PENGARUH SERTIFIKASI, IKLIM KERJA, DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI GUGUS SD NEGERI 45 TOMBOLO KECAMATAN GANTARANGKEKE KABUPATEN BANTAENG
Keywords:
Sertifikasi, Iklim Kerja, Motivasi, KinerjaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: Pengaruh Sertifikasi, Iklim Kerja, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di Gugus SD Negeri 45 Tombolo Kecamatan Gantarangkeke Kabupaten Bantaeng.
Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Waktu penelitian dilakukan mulai bulan Mei sampai Juni 2020. Populasi penelitian adalah seluruh guru di gugus SD Negeri 45 Tombolo Kecamatan Gantarangkeke Kabupaten Bantaeng yang berjumlah 44 orang. Sampel penelitian ini adalah sampel total yaitu keseluruhan populasi yang berjumlah 44 orang.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa :1) Terdapat pengaruh positif sertifikasi Terhadap Kinerja Guru di Gugus SD Negeri 45 Tombolo Kecamatan Gantarangkeke Kabupaten Bantaeng. 2) Terdapat pengaruh positif Kondisi Ekonomi Orangtua terhadap Terhadap Kinerja Guru di Gugus SD Negeri 45 Tombolo Kecamatan Gantarangkeke Kabupaten Bantaen. 3) Terdapat pengaruh positif Motivasi Orangtua terhadap Prestasi Terhadap Kinerja Guru di Gugus SD Negeri 45 Tombolo Kecamatan Gantarangkeke Kabupaten Bantaeng. 4) Terdapat pengaruh positif Sertifikasi, Iklim Kerja, dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di Gugus SD Negeri 45 Tombolo Kecamatan Gantarangkeke Kabupaten Bantaeng. Hal ini berarti secara simultan variabel independen (Sertifikasi, Iklim Kerja, dan Motivasi Kerja) Mempengaruhi Kinerja Guru di Gugus SD Negeri 45 Tombolo Kecamatan Gantarangkeke Kabupaten Bantaeng
References
Arikunto, Suharsimin. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Anne Veronica Omwanda. 2009. Pengaruh Iklim Kerja pada Kinerja Guru di Sekolah Dasar di Kabupaten Nairobi Utara, 2009. Tesis
Aacha Mary. 2010. Motivation And The Performance Of Primary School Teachers In Uganda. Uganda.
Brenda L. Ladyong. 2014. Organizational Climate and Teachers’ Work Motivation: A Case Study of Selected Schools in Prachinburi. Thailand, 2014.
Diamantidis, A. D., & Chatzoglou, P. 2019. Factors affecting employee performance: an empirical approach. International Journal of Productivity and Performance Management.
Mangkunegara. 2010. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Aditama.
Mulyasa. 2010. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Rosda.
Mulyasa. 2013. Standar Kompetensi Dan Sertifikasi Guru. Bandung: Rosda.
Musfiqon. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Nugroho, N. T., Hastuti, I., & Indah, R. P. (2019, September). Pengaruh Motivasi Dan Iklim Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Survey pada Karyawan Universitas Duta Bangsa Surakarta). In Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper STIE AAS (pp. 171-176).
Roussel, P., & Laboratoire interdisciplinaire de recherche sur les ressources humaines et l'emploi (Toulouse). (2000). La motivation au travail: concept et théories. LIRHE, Université des sciences sociales de Toulouse.
Richardson, P. W., & Watt, H. M. (2006). Who chooses teaching and why? Profiling characteristics and motivations across three Australian universities. Asia‐Pacific Journal of Teacher Education, 34(1), 27-56.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Cara Mudah Menyusun Skipsi, Tesis, Dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Statistikan Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Supardi. 2013. Kinerja Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 158
Uno, Hamzah B. 2013. Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Akasara.
Uno, Hamzah B dan Lamatenggo, vNina. 2014. Teori Kinerja Dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Akasara.
Wakabi, B. M. 2016. Leadership style and staff retention in organizations. International Journal of Science and Research, 5(1), 412-416.