PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, EFEKTIFITAS KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KEPUASAN PELAYANAN MASYARAKAT PADA KELURAHAN WATTANGSOREANG KECAMATAN SOREANG KOTA PAREPARE
DOI:
https://doi.org/10.37476/nmar.v3i3.3283Kata Kunci:
Kualitas Pelayanan, Efektifitas Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Pelayanan MasyarakatAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Kualitas Pelayanan, Efektifitas Kerja, dan Motivasi Kerja secara parsial dan simultan terhadap Kepuasan Pelayanan Masyarakat pada Kelurahan Wattangsoreang Kecamatan Soreang kota Parepare dan Untuk mengetahui dan menganalisis Variabel yang dominan berpengaruh terhadap Kepuasan Pelayanan Masyarakat pada kelurahan Wattangsoreang kecamatan Soreang kota Parepare.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang dihasilkan dari penyebaran kuisioner, observasi dan rekam dokumen. Alat analisis yang digunakan adalah analisa statistika yaitu analisa regresi linier berganda dengan pembuktian hipotesis melalui uji t untuk membuktikan keterkaitan antara variabel independent dengan variabel dependent secara parsial dan uji Funtuk membuktikan keterkaitan antara variabel independen dengan variabel dependent secara simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai kelurahan Watangsoreang yang jumlahnya 30 orang dengan sampling jenuh artinya populasi sekaligus menjadi sampel.
Hasil penelitian adalah; Kualitas Pelayanan (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Masyarakat Efektifitas Kerja (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Masyarakat (Y) Motivasi Kerja (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Masyarakat (Y) Kualitas Pelayanan (X1), Efektifitas Kerja (X2), Motivasi Kerja (X3) berpengaruh secara simultan terhadap Kepuasan Pelayanan Masyarakat dan Variabel yang paling dominan mempengaruhi Kepuasan Masyarakat (Y) kelurahan Wattangsoreang Kecamatan Soreang Kota Parepare adalah Efektifitas Kerja
Referensi
Adamy, M. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia Teori Praktik dan Penelitian. Aceh: Unimal Press
Agus Razikin 2010 Analisis Kinerja Pelayanan Publikpdam Surakarta Di Kecamatan Jebres Surakarta Program Studi Magister Administrasi Publik Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta 2010
Anwar Prabu Mangkunegara, 2014, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Bangun, Wilson. 2012. “Manajemen Sumber Daya Manusia”. Jakarta: Erlangga
Dedik Wiryawan 2012 Pengaruh Efektivitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pelabuhan Speedboat Kayan Ii Tanjung Selor. Jurnal Akuntabel Volume 14, No 1 2017 Copyright © 2017, Akuntabel Issn Print: 0216-7743 Issn Online: 2528-1135
Dwiyanto 2010. Meungkinka mewujudkan pelayan Publik yang berkeadilan Posted. 4 mei 2010 Indiahono
Endra, L.J, Taringan, I & Syawaluddin, 2019. Analisis Pengaruh Lingkungan Kerja Dan karakteristik Individu terhadap Efektivitas Kerja Karyawan PT. Kencana Inti Perkasa Medan. Jurnal Bisnis Kolega Vol. 5 No. 1
Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Hardiansyah, 2011. Kualitas Pelayanan Publik, Disertai Dengan Konsep, Dimensi, Indikator, Dan Implementasi.Yogyakarta; Gava Med
Harbani Pasolong. (2010). Kepemimpinan Birokrasi. Bandung: CV Alfabeta
Hasibuan, S.P., Malayu. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi
Aksara.
Hasibuan, Malayu. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasibuan. 2013. Manajemen: Dasar, Pengertian dan Masalah. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Kasmila 2016 Akuntabilitas Administrasi Kependudukan DikantorKecamatan Biringkanaya Kota MakassarKasmila Jurnal. Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negar Nomor: KEP /25 /M.PAN/2/2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat.
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 / KEP /M. PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.
Kotler, Philip. 2011. Manajamen Pemasaran, Jilid 1. PT. Indeks Jakarta.
Kurniawan, Agung. 2005. Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pembaruan.
Marliani, Rosleny. 2015.Psikologi Industri dan Organisasi.Bandung:Pustaka Setia
Moekijat. 2002. Manajemen Tenaga Kerja dan Hubungan Kerja. Bandung: Pionir Jaya.
Ndraha, t. 2005. Kybernology (Ilmu Pemerintahan Baru). Jakarta: PT. Rineka cipta
Ratna Eka Kuswati 2016 Kualitas Pelayanan Publik di kecamatan Tanjungsari Kabupaten Gunung Kidul.Universitas Yogyakarta.
Riadi, M. 2020. Efektivitas Kerja (Pengertian, Indikator, Kriteria, Aspek dan Faktor Yang Mempengaruhi). Artikel Kajian Pustaka .com
Rizky, Soetam. 2011. Pengujian Black Box. Jakarta: Prestasi Pustaka..
Rivai, V, Darmansyah Muliaman & Ramly Mansyur. 2017. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada
Robbins, S.P. 2003. Perilaku Organisasi. Jakarta: Index.
Robbins SP, dan Judge. 2013. Perilaku Organisasi, Salemba Empat, Jakarta
Robbins, S.P & Judge, T.A. 2019. Perilaku Organisasi. Jakarta : Salemba Empat
Sugiyanti. 1999. Strategi Pelayanan Prima. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara Indonesia.
Sunyoto Danang. 2013. Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT Refika Aditama Anggota Ikapi.
Sutrisno Sugeng, 2009. Pengaruh Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Produktivitas pegawai Pegawai Negeri Sipil (Studi di Kantor Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah), Jurnal Ilmiah Dinamika Ekonomi dan Bisnis.
Suprison 2014 Efektivitas Pelayanan Pemerintah Terhadap Masyarakat Di Kecamatan Rimba Melintang Kabupaten Rokan
Hilir Jurusan Ilmu Pemerintahan Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau
Siagian, Sondang P. 2003, Teori dan Praktek Kepemimpinan. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta
Ulfa, M.N & Ngongo, R.R. 2018. Karakteristik Individu Terhadap Kepuasan Kerja Yang Di Mediasi Oleh Komitmen Organisasional. Seminar Nasional Hasil Riset (http://publishing-widyagama.ac.id, diakses 5 April 2021)
Uno, Hamzah. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif Dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Wilson. 2012. Manajamen Pemasaran, PT. Indeks Jakarta
Yamita. 2017. Manajemen Kualitas Produk Dan Jasa. Yogyakarta: Ekognisia