Pengaruh Pajak Restoran, Pajak Hotel Dan Pajak Hiburan Terhadap Pendapatan Asli Daerah Dengan Kepatuhan Wajib Pajak Sebagai Variabel Moderasi Pada Pemerintah Kota Parepare

Authors

  • Gayatri Lestari Mawardi Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Sylvia Sjarlis Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Saripuddin D Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37476/nmar.v3i2.3034

Keywords:

Pajak Restoran, Pajak Hotel, Pajak Hiburan, Kepatuhan Wajib Pajak, Pendapatan Asli Daerah, Restaurant Tax, Hotel Tax, Entertainment Tax, Taxpayer Compliance, Local Revenue

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pajak restoran, pajak hotel dan pajak hiburan terhadap pendapatan asli daerah dengan kepatuhan wajib pajak sebagai variabel moderasi pada Pemerintah Kota Parepare.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang dilaksanakan pada Pemerintah Kota Parepare selama 2 bulan. Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dengan mengambil data laporan keuangan pemerintah kota Parepare dari tahun 2016-2020. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Moderasi dengan bantuan program komputer SPSS versi 25.

Hasil dalam penelitian ini membuktikan bahwa Pajak Restoran dengan nilai t- hitung sebesar 14.046, Pajak Hotel dengan nilai t-hitung sebesar 62.417 dan Pajak Hiburan dengan nilai t-hitung sebesar 15.266 berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pendapatan Asli Daerah pada Pemerintah Kota Parepare. Kemudian, dalam pengujian dengan variabel moderasi membuktikan bahwa Kepatuhan Wajib Pajak dapat Memoderasi Pajak Restoran dengan koefisien R2 sebesar 0,911, Pajak Hotel dengan koefisien R2sebesar 0,985 dan Pajak Hiburan dengan koefisien R2 sebesar 0,859 dalam mempengaruhi Pendapatan Asli Daerah KotaParepare.

This study aims to determine and analyze the effect of restaurant tax, hotel tax and entertainment tax on local revenue with taxpayer compliance as a moderating variable in the Parepare City Government.

ThetypeofresearchusedinthisstudyisdescriptivequantitativewhichwascarriedoutattheParepareCityGovernmentfor2months.Thetypesandsourcesof data used in this study are secondary data by taking data from thePareparecity government financial statements from 2016-2020. The analytical methodusedisModeration Regression Analysis with the help of SPSS version 25computerprogram.

The results in this study prove that the Restaurant Tax with a t-count value of 14,046, Hotel Tax with a t-count value of 62,417 and Entertainment Tax with a t- count value of 15,266 have a positive and significant effect on Regional Original Income at the Parepare City Government. Then, in testing with the moderating variable, it proves that Taxpayer Compliance can Moderate Restaurant Tax with an R2 coefficient of 0.911, Hotel Tax with an R2 coefficient of 0.985 and Entertainment Tax with an R2 coefficient of 0.859 in influencing Parepare City's Local Revenue.

 

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Mawardi, G. L., Sjarlis, S., & D, S. (2022). Pengaruh Pajak Restoran, Pajak Hotel Dan Pajak Hiburan Terhadap Pendapatan Asli Daerah Dengan Kepatuhan Wajib Pajak Sebagai Variabel Moderasi Pada Pemerintah Kota Parepare. Nobel Management Review, 3(2), 287–292. https://doi.org/10.37476/nmar.v3i2.3034

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>