PENGARUH CITA RASA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ROTI BAKAR YAPPAY DI SUNGGUMINASA
DOI:
https://doi.org/10.37476/nmar.v4i1.3895Kata Kunci:
Cita Rasa, Kualitas Produk, dan Keputusan PembelianAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh cita rasa dan kualitas produk secara parsial terhadap keputusan pembelian pada Roti Bakar Yappay di Sungguminasa (2) Untuk mengetahui pengaruh cita rasa dan kualitas produk secara simultan terhadap keputusan pembelian pada Roti Bakar Yappay di Sungguminasa (3) Untuk mengetahui variabel yang paling dominan diantara cita rasa dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian Roti Bakar Yappay di Sungguminasa.
Sampel penelitian sebanyak 88 responden yang merupakan konsumen dari Roti Bakar Yappay di Sungguminasa. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Cita rasa tidak berpengaruh positif secara parsial terhadap keputusan pembelian Roti Bakar Yappay di Sungguminasa sedangkan, kualitas produk berpengaruh positif secara parsial terhadap keputusan pembelian Roti Bakar Yappay di Sungguminasa (2) Cita rasa dan kualitas produk berpengaruh positif secara simultan terhadap keputusan pembelian Roti Bakar Yappay di Sungguminasa (3) Variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian Roti Bakar Yappay di Sungguminasa adalah kualitas produk.
Referensi
Anwar Prabu Mangkunegara, A. A. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Remaja Rosdakarya.
Assauri, S. (2009). Manajemen Pemasaran Konsep Dasar dan Strategi. PT. Raja Grafindo Persada Jakarta.
Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran. PT. Raja Grafindo Persada Jakarta.
Aziz, U. (2012). Teknik Pemasaran Modern. Yogyakarta : Graha ilmu.
Cannon, J. P., William, D. P., & McCarthy, E. J. (2008). Pemasaran Dasar: Pendekatan Manajerial Global. Salemba Empat Jakarta.
CHAERUNNISA, F. (2019). Pengaruh Pemasaran Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fchijab Di Kota Makassar.
Dharmesta, S., & Handoko, H. (1997). Manajemen Pemasara: Analisa Perilaku Konsumen. Yogyakarta : BPFE.
Drummond, K., & Brefere, L. (2010). Nutrition for Foodservice and Culinary Profesisional’s (Seventh). New Jersey.John Wiley & Sons, Inc.
Ghozali, I. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Multivariate dengan Program IMB SPSS 19 (7 ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis Mutivariate dengan Program IBM SPSS 23 (8 ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gibson, M., & Newsham, P. (2018). Food science and the culinary arts / Mark Gibson ; illustrated by Pat Newsham. Academic Press is an imprint of Elsevier.
https://kemenperin.go.id/. (2017). Kemenperin: Industri Makanan dan Minuman Masih Jadi Andalan. https://kemenperin.go.id/artikel/18465/Industri-Makanan-dan-Minuman-Masih-Jadi-Andalan
Industri.kontan.co.id. (t.t.). Diambil 15 Februari 2023, dari https://industri.kontan.co.id/news/bisnis-roti-dan-kue-indonesia-bertumbuh-10
Kotler, P., & Armstrong, G. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1 (Kedelapan). Erlangga.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1 (12 ed.). Erlangga Jakarta.
Kotler, P., & Keller. (2012). Manajemen Pemasaran Perspektif Asia (Pertama). Andi Offset Yogyakarta.
Lola, A. (2022). Peningkatan Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Untuk Mencapai Keberlangsungan Usaha (Studi Kasus: Nasi Bebek Mba Dewi).
Lupiyoadi, R. (2001). Pengantar Bisnis Modern. Yogyakarta : Liberty.
Mariah, M., & Nur, Y. (2022). The Effect of Lifestyle, Brand Image, and Product Quality on iphone Purchase Decisions. Jurnal Economic Resource, 5(2), Art. 2.
Pristiawan, H. E., Mariah, M., & Bahasoan, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Bakso Granat Malang Indah. Nobel Management Review, 3(1), Art. 1.
Rahmawati. (2017). Strategi Pemasaran Usaha Roti (Studi Kasus Pada Cv. Roti Daeng Makassar).
Setiadi, N. J. (2003). Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Prenada Media.
Siti Nur, A. (2020). Pengaruh Cita Rasa Dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Keputusan Pembelian Sebagai Intervening Variabel Pada Produk Kentucky Fried Chicken (KFC) Arion Mall.
Stanner, S., Thmpson, R., & Butriss, JL. (2009). Healthy Ageing: The Role of Nutrition and Lifestyle. British Nutrition Foundation. Wiley-Blackwell: Oxford.
Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori & Implementasi (Pertama). Andi Offset Yogyakarta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : CV. Alfabeta.
Sujarweni, V. W. (2015). Metodologi penelitian bisnis ekonomi. Yogyakarta Pustaka Baru.
Tjiptono, F. (2001). Strategi Pemasaran (1 ed.). Andi Offset Yogyakarta.
Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran (Ketiga). Andi Offset Yogyakarta.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, Quality dan Satisfaction (Yogyakarta; 4 ed.). Andi Offset Yogyakarta.
Wahidah, N. (2010). Komponen-Komponen yang Memengaruhi Cita Rasa Bahan Pangan. http://www.idazweek.co.cc/2010/02/komponen-komponenyangmemengaruhi-cita.html.
Wijaya, T. (2011). Manajemen Kualitas Jasa (1 ed.). Indeks Jakarta.