PENGARUH KEMAMPUAN SDM, LINGKUNGAN KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KEUANGAN DI PRIMKOPAL DI LANTAMAL VI MAKASSAR
Keywords:
Kemampuan SDM, Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja, Kinerja KeuanganAbstract
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan metode survei dalam pengumpulan datanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh pengaruh kemampuan sumber daya manusia, lingkungan kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja keuangan Primkopal Lantamal Vi Makassar.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah karyawan Primkopal Lantamal Vi Makassar yang berjumlah 40 orang. Sedangkan sampel ditentukan berdasarkan ketentuan sampel jenuh, yang mengambil semua elemen populasi untuk menjadi sampel penelitian. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan SDM memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan di Primkopal Lantamal VI Makassar. (2) Lingkungan Kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan di Primkopal Lantamal VI Makassar. (3) Kepuasan Kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan di Primkopal Lantamal VI Makassar.
References
Arora, S., & Chaudhary, N. (2016). Impact of Brand Value on Financial Performance of Banks: An Empirical Study on Indian Banks. Universal Journal of Industrial and Business Management, 4(3), 88–96.
Atmodiwirio, S. (2005). Manajemen Sumberdaya Manusia. Jakarta: PT. Ardadizya Jaya.
Bohari, B., Ansar, A., & Tamrin, M. (2019). Pengaruh Kompensasi, Sarana Prasarana Melalui Motivasi kerja Terhadap Kinerja Petugas Kebersihan Pada Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Bulukumba. YUME: Journal of Management, 2(3).
Dwiyanti, N. K. A., Heryanda, K. K., & Susila, G. P. A. J. (2019). Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Bisma: Jurnal Manajemen, 5(2), 121–130.
Hassan, M. U., Tabasum, S., & Luqman, R. (2013). Impact of employee satisfaction on financial performance through mediating effect of customer satisfaction: A case study of life insurance Corporation of Pakistan. Science International, 25(4), 957–963.
Homburg, C., & Stock, R. M. (2004). The link between salespeople’s job satisfaction and customer satisfaction in a business-to-business context: A dyadic analysis. Journal of the Academy of Marketing Science, 32(2), 144.
Kassa, E. B. (2019). Pengaruh Kompetensi Dan Penerapan Knowledge Management Terhadap Kinerja Pada Badan Kepegawaian Pendidikan Dan Pelatihan Kota Jayapura. MUTATIO-Jurnal Kewidyaiswaraan Indonesia Timur, 1(2 Desember), 13–19.
Rinudin, A. (2014). Pengaruh Kompetensi, Etika Kerja Islam, Kepemimpinan, Dan Status Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan, Studi Kasus Di Pt Al Ijarah Indonesia Finance. UEU Digital Repository.
Robbins, P. S. dan T. A. J. (2012). Perilaku Organisasi. Salemba Empat.
Sutoto, D. (2004). Dimensi Tingkat Kompetensi. Artikel (Diakses Pada Tanggal 25 Maret 2016).
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Nobel Management Review
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.