Pengaruh Media Pembelajaran, Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Gugus SD Inpres Ujung Katinting Kecamatan Pa'jukukang Kabupaten Bantaeng

Authors

  • Muhammad Arfah SD Negeri 72 Bontomarannu kecamatan pa'jukukang Kabupaten Bantaeng
  • Badaruddin Badaruddin STIE Nobel Indonesia Makassar
  • Haeranah Alwany STIE Nobel Indonesia Makassar

DOI:

https://doi.org/10.37476/nmar.v2i2.1861

Keywords:

media pembelajaran, lingkungan kerja, motivasi, dan kinerja guru, learning media, work environment, motivation, and teacher performance

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada Gugus SD Inpres Ujung Katinting Kecamatan Pa’jukukang Kabupaten Bantaeng. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk menganalisis pengaruh baik secara parsial maupun secara simultan media pembelajaran, lingkungan kerja dan motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja guru di Gugus SD Inpres Ujung Katinting Kecamatan Pa’jukukang Kabupaten Bantaeng. Data penelitian di.peroleh melalui survey pada semua guru yang berada di Gugus SD Inpres Ujung Katinting Kecamatan Pa’jukukang Kabupaten Bantaeng, yaitu berjumlah 42 orang. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang dibagikan kepada seluruh responden penelitian. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan perangkat lunak SPSS 26.

Hasil penelitian ini diketahui bahwa (1) Motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja guru di Gugus SD Inpres Ujung Katinting Kecamatan Pa’jukukang Kabupaten Bantaeng, Sedangkan media pembelajaran dan Lingkungan kerja tidak berpengaruh terhadap kinerja guru di Gugus SD Inpres Ujung Katinting Kecamatan Pa’jukukang Kabupaten Bantaeng. (2) Secara simultan variabel media pembelajaran, lingkungan kerja dan motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja guru di Gugus SD Inpres Ujung Katinting Kecamatan Pa’jukukang Kabupaten Bantaeng. (3) Dari Nilai koefisien beta menunjukkan bahwa variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap kinerja guru (Y) yaitu motivasi kerja. Penulis mengharapkan media pembelajaran berfungsi melancarkan jalannya kegiatan belajar mengajar, sebaiknya guru menggunakan media pembelajaran dalam proses belajar mengajarnya; lingkungan kerja yaitu sekolah merupakan tempat kedua selain keluarga dalam pembentukan karakter dan pribadi anak.

 

This research was conducted at the Ujung Katinting Elementary School Cluster, Pa'jukukang District, Bantaeng Regency. The purpose of this study was to analyze the effect of both partially and simultaneously learning media, work environment and work motivation on teacher performance in the Ujung Katinting Elementary School Cluster, Pa'jukukang District, Bantaeng Regency. The research data was obtained through a survey of all teachers in the Ujung Katinting Elementary School Cluster, Pa'jukukang District, Bantaeng Regency, which amounted to 42 people. Data were collected using a questionnaire with a Likert scale which was distributed to all research respondents. Data analysis used multiple linear regression with SPSS 26 software.

The results of this study indicate that (1) work motivation has an effect on teacher performance in the Ujung Katinting Elementary School Cluster, Pa'jukukang District, Bantaeng Regency, while learning media and work environment have no effect on teacher performance in the Ujung Katinting Elementary School Cluster, Pa'jukukang District, Bantaeng Regency. . (2) Simultaneously, the variables of learning media, work environment and work motivation affect the performance of teachers in the Ujung Katinting Elementary School Cluster, Pa'jukukang District, Bantaeng Regency. (3) The value of the beta coefficient indicates that the most dominant variable affecting teacher performance (Y) is work motivation. The author hopes that the learning media functions to expedite the course of teaching and learning activities, teachers should use learning media in the teaching and learning process; the work environment, namely school is the second place besides the family in the formation of children's character and personality.

References

Asbara, N. W. (2020). Pemanfaatan Augmented Reality (AR) Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Huruf Hijaiyyah Berbasis Android. Journal of Computer Science and Visual Communication Design, 5(1), 1–9.

Baitanu Niko Y. 2016. Indikator kualitas media pembelajaran. https://text-id.123dok.com

Darman. 2015. Lingkungan Kerja. http://theorymanajemendanorganisasi.blogspot.com

Elisa Edi. 2016. Pengertian Media Pembelajaran. http://edel.staff.unja.ac.id › blog › artikel

Ghozali (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegor.

Hamzah B. Uno dan Masri. 2009. Kuadrat, Mengelola Kecerdasan Dalam Pembelajaran: Sebuah Konsep Pembelajaran Berbasis Kecerdasan (Jakarta: Bumi Aksara. Hlm 21-22.

Herawati Betty. 2020. Pengaruh Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja Guru terhadap Prestasi Belajar. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.660

Heri. 2020. Pengertian, Fungsi, Manfaat, Jenis Jenis & Contoh. https://salamadian.com

Hidayat, M., & Latief, F. (2018). The influence of developing human capital management toward company performance (The evidence from developer companies in south Sulawesi Indonesia). SEIKO: Journal of Management & Business, 2(1), 11-30.

Hidayat, M., Musa, C. I., Haerani, S., & Sudirman, I. (2015). The Design of Curriculum Development Based on Entrepreneurship through Balanced Scorecard Approach. International Education Studies, 8(11), 123-138.

Indah Sari Pratiwi. 2018. Pengaruh lingkungan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMK Negeri 10 Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi. EKLEKTIK : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan Volume 1 Nomor 1 Tahun 2018

Jevi Nugraha. 2020. 6 Jenis Media Pembelajaran Beserta Contoh dan Manfaatnya. https://www.merdeka.com › jateng

Jurnal pendidikan dan pembelajaran, volume 19, nomer 2, Oktober 2012. Hlm 218, di akses tanggal 24 Desember 2016

Mulyana, Aina (2019), “ Indikator dan Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Guru. https://ainamulyana.blogspot.com

TEORI-TEORI MANAJEMEN DAN ORGANISASI.2015 .http://theorymanajemendanorganisasi.blogspot.com › ling.2015

Pengertian Media Pembelajaran.2016. http://edel.staff.unja.ac.id › blog › artikel

Memahami Pengertian dan Jenis Lingkungan Kerja – Sodexo. 2020 ttps://www.sodexo.co.id › pengertian-dan-jenis-lingkung.

Indikator Lingkungan Kerja yang Kondusif - Blog Sodexo. 2021 https://www.sodexo.co.id

Omear Hamalik. 2007. Proses Belajar Mengajar. Hlm 30. Jakarta: Bumi Aksara. Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.2002, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi ke-3, Jakarta: Balai Pustaka.

Reni Listyawati. 2017. Pengaruh Motivasi Kerja Guru, Lingkungan Kerja Guru dan Persepsi Guru mengenai Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah secara bersama-sama terhadap Kreativitas Guru Akuntansi dalam Pembelajaran di SMK SwastaProgram Keahlian Akuntansi se-Kabupaten Klaten Tahun 2016/2017.

Salbiyah Siti. 2020. : Pengaruh motivasi kerja dan lingkungan kerja terhadap Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Di SD se-Kecamatan Ketahun.

Sahid Raharjo. (2019). Cara Melakukan Analisis Regresi Multiples (Berganda) Dengan SPSS. Artikel SPSS Indonesia, Olah Data Statistik Dengan SPSS.

Saban Echdar. 2017. Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sri Sundari, et al. 2019. Manajemen Kinerja. Bogor: Universitas Pertahanan

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta

Wahjono, S.I. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Arfah, M., Badaruddin, B., & Alwany, H. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran, Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Gugus SD Inpres Ujung Katinting Kecamatan Pa’jukukang Kabupaten Bantaeng. Nobel Management Review, 2(2), 227–236. https://doi.org/10.37476/nmar.v2i2.1861

Most read articles by the same author(s)