PENGARUH KEMUDAHAN, MANFAAT DAN RESIKO TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENGGUNAKAN MOBILE BANKING PADA PT. BANK MANDIRI (Persero) Tbk CABANG SAM RATULANGI
DOI:
https://doi.org/10.37476/nmar.v3i4.3452Kata Kunci:
Kemudahan, Manfaat, Resiko dan Keputusan NasabahAbstrak
Peneleitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kemudahan, manfaat, dan resiko secara parsial, simultan, dan variabel yang paling dominan terhadap keputusan nasabah. Metode penelitian ini yaitu kuantitatif. Data penelitian ini diperoleh dari kuesioner (Primer) dengan mengambil; responden sebanyak 100 nasabah Bank Mandiri cabang Makassar. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linear Berganda dengan menggunakan SPSS 25. Yang mana menggunakan Uji Validitas, Reliabilitas, Asumsi Klasik, Hipotesis,. dan Koefisisen Determinasi.
Pada hasil uji Validitas dan reliabilitas, semua pernyataan yang ada didalam kuesioner dinyatakan valid dan reliabel sehingga dimasukkan dalam pengujian selanjutnya. Uji T (Parsial) diperoleh hasil bahwa Kemudahan, Manfaat, dan Resiko berpengaruh positif dan signifikan secara parsial, Uji F (Simultan) diperoleh hasil bahwa Kemudahan, Manfaat, dan Resiko berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap Keputusan Nasabah pada Bank Mandiri cabang Makassar. Dan pada hasil Uji Koefisien Determinasi diperoleh R square pengaruh Keputusan Nasabah Bank Mandiri dipengaruhi oleh variabel Kemudahan, Manfaat, dan Resiko. Variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan nasabah Bank Mandiri cabang Makassar adalah variabel Manfaat.
Referensi
Ashur, M. (2016). “Pengaruh dukungan sosial, persepsi resiko dan interaksi sosial terhadap kepercayaan dan niat pembelian konsumen pada media S- commerce (studi kasus pada konsumen s-commerce). Di Indonesia. Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol.3 No.1.
Bagastia. (2018). “pengaruh kemudahan, kenyamanan, dan resiko terhadap minat menggunakan mobile banking dengan kepercayaan sebagai variabel Intervening”. Skripsi Manajemen. IAN, Salatiga.
Bresciani, Sabrina and Martin Epler. 2015. Extending TAM to Information Visualization: A Frameword for Evaluation. Intitute for Media and Communication Management. Vol .8 Issue 8. Pp 46-56.
Boby, 2021. Apa itu Mbanking?. www.lifepal.co.id (diakses 14 desember 2021)
Diakses di https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-keputusan/
Dirwan, D., & Latief, F. (2020). ASPEK YANG MEMPENGARUHI MINAT PENGGUNAAN UANG DIGITAL DI KOTA MAKASSAR. Jurnal Mirai Management, 5(3).
Dirwan, D. (2022). Keputusan Nasabah Menggunakan Mobile Banking dari Sisi Kemudahan, Manfaat dan Kenyamanan. SEIKO: Journal of Management & Business, 5(1), 323-332.
Esi Oktafiani Fatimah dan AMA suyanto, 2016. Analysis Factorsof Using Internet Banking in Indonesia. Journal of School of Economic and Business Telkom University Indonesia. Vol 3 No.2. Pp. 10-15.
Febriansyah. (2010). “Faktor – faktor yang mempengaruhi Keputusan konsumen menggunakan Internet Banking pada PT. Bank negara Indonesia (Persero) Tbk Cabang USU Medan”. Skripsi.
Firman, A., & Kamaluddin, L. A. (2021). Benefits and confidence in the interest of e-banking. Jurnal Economic Resource, 4(1).
Fita Pertiwi san Vidya Vitta Adhivinna. 2015. Pengaruh Risiko, Manfaat dan Kemudahan Prnggunaan Terhadap Kepercayaan Nasabah dalam Menggunakan Internet Banking di Yogyakarta Studi Kasus Pada Nasabah Bank Mandiri. Jjournal of PGRI University Yogyakarta. Pp 421-434.
George, Agbemabiese Cudjoe, Patrick amfo anim, joseph Geral Nii Tetteh Nyanyofio. 2015. Determinans Of Mobile Banking Adoption In the Ghananian Banking industry: A case of access Bank Ghana Limited. Journal of computer and communicatios. Fol 3 No.4. Pp 1-19.
Irham Fahmi. 2016. Teori & Teknik pengambilan keputusan : Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Kabir, Rokibul Mohammad. 2013. Factors Influencing The Usage Of Mobile Banking : Incident From A Developing Country. World Review of Business Research. Vol. 3. Pp 96-114.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2016. Marketing Management. The 15th Edition. Pearson Education Inc.
Kurniaputra. (2017). “pengaruh persepsi kemudahan, resiko dan manfaat terhadap keputusan nasabah menggunakan Mobile Banking BRI disurabaya”. Skripsi manajemen Stie Perbanas, Surabaya.
Laksana, G. b, Astuti, E.s, dan Dantara, R. Y. 2015. Pengaruh persepsi kemanfaatan, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi resiko dan persepsi kesesuaian terhadap minat menggunakan Mobile Banking. Administrasi Bisnis (JAB), 26. NO.2.
Latief, F., & Dirwan, D. (2020). Pengaruh Kemudahan, Promosi, Dan Kemanfaatan Terhadap Keputusan Penggunaan Uang Digital. Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen, 3(1), 16-30.
Layanan mobile banking di Bandung. Bisnis dan Iptek, 10, 139-149.
Maryanto Supriono. (2011). Buku Pintar Perbankan dilengkapi dengan Studi kasus dan kamus istilah perbankan. Yogyakarta : CV. Andi Offset.
Meinda. (2019). ”Analisi Faktor – faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah dalam memilih tabungan Haji di Bank Syariah Mandiri kantor Cabang pembantu Tulungagung”. Skripsi Manajemen IAIN Tulungagung.
Mobile Banking Bank Mandiri, (https://www.bankmandiri.co.id). Diakses 20 November 2021.
Mulyana, Deddy. (2012). Ilmu Komunikasi suaru pengatar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Nur Laila. I. (2020). “analisis pengaruh kemudahan, kenyamanan, manfaat, keamanan, dan resiko penggunaan terhadap minat nasabah menggunakan mobile banking di BRI Syariah kantor cabang Tulungagung”.
Olasina, Gbolahan. 2015. Factors Influencing The Use of M-Banking by Academics : Cased Study SMS-Based M-Banking. The African Journal Of Information System. Vol. 7 Issue 4. Pp 56-79.
Santoso, R. (2013). Kelembagaan perbankan. Gramedia
Saptawati. (2018). “pengaruh persepsi kemudahan, keamanan dan manfaat mobile banking terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk cabang Bulukumba”. Skripsi Manajemen Stie nobel indonesia.
Sarwono. (2014:86). Pengantar Phisikologi Umum. Jakarta : Rajawali Pers.
Sobur, Alex. (2009). Phisikologi Umum dalam Lintasan Sejarah. Bandung : CV. Pustaka Setia.
Soon, Ki Lee, Hyung Seok Lee, Sang Yong Kim. 2015. Factors Influencing the Adoption Behavior of Mobile Banking: A South Korean perspective. Journal of Internet Banking and commerce. Vol.10 Issue 5. Pp 1-9.
Tatik Suryani. (2013). Perilaku konsumen diera internet “Implikasinya pada starategi pemasaran”. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Utama. 2021. “Pengaruh Layanan Internet Banking, Mobile banking dan Automatic Teller Machine Terhadap kepuasan nasabah Bank BNI Cabang Pinrang”. Skripsi manajemen, ITB Nobel Indonesia.
Wibiadila. I. (2016). “pengaruh kegunaan, kemudahan, resiko, dan kualitas layanan terhadap minat nasabah dalam menggunakan Mobile Banking”. Program akutansi Fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Wibowo, Setyo Feri, Dedeh Krosmauli & Usep Suhud. (2015). “Pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan, Vitur layanan dan kepercayaan terhadap menggunakan E-Money Card (Studi pada pengguna jasa Commuterline di Jakarta)”. Jurnal riset Manajemen sains Indonesia Vol.6 No.1.
Wulandari,N. P., & Moeliono, N. N. (2017). “ Analisisifaktor-faktor penggunaan
Yudha, H.N. (2015). “Analisi pengaruh persepsi nasabah perbankan terhadap internet banking ( studi kasus pada nasabah perbankan yang menggunakan Internet Banking di kota Surakart)a. Jurnal ilmiah Mahasiwa ekonomi Akuntansi.