PENGARUH LIFESTYLE, HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KOPI BREAK DI KOTA MAKASSAR

Authors

  • Azizzah Fauziyah Prodi Manajemen, Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Yuswari Nur Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Nurhaeda Z Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37476/nmar.v4i1.3896

Keywords:

Lifestyle, Harga, dan Kualitas Produk, Lifestyle, Price, and Product Quality

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh lifestyle, harga dan kualitas produk secara parsial terhadap keputusan pembelian (2) Untuk mengetahui pengaruh lifestyle, harga dan kualitas produk secara simultan terhadap keputusan pembelian (3) Untuk mengetahui variabel mana yang paling dominan diantara lifestyle, harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada Kopi Break di Kota Makassar.

Sampel penelitian sebanyak 95 responden yang merupakan konsumen Kopi Break di Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Variabel Harga dan Kualitas Produk berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian pada Kopi Break di Makassar, sedangkan variabel Lifestyle tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian pada Kopi Break di Makassar. (2) Variabel Lifestyle, Harga, Kualitas Produk bersama-sama berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian pada Kopi Break di Makassar. (3) Variabel Harga yang paling berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian pada Kopi Break di Makassar.

References

Astridea Artika Arsa, Cahyaningratri. (2022). Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Servicescape, Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Pada Coffee Shop Di Kota Semarang. Diponegoro Journal Of Management, 11(5).

Augusty Ferdinand. (2014). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi Tesis Dan Desrtasi Ilmu Manajemen.

Christania A.S. Wowor, Bode Lumanauw S, Imelda W.J. Ogi. (2021). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Janji Jiwa Di Kota Manado. Jurnal Emba : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(3), Art. 3. Https://Doi.Org/10.35794/Emba.V9i3.35233

Daryanto. (2013). Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Bandung: Pt. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Donni Juni Priansa. (2017). Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer.

Dwitami Dan Aila Gressilla. (2021). Pengaruh Gaya Hidup, Promosi Penjualan Dan Online Consumer Review Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Pada Marketplace Sociolla [Skripsi, Iib Darmajaya]. Http://Repo.Darmajaya.Ac.Id/6018/

Fandy Tjiptono, Gregorius Chandra. (2012). Pemasaran Strategik (Ed. Ke-2). Andi.

Fenomena Coffee Shop, Bisnis Kekinian Di Indonesia Terbaru 2022. (2022, Maret 24). Usaha Komersial Universitas Diponegoro.

Https://Www.Undip.Id/2022/Fenomena-Coffee-Shop-Bisnis-Kekinian-Di-Indonesia/

Hery Winoto Tj. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Bobba Yang Dimediasi Oleh Strategi Promosi (Studi Kasus: Konsumen Chatime Tanjung Duren). Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(12), 1566. Https://Doi.Org/10.36418/Syntax-Literate.V5i12.1875

I Ketut Jarwanta. (2020). Pengaruh Brand Image, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Bali Batiku, Gianyar. Pengaruh Brand Image, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Bali Batiku, Gianyar.

Imam Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 25.

Kotler Philip Dan Amstrong Gary. (2014). Principles Of Marketing (12th Edition, Jilid 1). Jakarta : Erlangga.

Kotler Philip Dan Amstrong Gary. (2018). Principles Of Marketing (Edisi 15 Global Edition). Pearson.

Malau;, H. (2018). Manajemen Pemasaran Teori Dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global / Harman Malau (Bandung). Alfabeta.

Mariah, M., & Nur, Y. (2022). The Effect Of Lifestyle, Brand Image, And Product Quality On Iphone Purchase Decisions. Jurnal Economic Resource, 5(2), Art. 2.

Nugraheni. (2003). Perbedaan Kecenderungan Gaya Hidup Hedonis Pada Remaja Ditinjau Dari Lokasi Tempat Tinggal.

Ramadhany, N., Imran, U., Zaeni, N., & Latief, F. (2023). Pengaruh Gaya Hidup Dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Iphone P Ada Mahasiswa Institut Teknologi Dan Bisnis Nobel Indonesia Makassar. Jurnal Malomo : Manajemen Dan Akuntansi, 1(1), 89-102.

Schiffman, L.G., Dan Kanuk, L.L. (2012). Perilaku Konsumen (Edisi Ketujuh). Penerbit Pt. Indexs.

Sofjan Assauri. (2012). Strategic Marketing: Sustaining Lifetime Customer Value. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.

Thamrin Abdullah, & Francis Tantri. (2012). Manajemen Pemasaran. Depok: Pt Raja Grafindo Persada.

Ujang Sumarwan. (2011). Perilaku Konsumen: Teori Dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia, 2.

Yamit, Z. (2013). Manajemen Kualitas Produk & Jasa. Yogyakarta: Ekonisia.

Yunita Amelia, Dewi Sukmasari. (2022). Pengaruh Gaya Hidup Dan Kualitas Produk Pada Keputusan Pembelian Starbucks Coffee. Journals Of Economics And Business, 2(1), Art. 1. Https://Doi.Org/10.33365/Jeb.V2i1.77

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Fauziyah, A., Nur, Y., & Z, N. (2023). PENGARUH LIFESTYLE, HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KOPI BREAK DI KOTA MAKASSAR. Nobel Management Review, 4(1), 141–156. https://doi.org/10.37476/nmar.v4i1.3896