Pengaruh Kepercayaan Dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Marketplace E-Commerce Shopee

Authors

  • Harry Phinwa Sentosa Prodi Manajemen, Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Fitriani Latief Prodi Manajemen, Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Agunawan Agunawan Prodi STI Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37476/nmar.v4i1.3881

Keywords:

Kepercayaan, Kemudahan dan Keputusan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (a) pengaruh kepercayaan dan kemudahan secara parsial terhadap keputusan pembelian mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia pada platform e-commerce shopee (b) pengaruh kepercayaan dan kemudahan secara simultan terhadap keputusan pembelian mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia pada platform e-commerce shopee (c) variabel mana yang paling dominan antara kepercayaan dan kemudahan terhadap keputusan pembelian mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia pada platform e-commerce shopee.

Sampel penelitian sebanyak 86 responden yang merupakan mahasiswa Institute Nobel Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda dan menggunakan kuisioner dalam pengumpulan data.

Hasil penelitian adalah (a) kepercayaan dan kemudahan memebrikan pengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia pada platform e-commerce shopee (b) kepercayaan dan kemudahan memberikan pengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia pada platform e-commerce shopee (c) variabel Kemudahan memiliki pengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia pada platform e-commerce shopee

References

Adityo, Benito. 2011. “Adityo 2011.” " ANALISIS PENGARUH KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ON LINE DI SITUS KASKUS"Universitas Diponegoro.

Azwar. (2017). Metode penelitian psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ardiansyah, Panji. Etika Bisnis.Yogyakarta: QUADRANT, 2017.

Ayuningtiyas K, Gunawan H. Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan Kualitas Informasi. J Appl Bus Adm. 2018;2(1):152–165.

Akhmad MUjahidin, Ekonomi ISlam ( JAkarta : PT RAJAGrafindo, 2007), hlm. 179

Agustina, Melinda, Fidellis Wato Tholok, dan Handry Handry. 2019. “Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Situs Jual Beli Tokopedia (Studi Kasus Wilayah Tangerang).” Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis 17(3): 1.

Budiyanto, Fajar, Ahfi Nova Ashriana, Devi Iriandha Widyastuti, Dwi Sembe Sigit, Wulan Kurnianingtyas. 2022. “Pengaruh kemudahan, kualitas produk, kepercayaan, kualitas informasi, dan keamanan terhadap keputusan pembelian online di jejaring sosial facebook.” 12(1): 66–74.

Creswell, J. W. (1994). Research Design: Qualitative and Quantitative Approaches. Thousand Oaks. CA: Sage.

Chaerunnisa, Fadhila. 2018.“Pengaruh Pemasaran Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk FCHijab Di Kota Makassar”. Stie Nobel Indonesia. MakassarGunawan, Ade Candra. Febsri Susanti. 2019. “Pengaruh Bauran Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Maybelline Di Kota Padang”. Sekolah Tinggi Ilmu Eknomi “KBP”.

Chin, A. J., Wafa, S. A. W. S. K., & Ooi, A.-Y. (2009). The Effect of Internet Trust and Social Influence towards Willingness to Purchase Online in Labuan, Malaysia. International Business Research, 2(2). 72-81 https://doi.org/10.5539/ibr.v2n2p72

Davis, Fred D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 13 (5), 318-340

Davis, Gordon B, (2012). Kerangka Dasar: Sistem Informasi Manajemen, Bagian I Pengantar. Seri Manajemen No. 90-A. Cetakan Kedua Belas, Jakarta: PT. Pustaka Binawan Pressindo

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. BP Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Haerani, P., Latief, F., & Agunawan, A. (2023). Pengaruh Kemudahan Dan Kemanfaatan Terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi Kozi Coffee Di Makassar. Jurnal Manuver : Akuntansi Dan Manajemen, 1(1), 15-29. Retrieved from https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/manuver/article/view/3625

Hartono, J. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Penerbit ANDI

Ilmiyah K, Krishernawan I. Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Di Mojokerto. Mak J Manaj. 2020;6(1):31–42. doi:10.37403/mjm.v6i1.143

Jogiyanto. 2007. Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Andi.

Kasmi, Kasmi, dan Adi Nurdian Candra. 2017. “Penerapan E-Commerce Berbasis Business To Consumers Untuk Meningkatan Penjualan Produk Makanan Ringan Khas Pringsewu.” Jurnal AKTUAL 15(2): 109.

Kotler, dan Keller. (2016). Marketing Management, 15th. Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Kotler, Philip, diterjemahkan oleh Hendra Teguh dan Ronny A. Rusli, 2002, Manajemen Pemasaran Edisi Millenium 1, PT. Prenhalindo, Jakarta.

Kotler, Phillip & Keller, Kevin L. (2012). Marketing Management 14th Edition. United State: Pearson

Latief, Fitriani, dan Dirwan Dirwan. 2020. “Pengaruh Kemudahan, Promosi, Dan Kemanfaatan Terhadap Keputusan Penggunaan Uang Digital.” Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen 3(1): 16–30.

Latief, Fitriani, Muhammad Idris, dan Dirwan. 2021. “Determinan Minat Penggunaan E-Wallet Shopeepay.” Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi) 5(3): 157–66. https://drive.google.com/file/d/1v6Rt-9RzxF-5Wdd6mXe7a4eydFtBMaf8/view.

Lau, G. T. and Lee, S. H. 1999. ³&RQVXPHUV¶7UXVWLQD%UDQd and the Link to Brand /RDOW¥ Journal of Market Focused Management, 4:341-370.

Nazir. 1998. Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Nugroho J. Setiadi, 2003, “Perilaku Konsumen”, Edisi I, Cetakan I, Bogor : Penerbit Kencana.

Nasution, Hamni Fadlilah. 2018. “PENGARUH KEMUDAHAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PAKAIAN SECARA ONLINE (Studi Kasus Mahasiswa Belanja Online Pada FEBI IAIN Padangsidimpuan).” At-tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis Islam 4(1): 26.

Nasution SL, Limbong CH, Ramadhan DA. PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK, KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN, dan HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE SHOPEE (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu). Ecobisma (Jurnal Ekon Bisnis Dan Manajemen). 2020;7(1):43–53. doi:10.36987/ecobi.v7i1.1528

Nursani, Arifin, R., & Hufron, M. (2018). “Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Harga, Kualitas Pelayanan, dan Persepsi Akan Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen E-Commerce Melalui Shopee” (Studi Pada Mahasiswa Unisma). Jurnal Ekonomi Bisnis, 102– 115.

oky Roymando Purba, Posma Lumban Raja et al. 2022. “Pengaruh Kemudahan Dan Kepercayan Konsumen Menggunakan E-Commerce Terhadap Keputusan.” 1(9): 1067–75.

Pautina, Dkk. 2022. “PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KEMUDAHAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA APLIKASI BELANJA ONLINE SHOPEE (Studi pada Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo).” Jurnal Manajemen & Organisasi Review (Manor) 4(1): 27–38.

Pavlou, P., A. 2003. Consumer Acceptance of Electronic Commerce: Integrating Trust and Risk with The Technology Acceptance Model. International Journal of Electronic Commerce. Volume 7(3), pp. 69–103.

Putri, Fanny Anggraeny, dan Sri Setyo Iriani. 2020. “Pengaruh Kepercayaan dan Kemudahan terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Pinjaman Online Shopee PayLater.” Jurnal Ilmu Manajemen 8(3): 818.

Putra P, I. B Panca, dan Ni Made Wulandari Kusumadewi. 2019. “Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Niat Pembelian Ulang Dimediasi Oleh Kepuasan Konsumen.” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana 8(8): 4983.

Rachmawati, I. K., Hidayatullah, S., Nuryanti, F., & Wulan, M. (2020). The Effect of Consumer Confidence on The Relationship Between Ease of Use and Quality of Information on Online Purchasing Decisions. International Journal

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sujarweni, V. Wiratna. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi, 33. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sulkarnain, R., Dirwan, D., & Asbara, N. W. (2022). PENGARUH KEMUDAHAN, MANFAAT DAN RESIKO TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENGGUNAKAN MOBILE BANKING PADA PT. BANK MANDIRI (Persero) Tbk CABANG SAM RATULANGI. Nobel Management Review, 3(4), 608-621.

Shodiq, Arroifi Fikri, Syarif Hidayatullah, dan Yusaq Tomo Ardianto. 2018. “INFLUENCE OF DESIGN, INFORMATION QUALITY AND CUSTOMER SERVICES WEBSITE ON CUSTOMER SATISFACTION Strategic management View project Tourism project View project INFLUENCE OF DESIGN, INFORMATION QUALITY AND CUSTOMER SERVICES WEBSITE ON CUSTOMER SATISFACTION.” Article in International Journal of Scientific and Engineering Research 9(12): 746–50. http://www.ijser.org.

Sandora, Meri. 2020. “Pengaruh Kepercayaan Dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Belanja Secara Online.” Eko dan Bisnis: Riau Economic and Business Review 11(3): 290–310.

Tanjaya, S. C., Mananeke, L., & Tawas, H. (2019). Pengaruh Kualitas Informasi, Kepercayaan dan Kemudahan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Vape Di Instagram. Jurnal Emba, 7(4), 4935–4944.

Themba, Orfyanny S. 2022. “Keputusan Pembelian dari Aspek Desain Website , Kepercayaan , Keamanan dan Kemudahan.” 10(2): 1305–14.

Turban, Efraim. et. al. 2015. Perdagangan elektronik, Perspektif Manajerial dan Jejaring Sosial edisi ke-8. Springer.

www.databoks.co.id., Diakses 1 Februari 2023

www.playstore.google.com., Diakses 1 Februari 2023

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Sentosa, H. P., Latief, F., & Agunawan, A. (2023). Pengaruh Kepercayaan Dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Marketplace E-Commerce Shopee. Nobel Management Review, 4(1), 105–117. https://doi.org/10.37476/nmar.v4i1.3881

Most read articles by the same author(s)