PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DALAM MENGGUNAKAN JASA LAUNDRY 99 DI MAKASSAR

Authors

  • Syerlina Syerlina Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Un Dini Imran Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Nurkhalik Wahdanial Asbara Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37476/nmar.v3i4.3453

Keywords:

Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh harga, promosi dan kualitas pelayanan secara parsial dan simultan terhadap kepuasan pelanggan dalam menggunakan jasa Laundry 99 di Makassar, serta variabel yang paling dominan terhadap kepuasan pelanggan dalam menggunakan jasa laundry 99 di Makassar. Sampel penelitian sebanyak 75 responden yang merupakan pelanggan laundry 99 di Makassar. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda dan data dikumpulkan menggunakan koesioner dengan skala likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (a) variabel ‘harga’, ‘kualitas pelayanan’ berpengaruh positif dan signifikan sedangkan promosi berpengaruh negatif dan tidak signifikan secara parsial terhadap kepuasan pelanggan dalam menggunakan jasa laundry 99 di Makassar, (b) variabel ‘harga’, ‘promosi’, dan ‘kualitas pelayanan’ berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap kepuasan pelanggan dalam menggunakan jasa laundry 99 di Makassar, dan (c) variabel ‘harga’ adalah variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dalam menggunakan jasa laundry 99 di Makassar.

References

Afrianti, R., & Zulkifli. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Citra Laundry Kota Pariaman. Menara Ilmu, XI(78), 152–166.
Ananda, I. R. (2017). PENGARUH PROMOSI, HARGA, DAN PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN.
Diab, B. (2009). Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Meningkatkan Retensi Pelanggan (Studi Kasus pada Gies Batik Pekalongan). Jurnal Manajemen Pemasaran, 1–87.
Ditha, H. (2019). Promosi Dan Harga pada Kepuasan Pelanggan Restoran Fast Food. Ekspektra : Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3, 25–38. https://doi.org/10.25139/ekt.v3i1.1431.
Firman, A., Putra, A. H. P. K., Mustapa, Z., Ilyas, G. B., & Karim, K. (2020). Re-conceptualization of business model for marketing nowadays: Theory and implications.
Fitriani. (1375). pengaruh kualitas layanan jasa dan harga terhadap kepuasan konsumen pada malomo laundry kota palopo. 1–58.
Ghanimata, F. (2012). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian pada Pembeli Produk Bandeng Juwana Elrina Semarang. Skripsi, 1–54.
Gofur, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 37–44. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i1.240
Hidayat, M., LATIEF, F., WIDIAWATI, A., ASBARA, N. W., & ZAENI, N. (2021). Factors Supporting Business and its Distrubution to Business Resilience In New Normal Era. Journal of Distribution Science, 19(11), 5-15.
Ibrahim, M., & Thawil, S. M. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 175–182. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i1.251
Ikasari, A. U., Suryoko, S., & Nurseto, S. (2013). PENGARUH NILAI PELANGGAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi kasus pada penumpang KA Kaligung Mas di Stasiun Poncol Semarang). Diponegoro Journal of Social and Politic, 1–8.
Latief, F. (2021). Relevansi Konsep Marketing Mix dalam Keputusan Pembelian Strata Title Gedung Menara Bosowa di Kota Makassar. SEIKO: Journal of Management & Business, 4(2), 202-209.
Lenzun, J. J., Massie, J. D. D., Pengaruh, D. A., Produk…, K., Lenzun, J. J., Massie, J. D. D., Adare, D., Ekonomi, F., Unsrat, D. B., Manajemen, J., Sam, U., & Manado, R. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Prabayar Telkomsel. Jurnal EMBA, 2(3), 1237–1245. www.telkomsel.com
Onainor, E. R. (2019). 済無No Title No Title No Title. 1, 105–112.
Srijani, N., & Hidayat, A. S. (2018). Pengaruh Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Aston Madiun Hotel & Conference Center. Wiga : Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi, 7(1), 31–38. https://doi.org/10.30741/wiga.v7i1.336
Stefano. (1384). PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA HAPPYDAYS LAUNDRY DI SURABAYA. 1–33.
Sumawan, D. (2015). ANALISIS PENGARUH PROMOSI, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN. 3, 2015. http://weekly.cnbnews.com/news/article.html?no=124000
Suntani, S., Politeknik, S., Bandung, K., & Sitasi, C. (2018). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan. Widya Cipta, 2(2), 247–254. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta
Sustiyatik, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Aplikasi Pelayaran Dan Kepelabuhanan, 10(2), 175. https://doi.org/10.30649/japk.v10i2.84
Yutanza, A. (2018). Pengaruh Kualitas jasa dan Promosi terhadap kepuasan pelanggan dalam menggunakan jasa laundry. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Syerlina, S., Imran, U. D., & Asbara, N. W. (2022). PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DALAM MENGGUNAKAN JASA LAUNDRY 99 DI MAKASSAR. Nobel Management Review, 3(4), 622–634. https://doi.org/10.37476/nmar.v3i4.3453

Most read articles by the same author(s)