jurnal Manajemen & Binsis, Vol. 14(2), hal. 135-143.

Suhartini, S., Haeril, H., Lely, A., Awaluddin, A., Muhammad Isra, I., Mustafa, M., ... & Billy, L. (2023). Manajemen Pemasaran Perusahaan.

Sugiyono. (2016). Kepemimpinan dan Motivasi Kerja. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(2), 459–470.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, D. (2014). Dasar-dasar Manejemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta: Andi.

Wirawan, A. A., Sjahruddin, H., & Razak, N. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Lamuna Coffee di Kabupaten Bone. Jurnal Organisasi Dan Manajemen, 10(1), 15–26. https://doi.org/10.31227/ osf.io/p8e5z

Yanti, N. D., & Darwanto. (2021). Analisis Pengaruh Labelisasi Halal dan Digital Selling Terhadap Minat Beli Kosmetik Halal. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 5(1), 1–21. https://doi.org/10.30868/ad.v5i01.1144

Yusuf Shofie. (2013). Hukum Perlindungan Konsumen. Medan: Kencana

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Maulidyah, N. H., Latief, F., & Zaeni, N. (2023). Pengaruh Labelisasi Halal Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Kosmetik Wardah Pada Toko Satu Sama Hertasning Makassar. Nobel Management Review, 4(1), 69–79. https://doi.org/10.37476/nmar.v4i1.3850