PENGARUH KOMPETENSI DAN SARANA PRASARANA TERHADAP KINERJA DOSEN MELALUI PROSES PEMBELAJARAN DI POLITEKNIK ILMU PELAYARAN (PIP) MAKASSAR

Penulis

  • musriady musriady ITB Nobel
  • Saban Echdar Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Nawir Rahman Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37476/massaro.v5i2.2311

Kata Kunci:

Kompetensi, Sarana Prasarana, Proses Pembelajaran Dan Kinerja

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kompetensi dan sarana prasarana terhadap kinerja dosen melalui mediasi proses pembelajaran di Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar.

Penelitian menggunakan metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh dosen di Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar, sebanyak 100 orang. Menggunakan teknik sampel Jenuh, yaitu teknik penentuan sampel apabila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Kompetensi dan sarana prasarana berpengaruh positif dan signifikan terhadap proses pembelajaran di Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar, Kompetensi, sarana prasarana dan proses belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dosen di Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar, Kompetensi berpengaruh signifikan terhadap kinerja dosen melalui proses belajar di Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar, Sarana prasarana berpengaruh signifikan terhadap kinerja dosen melalui proses belajar di Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar.

Referensi

Alkafi, R., Samsi, S., & Nurdin, N. (2014). Pengaruh RPP, Metode Pembelajaran, Sarana Prasarana Terhadap Kinerja Guru Sertifikasi. JEE (Jurnal Edukasi Ekobis), 2(7).

Arifin, Zainal. (2012). Evaluasi Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi dan Yuliana, L. (2008). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Yogyakarta.

Amstrong, (2012). Strategic Human Resources Management. Jakarta : PT. Bhuana. Ilmu Populer.

Asnani, A. (2016). Analysis of Effect of Education and Training, Compensation and Working Environment on Employee Performance at the District Secretariat Soppeng. Jurnal Mirai Management, 1(2), 261-286.

Deswarta, D. (2017). Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Dosen Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Sultan Syarif Kasim Riau. VALUTA, 3(1), 19-39.

Eryadini, N. (2017). Pengaruh Kompetensi Dosen Terhadap Mutu Pembelajaran di STKIP PGRI Lamongan. Journal STKIP PGRI Lamongan, 1(1), 6-6.

Fathurrahman, Pupuh., dan Sutikno, M. Sobry. (2007). Strategi Belajar Mengajar Melalui Konsep Islam dan Umum. Cet. I; Bandung: PT. Refika Aditama.

Fauziana, D. 2017. Pengaruh Sarana dan Prasarana Sekolah dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru di Pondok Pesantren Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo. Tesis Program Pascasarjana IAIN Ponorogo.

Fernandes,et al (2005) Resources that drive performance: an Emperical Investigation , International Journal of Productivity and Performance Management Vol54. No.5/6,pp 340-354

Gagarin, M. Y., Pallu, S., & Baharuddin, S. T. (2012). Pengaruh Sarana dan Prasarana Sekolah Terhadap Kinerja Guru di Kabupaten Alor Nusa Tenggara Timur.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Hasibuan, Melayu S.P. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia, (Jakarta: Cetakan ke 9, PT Bumi Aksara.

Husaini, H. (2017). Pengaruh Profesional Dosen Terhadap Kualitas Pembelajaran Dosen Agama Islam Di Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 1(1), 9-16.

Ibrahim, Amin (2008) Teori Dan Konsep Pelayanan Publik Serta Implementasinya, Bandung: Mandar Maju.

Istiqomah, E. 2017. Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Proses Belajar MengajarSiswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan.

Isyanto, P., & Syaripudin, A. (2011). Analisis Kinerja Dosen Program Pascasarjana Magister Manajemen Universitas Singaperbangsa Karawang. Majalah Ilmiah SOLUSI, 9(19).

Kurniawan, N. (2017). Pengaruh Standart Sarana Dan Prasarana Terhadap Efektifitas Pembelajaran Di TK Al-Firdaus. Jurnal Warna: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia dini. September 2017. Vol 02. No. 02.

Legiwati, N. (2016). Pengaruh Pemanfaatan Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 3 Grati Satap Kabupaten Pasuruan. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 10(2), 294-309.

Lilawati, E., & Mashari, F. (2017). Pengaruh Kompetensi Dosen dan Kepuasan Kerja Dosen Terhadap Kinerja Dosen di Universitas KH A Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang. Dirāsāt: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 3(1), 39-63.

Lukman, Aceng., Lukman M. Baga., dan Farit M. Afendi. (2016). Pengaruh Persepsi Dosen Mengenai Standar Mutu Proses Pembelajaran terhadap Pelaksanaan Proses Pembelajaran di Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung. Jurnal Penelitian Pendidikan LPPM Universitas Pendidikan Indonesia Vol. 16 No. 2.

Mangkunegara, AA. Anwar Prabu. (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia. Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mocodompis, H. (2015). Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia Aparatur terhadap Peningkatan Kinerja di Badan Kepegawaian Daerah Kabupatenbolaang Mongondow Utara. JURNAL POLITICO, 2(6).

Mulyasa. (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi, (Bandung: Remaja Rosdakarya Offset

MUTAKIN, T. Z. (2015). Pengaruh Kompetensi, Kompensasi, Dan Latar Belakang Terhadap Kinerja Guru. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2).

Nur'aeni, N. A. (2011). Pengaruh Motivasi, Kompetensi dan Komitmen Terhadap Kinerja Dosen Perguruan Tinggi Swasta Di Kopertis Wilayah II Palembang (Survey pada Perguruan Tinggi Swasta di Kopertis Wilayah II Palembang). Jurnal Manajemen dan Bisnis, 1(2).

Peraturan Pemerintah (PP.) No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2009 tentang Dosen.

Roestiyah. (2004). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Rosilawati, T. (2014). Supervisi Akademik dalam Upaya Peningkatan Motivasi Guru Menyusun Perangkat Persiapan Pembelajaran. Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan, 1(2).

Sedarmayanti, 2009, Reformasi Administrasi Publik, Reformasi Birokasi, dan Kepemimpinan Masa Depan, Bandung: Refika Aditama

Siregar, Eveline., dan Nara, H. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sudiro. 2015. Pengaruh Sarana, Proses Pembelajaran, Dan Persepsi Kinerja DosenTerhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Politeknik Indonusa Surakarta. Jurnal Sainstech Politeknik Indonusa Surakarta ISSN: 2355-5009 Vol. 1 Nomor 4 Desember Tahun 2015.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Surya, M. (2003). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran Bandung; Yayan Bhakti Winaya.

Sriyono, Efri. 2017. Hubungan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 10 Kota Jambi. Karya Ilmiah Online Program Studi Bimbingan Dan KonselingFakultas Keguruan Dan Ilmu PendidikanUniversitas Jambi

Sutrisno, Edy. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Kencana.

Trisnaningsih, S. (2011). Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja dosen akuntansi. Jurnal Akuntansi dan Auditing, 8(1), 83-94.

Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas)

Undang-undang Guru dan Dosen Nomor 4 Tahun 2005.

Zainuddin, P., Riama P., dan Oktarida, A. 2015. Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Serta Implikasinya Pada Kinerja Dosen (Survei Pada Perguruan Tinggi Negeri Di Kota Palembang). Prosiding Seminar NasionalPenelitian dan PKM Sosial, Ekonomi dan Humaniora.

Diterbitkan

2023-08-28

Cara Mengutip

musriady, musriady, Echdar, S., & Rahman, N. (2023). PENGARUH KOMPETENSI DAN SARANA PRASARANA TERHADAP KINERJA DOSEN MELALUI PROSES PEMBELAJARAN DI POLITEKNIK ILMU PELAYARAN (PIP) MAKASSAR. Jurnal Aplikasi Manajemen & Kewirausahaan MASSARO, 5(2), 96–110. https://doi.org/10.37476/massaro.v5i2.2311