Penerapan Influencer Collaboration Marketing Dalam Meningkatkan Daya Tarik Minat Konsumen Di Pinisi Pusaka Indonesia By Seven Sails
Keywords:
Influncer, Pemasaran, Berlayar, brand awareness, collaboration marketingAbstract
Pariwisata merupakan salah satu industri yang memiliki pengaruh besar pada perekonomian negara saat ini. Pariwisata menjadi penyumbang devisa terbesar di Indonesia. Dengan meningkatnya persaingan di industri pariwisata, strategi pemasaran yang efektif sangat diperlukan untuk menarik minat konsumen. Topik ini relevan karena influencer marketing telah terbukti dapat meningkatkan brand awareness dan engagement di era digital. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Seven Sails mengimplementasikan strategi influencer collaboration marketing dengan menggandeng beberapa influencer, termasuk Tiara Andini (Mega Influencer), Zhadela (Macro Influencer), dan Tahsin (Micro Influencer). Dampak dari collaboration marketing ini terlihat pada peningkatan penjualan yang signifikan serta peningkatan brand awareness dan eksistensi Pinisi Pusaka Indonesia by Seven Sails. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan ini menegaskan bahwa strategi influencer collaboration marketing dapat menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan daya tarik dan penjualan di industri pariwisata.
References
Anugrah, R. J. (2020). Efektifitas penerapan strategi online marketing oleh umkm dalam masa pembatasan sosial berskala besar (psbb) corona viruses disease 2019 (covid-19). Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 3(2), 55-65.
Banjaŕnahor, A. R. (2021). Manajemen Komunikasi Pemasaran. Yayasan Kita Menulis.
Budio, S. B. S. (2019). Strategi Manajemen Sekolah. Jurnal Menata: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 56-72.
Evelina, L. W., & Handayani, F. (2018). Penggunaan digital influencer dalam promosi produk (Studi kasus akun Instagram@ bylizzieparra). Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 1(01), 71-82.
Gunawan, A. A. P. D., Novel, N. J. A., & Budiyanti, S. A. (2023). Strategi Influencer Marketing Pada Rahsa Nusantara Dalam Meningkatkan Brand Awareness. Jurnal Lentera Bisnis, 12(3), 725.
Hanindharputri, M. A., & Putra, I. K. A. M. (2019, September). Peran Influencer dalam Strategi Meningkatkan Promosi dari Suatu Brand. In Sandyakala: Prosiding Seminar Nasional Seni, Kriya, dan Desain (Vol. 1, pp. 335-343).
Qadafi, M. A., Latief, F., & Mariah, M. (2023). Pengaruh E-Promotion Dan Video Content Terhadap Minat Beli Pada Tiktok Shop Melalui Costumer Trust Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, 12(3), 289–303. https://doi.org/10.37476/jbk.v12i3.4109
Rosyadi, M. Z. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen. Jurnal Manajemen dan Inovasi (MANOVA), 1(2), 14-23.
Widharta, W. P., & Sugiharto, S. (2013). Penyusunan Strategi Dan Sistem Penjualan Dalam Rangka Meningkatkan Penjualan Toko Damai. Jurnal Strategi Pemasaran, 1(2), 1-15.
Winata, J. N., & Alvin, S. (2022). Strategi Influencer Marketing Dalam Meningkatkan Customer Engagement (Studi Kasus Instagram Bonvie. id). Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 4262-4272.
Wirapraja, A., Hariyanti, N. T., & Aribowo, H. (2023). Kajian Literatur Dampak dan Pengaruh Digital Influencer Marketing terhadap Perkembangan Strategi Bisnis. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi dan Sistem Informasi, 3(1), 37-47.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2025 Nobel Management Review

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.