FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH MENGGUNAKAN MOBILE BANKING PADA PT BANK SYARIAH INDONESIA CABANG MAKASSAR

Authors

  • Nurul Istiqamah Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Fitriani Latief Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Ali Murdhani Ngandoh Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37476/nmar.v3i4.3450

Keywords:

Persepsi Kemudahan, Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kepercayaan, Minat Nasabah

Abstract

Peneliti ini bertujuan untuk (a) mengetahui pengaruh variabel persepsi kemudahan, persepsi kemanfaatan dan persepsi kepercayaan secara parsial terhadap minat nasabah untuk menggunakan mobile banking pada Bank Syariah Indonesia Cabang Makassar (b) mengetahui pengaruh variabel persepsi kemudahan, persepsi kemanfaatan dan persepsi kepercayaan secara simultan terhadap minat nasabah untuk menggunakan mobile banking pada Bank Syariah Indonesia Cabang Makassar dan (c) mengetahui variabel yang paling dominan terhadap minat nasabah untuk menggunakan mobile banking pada Bank Syariah Indonesia Cabang Makassar.

Data peneliti ini di peroleh dari kuesioner dengan mengambil responden sebanyak 95 Nasabah pada PT Bank Syariah Indonesia Cabang Makassar. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linear berganda dengan menggunakan SPSS 16.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (a) Persepsi Kemudahan, Persepsi Kemanfaatan dan Persepsi Kepercayaan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Minat Nasabah dalam menggunakan Mobile Banking di Bank Syariah Indonesia Cabang Makassar (b) Persepsi Kemudahan, Persepsi Kemanfaatan dan Persepsi Kepercayaan secara bersama-sama (simultan) mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Minat Nasabah dalam menggunakan mobile banking di Bank Syariah Indonesia Cabang Makassar, dan (c) Persepsi Kemudahan merupakan variabel yang paling dominan dari ketiga (3) variabel bebas karena memiliki nilai tertinggi diantaranya

References

Amanullah, Bastian. “Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang 2014.” Mobile Bangking: 66.
Dirwan, D., & Latief, F. (2020). ASPEK YANG MEMPENGARUHI MINAT PENGGUNAAN UANG DIGITAL DI KOTA MAKASSAR. Jurnal Mirai Management, 5(3).

Dirwan, D. (2022). Keputusan Nasabah Menggunakan Mobile Banking dari Sisi Kemudahan, Manfaat dan Kenyamanan. SEIKO: Journal of Management & Business, 5(1), 323-332.

Fakhrurozi, Akhmad. 2018. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Menggunakan Mobile Banking Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta.” : 8.
Hadi, Syamsul, dan Novi Novi. 2015. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Layanan Mobile Banking.” Optimum: Jurnal Ekonomi dan Pembangunan 5(1): 55.
Hanas, Muslihul. 2018. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Dalam Memilih Jurusan Manajemen Di STIE Nobel Indonesia.” : 99.
Inayah, Nur. “Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Dan Melengkapi Syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana Strata Satu (S1) Dalam Ilmu Ekonomi Islam.” : 248.
Iriani, Annisa Fitri. 2018. “Minat Nasabah Dalam Penggunaan Mobile Banking Pada Nasabah Bank Syariah Mandiri Kota Palopo.” 2(2): 13.
Jamidan, Siti. 2016. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa UII Menggunakan Internet Banking.” : 113.
Latief, F., & Dirwan, D. (2020). Pengaruh Kemudahan, Promosi, Dan Kemanfaatan Terhadap Keputusan Penggunaan Uang Digital. Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen, 3(1), 16-30.

Latief, F. U., & Nur, Y. U. TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) TERHADAP MINAT KONSUMEN SISTEM PEMBAYARAN GOPAY PADA LAYANAN GOJEK.

Latief, F., Firman, A., & Dirwan, D. (2023). Keputusan Pengguna Gopay dari Aspek E-Service Quality, Promosi dan Harga. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 391 -. https://doi.org/10.37676/ekombis.v11i1.3060

Ledesman, Mario. “Dalam Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam.” : 112.
Murti, Bening Roosma. 2017. “Diajukan Kepada Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Untuk Memenuhi Sebagian Syarat-Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Strata Satu Dalam Perbankan Syariah.” : 66.
Purwati, Nisa Ayu. 2018. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Terhadap Minat Nasabah Dalam Penggunaan Mobile Banking Bank Syariah (Studi Pada PT Bank Syariah Mandiri KCP Darussalam Banda Aceh).” : 128.
Rahayu, Imam Sugih. 2015. “Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking Dengan Menggunakan Kerangka Technology Acceptance Model (TAM).” : 14.
Septiani, Delina Herdian. 2014 “Pengaruh Program Pengalaman Lapangan (PPL) Terhadap Minat Mahasiswa Menjadi Guru (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2010 FPEB UPI).” : 21.
Silvia, Maya Angela. 2014. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Menggunakan Internet Banking Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Cabang Ahmad Yani Makassar.” : 119.
Syuryadi, S., Asbara, N. W., & Nurani, N. (2021). MULTIMEDIA-BASED COMPUTER NETWORK MEDIA APPLICATIONS. Jurnal Teknologi dan Open Source, 4(2), 240-247.

Umam, Nasihul. 2018. “Analisis Perbandingan Kualitas Layanan BRI Mobile Banking Dan BSM Mobile Banking (Studi pada Mahasiswa FEBI Dan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung Angkatan 2014).” : 117.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Istiqamah, N., Latief, F., & Ngandoh, A. M. (2022). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH MENGGUNAKAN MOBILE BANKING PADA PT BANK SYARIAH INDONESIA CABANG MAKASSAR. Nobel Management Review, 3(4), 566–578. https://doi.org/10.37476/nmar.v3i4.3450

Most read articles by the same author(s)