PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, PENEMPATAN, MOTIVASI DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN TAKALAR

Authors

  • Rahmat Rahmat ITB Nobel Indonesia
  • Ahmad Firman Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Badaruddin Badaruddin Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37476/nmar.v4i2.4031

Keywords:

tingkat pendidikan, penempatan kerja, motivasi, kepemimpinan dan kinerja pegawai.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: Pengaruh Tingkat Pendidikan, Penempatan, Motivasi dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Takalar. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian survey. Penelitian dilakukan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Takalar. Waktu penelitian dilakukan mulai bulan Juni 2020. Populasi penelitian adalah seluruh pegawai pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Takalar sebanyak 55 orang. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik sampling kuota yakni teknik memilih sampel yang mempunyai ciri-ciri tertentu dalam jumlah atau kuota yang diinginkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan tingkat pendidikan secara sendiri-sendiri (parsial) terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Takalar. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan penempatan kerja secara sendiri-sendiri (parsial) terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Takalar. 3) Tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi secara sendiri-sendiri (parsial) terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Takalar. 4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan secara sendiri-sendiri (parsial) terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Takalar. 5) Terdapat pengaruh secara bersama-sama (simultan) tingkat pendidikan, penempatan kerja, motivasi dan kepemimpinan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Takalar. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh koefisien determinasi (R2) sebesar 0,766 atau (76,6%). Hal ini menunjukkan bahwa 76,6% kinerja pegawai dipengaruhi oleh tingkat pendidikan, penempatan kerja, motivasi dan kepemimpinan. Sedangkan 23,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.

References

Andriana. Ririn.2015.Pengaruh Motivasi Dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika Surabaya. Jurnal Maksipreneur, Vol. IV, No. 2, Juni 2015, hal. 38 - 49

Arikunto. S. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Azra Azyumardi. 1999. Esai-esai intelektual muslim dan pendidikan Islam Yogyakarta: Logos.

B.Siswanto Sastrohadiwiryo. Siswanto. 2005. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administratif dan Operasional, Bumi Aksara, Jakarta, hlm. 162

Bonaparte do Rego, Elvino. 2017. Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Motivasi dan Kinerja Karyawan pada Direktorat Jendral Administrasi dan Keuangan, Kementerian Estatal Timor Leste. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (Unud), Denpasar Bali. ISSN : 2337-3067 E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 6.11 (2017): 3731-3764

Dessler, Gary, 1999, Manajemen Sumber Daya Manusia, Alih Bahasa Benyamin Molan, Penyunting Triana Iskandariyah, Jilid 2, Prenhallindo: Jakarta

Fadillah Harahap, Dian. 2017. Pengaruh kepemimpinan, motivasi kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai di balai pelayanan, penempatan dan perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Medan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

FandiMandang. Evert dkk, 2017. Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pelatihan terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Bank Rakyat Indonesia (persero), Tbk Cabang Manado.Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan ManajemenUniversitas Sam Ratulangi Manado.Jurnal EMBA Vol.5 No.3 September 2017, Hal.4324-4335

Juliana dkk, (2015), Pengaruh Tingkat Pendidikan Terhadap Kinerja Pegawai Di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Enrekang. Jurusan Ilmu Administrasi Negara Unismuh Makassar. Kolaborasi : Jurnal Administrasi Publik, April 2015 Volume 1 Nomor 1


J. Moleong, Lexy, 2010, Metodologi Penelitian Kualitatif, edisi revisi, Bandung: Remaja Rosdakarya

Kamrida, Andi.2016.Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan. Fakultas Ilmu Sosial Universitas negeri makassar

Kertonegoro, S, 1994, Manajemen Sumber Daya Manusia, cetakan 6: Jakarta

Mangkunegara, A A Anwar Prabu, 2002, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, PT Remaja Rosda Karya: Bandung

Mangkuprawira. Sjafri. 2014.Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik, Ghalia Indonesia, Bogor, hlm.171

Mintorogo. A. 1997. Kepemimpinan dalam Organisasi, Yogyakarta: STIA LAN Prees.
Nawawi. Hadari. 2000. Kepemimpinan yang Efektif, Yogyakarta : Gajah Mada Uneiversity Prees, h. 33

Nazir. Moh. 1998, Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia

Oktavianus, (2018), Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Lingkungan Kerja dan Pelatihan Kerja terhadap Kinerja Karyawan. (Studi pada Karyawan CV. Putra Bintang Api, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah). Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Prabu, Mangkunegara, Anwar, 2005, Evaluasi Kinerja SDM: Bandung

Sedarmayanti, Deden Hadi K, Della Aryanti, (2018), Analisis Penempatan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Pengaruh Pada Pegawai Jabatan Fungsional Di Kantor Perwakilan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional Provinsi Jawa Barat). JIABI – Vol. 2 No. 2 Tahun 2018

Sugiyono, 2009, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung, Alfabeta

Sumitro, Pengantar Ilmu Pendidikan (Yogyakarta:IKIP Yogyakarta, 1998), 60

Suyadi Prawirosentoso, 2012, Kinerja dan Motivasi Karyawan, Edisi Ketiga. Yogyakarta

Sofyandi dan Garniwa. 2007. Perilaku Organisasional. Yogyakarta: Graha Ilmu

T. Hani. Handoko. 2005. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE

Tirtarahardja. Umar. 1994.PengantarPendidikan (Jakarta :Depdikbud, 1994), 41.

Uhbiyati. Nur, 1999.IlmuPendidikan Islam (Bandung: Pustaka Setia).

Veithzal Rivai Zainal, dkk., Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan, Rajawali Pers, Jakarta, 2014, hlm.155

VeithzalRivai, Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2003, h. 2-4

Wibowo, 2007. Manajemen Kinerja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Wulansih. Hesty. 2013. ”Analisis Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pengalaman Kerja Karyawan Pada Perusahaan Funiture CV Mugiharjo Boyolali” dalam jurnal vol 4 repository, (Fakultas Ekonomi Muhamadiyah Surakarta)

Downloads

Published

2023-07-24

How to Cite

Rahmat, R., Firman, A., & Badaruddin, B. (2023). PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, PENEMPATAN, MOTIVASI DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN TAKALAR. Nobel Management Review, 4(2), 304–314. https://doi.org/10.37476/nmar.v4i2.4031

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>