PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA KOPI ILBS DI GOWA

https://doi.org/10.37476/nmar.v4i2.4061

Authors

  • Irwan B Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Andi Widiawati Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Fitriani Latief Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Nilai Pelanggan, Loyalitas Pelanggan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (a) kualitas pelayanan berpengaruh Positif dan Signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Kopi ILBS di Gowa. (b) Nilai pelanggan berpengatuh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan (c) variabel yang lebih dominan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada Kopi ILBS di Gowa    .

Penelitan ini menggunakan jenis data kuantitatif dan metode analisis regresi linear berganda, sehingga data penelitan diperoleh dari kuesioner yang dibagikan secara online kepada secara online kepada pelanggan Kopi ILBS dengan sampel sebanyak 80 responden.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (a) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadapa loylitas pelanggan pada Kopi ILBS di Gowa (b) nilai pelanggan berpangaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Kopi ILBS di Gowa (c) Variabel nilai pelanggan lebih dominan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada kopi ILBS.

References

Agistia, I, M MNurcaya, I. N. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan dan Nilai Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan I Made Meta Agistia 1 I Nyoman Nurcaya. 8(1), 7219–7252. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v8.i1.p10

Alir, D. (2018). Metodelogi penelitian Akuntansi.

Anggraini, F., & Budiarti, A. (2020). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan Pada Konsumen Gojek. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 86–94. https://doi.org/10.26740/jupe.v8n3.p86-94

Aris, I., & Utama, A. (2015). The Effect of Service Quality Toward Customer Loyalty Through Customer Satisfaction of Land Lines Shipping Services (A Case Study of Satisfaction of Jne Hijrah Sagan Yogyakarta Area). Jurnal of Business and Management Sciences, 2(3), 2928–2938.

Astar, F., Tamsah, H., & Kadir, I. (2018). Pengaruh Pelayanan Asuhan Keperawatan terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Takalala Kabupaten Soppeng. YUME: Journal of Management, 1(2).

Atlanti, H. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Nilai Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan di Ella Skincare Surakarta.

Atmaja, J. (2018). Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Pada Bank BJB. Jurnal Ecodemica, 2(1), 49–63. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/2713

Ayu, D. P., & Sulistyawati, E. (2018). Persepsi Nilai Pelanggan Memediasi Pengaruh Kepercayaan Merek Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Berbelanja Online (Studi Kasus Pada Zalora Online Shop). Udayana University.

Dasriwahyuni, D., & Firdaus, T. R. (2020). Pengaruh Kualitas pelayan, Kepuasan Pelanggan dan Nilai Pelanggan Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Pada Swalayan Grand Citra Lubuk Buaya Koto Tangah Padang. Matua Jurnal, 2(1), 63–80.

Erica, D., & Al Rasyid, H. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Jasa Transportasi Online Di Jakarta. Jurnal Perspektif, 16(2), 168–176.

Fajarini, A., & Meria, L. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan dan Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan ( Studi Kasus Klinik Kecantikan Beauty INC ). Jurnal, 1(2), 481–491.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. ISBN, 979(015.1).

Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23.

Griffin, J. (2005). Customer loyalty: Menumbuhkan & mempertahankan kesetiaan pelanggan.

Hertati, L., Syafarudin, A., & Safkaur, O. (2020). Peran Manajemen Perubahan Pada Akuntansi Manajemen Strategis Akibat Virus Corona. I-FINANCE: A Research Journal on Islamic Finance, 6(2), 106–124.

Hidayat, A. A. (2021). Menyusun Instrumen Penelitian & Uji Validitas-Reliabilitas. Health Books Publishing. https://books.google.co.id/books?id=0dAeEAAAQBAJ

Hurriyati, R. (2005). Bauran pemasaran dan loyalitas konsumen. Bandung: Alfabeta, 129, 29.

Indonesia, T. (2020). Toffin Indonesia Merilis Riset “2020 Brewing in Indonesia.” Toffin Insight, 12.

Irfadat, T. (2021). Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Jakad Media Publishing. https://books.google.co.id/books?id=x7gzEAAAQBAJ

Kadir, A., Basri, M., & Rodi, R. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan, Nilai, Kepercayaan Dan Loyalitas Pelanggan Rumah Tangga Pada Perusahaan Daerah Air Minum Kota Kendari. Journal Publicuho, 1(1), 28. https://doi.org/10.35817/jpu.v1i1.7297

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran Jakarta. Penerbit Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran.

Kumbara, V. B. (2021). Determinasi Nilai Pelanggan Dan Keputusan Pembelian: Analisis Kualitas Produk, Desain Produk Dan Endorse. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(5), 604–630.

Kurniawan, D. (2019). Kedai Kopi di Indonesia. https://voi.id/berita/925/kedai-kopi-di-indonesia-hampir-mencapai-3-000-gerai

Lailatus Sa’adah, S. E. M. M., & Indriyani, S. (2021). Penerapan Customer Relationship Management Pada CV. Zam-Zam. LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah. https://books.google.co.id/books?id=_roxEAAAQBAJ

Latief, F. (2022). Keputusan Pembelian Konsumen Catering Rumahan di Makassar Melalui Promosi di Instagram, Harga dan Ragam Menu. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 5(2), 1095-1105.

Latief, F., Malik, A., & Adelia, M. (2023). Economics and Digital Business Review Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. 4(2), 256–275.

Muchlisin Riadi. (n.d.). Nilai Pelanggan (Pengertian, Manfaat, Dimensi dan Strategi).

Munisih, S., & Malik, D. (2019). Pengaruh kualitas obat terhadap nilai pelanggan dan loyalitas pelanggan di apotek dela semarang. Media Farmasi Indonesia, 14(2), 1507–1516.

Polancik, G. (2009). Empirical Research Method Poster. Jakarta: Rineka Cipta.

Sebayang, S. K., & Situmorang, S. H. (2019). Pengaruh Nilai Pelanggan, Kepuasan Pelanggan dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Kedai Kopi Online di Kota Medan. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 2(2), 220–235.

Subagiya, S., Harjono, H., & Astuti, N. (2018). Analisis Pengaruh Hubungan Pemasaran, Nilai Pelanggan, dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Untuk Meningkatkan Kinerja Pedusahaan di Taman Wisata Air Tirtonirmolo 3. Jurnal Progresif Manajemen Bisnis, 28(2), 24–37. Jurnal Progresif Manajemen Bisnis, 28(2), 24–37.

Sugiyono, S. (2009). Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi Dengan Metode R&D. Revisi. Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2014). Metodologi Penelitian: Metedologi Penelitian Skripsi.

Tjiptono, F. (2005). Pemasaran Jasa, edisi pertama. Malang: Bayu Media Publishing.

Yuliana, Y., & Purnama, I. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan Dan Nilai Pelanggan Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Pada PO. Titian Mas Cabang Bima. JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 4(2), 163–171.

Published

2023-07-24

How to Cite

B, I., Widiawati, A., & Latief, F. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA KOPI ILBS DI GOWA. Nobel Management Review, 4(2), 337–347. https://doi.org/10.37476/nmar.v4i2.4061

Most read articles by the same author(s)