Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Honda Crf Di Makassar
Keywords:
Kualitas Produk, Promosi, Desain, dan Keputusan Pembelian.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Kualitas Produk, Promosi, dan Desain terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Honda CRF di Makassar. Populasi penelitian ini meliputi seluruh konsumen pengguna sepeda motor Honda CRF di Makassar, dengan sampel yaitu 50 orang, teknik pengambilan sampel menggunakan random quota sampling menggunakan kuesioner (angket).
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian kuantitatif. Dengan teknik analisis data yaitu Uji Instrumen Penelitian (Uji validitas dan Uji Reliabilitas), Uji Asumsi Klasik (Normalitas, Uji Multikolinieritas, dan Uji Heteroskedastisitas), Analisis Regresi Linier Berganda, dan Uji Statistik (Uji t, Uji F, dan Koefisaien Determinasi), diolah dengan menggunakan SPSS 21.
Hasil penelitian menemukan bahwa Kualitas Produk, Promosi, dan Desain terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Honda CRF di Makassar baik secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. adapun variabel Desain merupakan variabel yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap Keputusan Pembelian motor Honda CRF di Makassar
References
Assael H. (2012), Consumers Behavior and Marketing Action, Edisi 3, Kent Publishing Company, Boston Massachusset, AS.
Deviyanti, D., Latief, F., & Zaeni, N. (2023). PENGARUH LABEL HALAL, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BRAND KOSMETIK WARDAH DI CITRA KOSMETIK SUNGGUMINASA. Jurnal Malomo: Manajemen dan Akuntansi, 1(1), 103-113.
Dirwan, D., & Firman, A. (2023). The Impact of Brand Image and Product Quality on Purchasing Decisions. Jurnal Manajemen Bisnis, 10(1), 266-277.
Indriyo Gitosudarmo, (2000) Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua Cetakan Keenam, Yogyakarta: BPFE
Handayani Jasella, Derriawan Derriawan, Tyahya Whisnu Hendratni, (2020), Pengaruh desain produk terhadap keputusan pembelian dan dampaknya pada kepuasan konsumen Shopping Goods, Journal of Business and Banking Vol. 10.1, STIE Perbanas Press.Kautsar,
A. P., Widianto, S., Abdulah, R., & Amalia, H. (2012). Relationship of Consumer Involvement, Credibility of the Source of Information and Consumer Satisfaction on Purchase Decision of Non-Prescription Drugs. Procedia - Social and Behavioral Sciences. 2, 1-12.
Kotler, Philip. (1997), Manajemen Pemasaran Analisis Perencanaan Implementasi Dan Kontrol, Jilid 1, Jakarta, PT. Prehalindo.
Kotler, Amstrong, (2008), Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1 Edisi 12, Jakarta, Erlangga. Kotler, Keller, (2008) Manajemen Pemasaran, Jilid 2 Edisi 13, Jakarta: Erlangga
Kotler & Armstrong. (2012), Prinsip-prinsip Pemasaran., (terj. Alexander Sindoro & Benyamin Molan). Edisi 12. Jilid I. Jakarta: Erlangga.
Latief, F. (2022). Keputusan Pembelian Konsumen Catering Rumahan di Makassar Melalui Promosi di Instagram, Harga dan Ragam Menu. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 5(2), 1095-1105.
Latief, F. L., Firman, A., & Dirwan, D. (2023). Keputusan Pengguna Gopay dari Aspek E-Service Quality, Promosi dan Harga. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 11(1), 391-400.
Muafi, (2013), Telaah Bisnis, Volume 4, Nomor 1 Juli 2013, Akademi Manajemen Perusahaan, YKPN, Yogyakarta.
M. Ahmad Anwar, (1975) Prinsip-prinsip Metodologi Research Yogyakarta: Sumbangsih.
Prasetyo, Badhik, (2014), Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Video CD Player dari Cina (Survey Pada Masyarakat Kadipiro Banjarsari), FE Universitas Slamet Riyadi Surakarta.
Pulumbara, G., Latief, F., & Ilham, B. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Minuman JR Tea. Jurnal Manuver : Akuntansi Dan Manajemen, 1(1), 76-92. Retrieved from https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/manuver/article/view/3671
Saidani, B., Rachman, M. A., & Rizan, M. (2013). Pengaruh Kualitas Produk dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Futsal Adidas Di Wilayah Jakarta Timur. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI). 4, 2, 201-217.
Setiawan, Ahmad Ikhwan, (2016), Analisis Perilaku Konsumen dan Lingkungan Bisnis Sebagai Masukan Strategi Pemasaran Jasa : Studi Kasus Pada Warnet Pointer, Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol. 2, No. 1, Mei 2016 Surakarta.
Sidik, R. (2016). Analisis Kualitas dan Desain Produk Terahadap Kepuasan Konsumen Meubel Sofa di Gersik. Jurnal Menejemen Bisnis, 19-28.
Sodik, Nur, (2014), Analisis Keberhasilan Persepsi Konsumen Pada Negara Asal (Country of Origin) Terhadap Kualitas dan Harga Produk Otomotif (Survey Terhadap Konsumen di Kota Surakarta Tahun 2013), Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol 4, No. 1, Mei 2014 Surakarta.
Sugiono, (2011), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D,( Bandung:Alfabeta.
Sugiyono, (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pndekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Cetakan ke-13 Bandung : Alfabeta,
Suhartini, S., Haeril, H., Lely, A., Awaluddin, A., Muhammad Isra, I., Mustafa, M., ... & Billy, L. (2023). Manajemen Pemasaran Perusahaan.
Swastha, Basu & Handoko, Hani, (2017), Manajemen Pemasaran : Analisa Perilaku Konsumen, Edisi pertama, BPFE Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy, & Diana, Anastasia,(2016), Pemasaran: Esensi dan Aplikasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.
V. Wiratna Sujarweni, (2019), Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi Yogyakarta: Pustaka Baru Pers.