ANALISIS PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PERUSAHAAN PELAYARAN PADA JASA PEMANDUAN DAN PENUNDAAN DI PELABUHAN MAKASSAR
Keywords:
Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, Kepuasan PelangganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari, tangibles, reliability responsiveness, assurance, dan empathy terhadap kepuasan perusahaan pelayaran pada jasa pemanduan dan penundaan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan survei. Teknik penentuan sampel menggunakan sampel jenuh, maka jumlah sampel penelitian ini yaitu sebanyak 60 responden. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, sedangkan sumber data menggunakan data primer. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Tangibles berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Kepuasan Perusahaan Pelayaran pada Jasa Pemanduan dan Penundaan di Pelabuhan Makassar. 2) Reliability berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Perusahaan Pelayaran pada Jasa Pemanduan dan Penundaan di Pelabuhan Makassar. 3) Responsiveness berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Perusahaan Pelayaran pada Jasa Pemanduan dan Penundaan di Pelabuhan Makassar. 4) Assurance berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Perusahaan Pelayaran pada Jasa Pemanduan dan Penundaan di Pelabuhan Makassar. 5) Emptahy berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Perusahaan Pelayaran pada Jasa Pemanduan dan Penundaan di Pelabuhan Makassar.
References
Alves, H., & Raposo, M. (2007). Conceptual model of student satisfaction in higher education. Total Quality Management, 18(5), 571-588.
Annur, R. R., & Tanjung, Y. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah di PT. Bank Sumut. Jurnal Bintang Manajemen, 1(1), 192-205.
Aryanti, N., Firman, A., & Rahim, D. R. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Tinambung Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, 11(2), 114-124.
Kotler, Philip. (2013). Manajemen Pemasaran Edisi Millennium. Jilid I. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Mahmud, A. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan. Jurnal Mirai Management, 7(2), 104-119.
Monica, C., & Marlius, D. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada Bank Nagari cabang Muaralabuh. Jurnal Pundi, 7(1), 53-62.
Razak, M., Firman, A., & Amin, M. (2022). Pengaruh Kompetensi Dan Budaya Kerja Terhadap Produktivitas Melalui Kualitas Pelayanan Pegawai Pada Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Takalar. AkMen JURNAL ILMIAH, 19(1), 64-77.
Putra, P., & Muslimin, U. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pembelian Pada Pt. Tasti Anugerah Mandiri Cabang Parepare. Manor: Jurnal Manajemen Dan Organisasi Review, 4(2), 135-146.
Sardi, S., Badaruddin, B., & Fitriany, F. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Penumpang Pada Pelabuhan Nusantara Parepare. Jurnal Magister Manajemen Nobel Indonesia, 4(2), 310-324.
Sari, R. F., & Marlius, D. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada D’sruput Lapai Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1801-1812.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Cetakan 23. Bandung: Alfabeta
Syerlina, S., Imran, U. D., & Asbara, N. W. (2022). PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DALAM MENGGUNAKAN JASA LAUNDRY 99 DI MAKASSAR. Nobel Management Review, 3(4), 622-634.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa. Prinsip, Penerapan dan Penelitian. Yogyakarta: Andi.
Tsoukatos, E., & Rand, G. K. (2006). Path analysis of perceived service quality, satisfaction and loyalty in Greek insurance. Managing Service Quality: An International Journal, 16(5), 501-519.
Yüksel, A., & Yüksel, F. (2007). Shopping risk perceptions: Effects on tourists’ emotions, satisfaction and expressed loyalty intentions. Tourism management, 28(3), 703-713.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Nobel Management Review
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.